OUR NETWORK

Berkenalan Dengan Pantai Jono. Pantai Terhits Di Sumatera Utara

Source Image: Instagram @_hanfr

Indonesia kaya akan pantai-pantainya yang indah. Bersyukurlah kita yang tinggal di negeri ini karena dianugerahi pesona alam yang melimpah ruah. Jika berbicara soal pantai memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, selalu ada saja pantai yang belum sempat ter-expose padahal pantai tersebut begitu indah dan menarik untuk dikunjungi.

Nah, sahabat Wisato.id pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah pantai keren yang konon merupakan pantai terluas di Sumatera Utara. Namanya adalah Pantai Jono.

Menarik sekali bukan namanya? Yuk, langsung kita kupas tuntas terkait salah satu pantai yang sangat hits di Sumut ini.

Asal Muasal Nama Pantai Jono

Sumber: asahansatu.co.id

Apakah anda penasaran kenapa nama pantai ini disebut Pantai Jono?

Menurut sumber dari warga setempat di sana, nama Jono diambil dari Sujono Giatmo. Di mana beliau merupakan seorang tokoh masyarakat sekaligus kepala PU Deli Serdang. Nah, Pak Sujono Giatmo ini memiiki tambang udang dan kebun kelapa yang tidak jauh dari pantai. Jadi ketika ada masyarakat yang hendak membeli udang atau bermain ke pantai mereka mengatakan hendak pergi ke Pantai Jono. Jadi dengan seringnya masyarakat menyebut nama itu, perlahan nama pantai tersebut pun diaklmasikan oleh masyarakat sebagai Pantai Jono.

Sumber :Instagram @hongyiyin88

Hihi … Unik, ya? Hal ini tidak mengherankan sebenarnya. Sebab beberapa pantai di negara kita memang punya sejarah nama yang pada akhirnya disematkan atas dasar seseorang yang terkenal atau berpengaruh di daerah dekat pantai tersebut. Selain akrab dengan sebutan Pantai Jono, pantai ini pun kerap disebut sebagai pantai perjuangan.

Akses Lokasi

Pantai Jono berada di Desa Lalang Kabupaten Batubara. Jika anda berangkat dari Kota Medan jaraknya sekitar 117 kilometer. Jangan khawatir karena jalanan untuk ke pantai ini terbilang bagus, sehingga bisa dilalui baik oleh mobil ataupun motor. Jika anda datang dari luar Pulau Sumatera pun tidak perlu risau, banyak moda transportasi yang dapat dipilih untuk sampai ke Pantai Jono.

Jika anda sudah masuk ke Daerah Kuala Tanjung atau Perumahan Inalum, berarti sudah dekat ke Pantai Jono. Inalum itu apa, sih? Inalum adalah singkatan dari Indonesia Asahan Alumunium, dan  merupakan usaha peleburan alumunium yang telah disahkan sebagai BUMN pada 21 april 2014 silam.

Jika anda berniat untuk mampir dulu ke sana juga boleh. Supaya liburannya semakin seru. Oh, ya. Biaya tiket untuk masuk ke Pantai Jono ini adalah 5000 rupiah. Tapi, belum termasuk biaya parkir. Jika anda memang membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan juga biaya parkir seharga biaya tiket masuk ke Pantai Jono.

Pesona Keindahan Pantai Jono

Saat tiba di Pantai Jono anda akan disambut dengan hamparan pasir putihnya yang membentang luas. Nah, hamparan pasir putih ini apabila diukur dari bibir pantai sampai ke garis terluar pemukiman rakyat, panjangnya mencapai 330 meter, loh! Wih, anda bebas, deh, menyusuri pantai dengan sepuasnya.

Sumber: Instagram @ekky_fadli

Tidak ketinggalan juga di pantai ini anda akan mendapati banyak pondok yang berjejer rapi. Pondok tersebut bisa dipakai untuk beristirahat sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi dari laut. Jumlah pondoknya sendiri sampai ratusan.

Sumber: Instagram @livitadewi03

Hal ini sengaja dibuat pengelola sebab ketika weekend, pengunjung yang menyambangi Pantai Jono bisa mencapai 2000 orang. Jika hari besar nasional, jumlahnya bahkan bisa lebih banyak lagi. Harga pondoknya ada yang 15 ribu rupiah, ada juga yang 20.000. Jika anda tidak ingin menyewa pondok, maka bisa duduk dibawah pohon bakau cemara, juga pohon kelapa yang rindang.

Selain menikmati keindahan alamnya yang mengagumkan, di pantai ini pun anda bisa bermain olahraga seperti voli pantai. Seru-seruan membuat istana pasir, berenang juga aman, kok. Ombaknya tidak terlalu besar dan cenderung landai karena lautnya merupakan laut selat, bukan laut lepas

Sumber: Instagram @rudy_cong

Biasanya banyak juga pengunjung yang bermain layang-layang di pantai ini. Layang-layang tersebut bisa didibeli oleh penjual yang menjajakannya di sekitar pantai. Tidak hanya anak-anak yang heboh ketika si layangan berhasil terbang seolah hendak menyentuh langit, banyak muda-mudi pun merasakan keceriaan yang sama, terlebih lagi jika bermain layang-layangnya bersama pasangan. Wah, quality time yang romantis,deh jadinya.

Oh ya, di Pantai Jono juga tersedia banyak spot foto menarik. Anda bisa berfoto di jam dinding romawi sambil duduk sandaran, berfoto dengan background pantai dan tulisan i love you, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sumber: Instagram @irma4281

Ketika senja telah tiba, Pantai Jono pun kian memukau. Langit yang berubah jingga. Hembusan angin sore yang sejuk, sungguh mampu menggetarkan hati. Saat sang surya tampak semakin berwarna orange dan hendak turun ke ufuk barat, para pengunjung pun semakin histeris mereka langsung mengambil kamera, untuk mengabadikan moment sunset bersama Pantai Jono.

Sumber: Instagram @okiebayu

Fasilitas Di Pantai Jono

Fasilitas di Pantai Jono terbilang cukup lengkap. Ada toilet, mushola, juga warung-warung yang menjual aneka seafood segar.

Harga seafood yang ditawarkan cukup variatif. Ada yang puluhan ribu sampai ratusan ribu. Jadi bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Biasaya para pengunjung menikmati seafood yang dibeli di atas pondokan yang telah disewakan. Ada pula yang yang menyantapnya di bawah pohon dan menggelar tikar sambil bercengkrama dengan teman-temannya.

Apabila anda tidak ingin membeli di warung, biasanya banyak juga anak-anak setempat yang menjual kepiting bakau. Nah, kepiting bakau ini bisa dibawa buat oleh-oleh. Bisa juga langsung di santap di sana dengan cara menggelar acara bakar-bakar kepiting bakau dadakan.

Oh, ya, di pantai ini, anda juga bisa melihat perahu nelayan berlayar. Aktivitas mereka semakin membuat suasana pantai kian tampak indah. Sstt … jika anda iri ingin ikut berlayar juga, tenang, bisa nangkring di atas boat dengan cukup merogoh kocek 3000 ribu perak saja maka sang nelayan pun siap membawa anda keliling pantai.

Sumber: Instagram @_hanfr

Saat berkeliling pantai ini lah anda bisa berfoto-foto dan menikmati keindahan Pantai Jono, dari sudut yang berbeda. Jika memandang langit, anda mungkin akan merasa langit tersebut begitu besar dan luas sementara anda yang berada dibawahnya begitu kecil. Moment inilah yang pada gilirannya akan membuat anda sadar, betapa hebatnya Tuhan melukis sang semesta.

Sekian pembahasan mengenai Pantai Jono. Masih banyak sebenarnya keindahan yang bisa diulas dari si pantai keren ini. Hanya saja keindahan tersebut sulit untuk dirangkai melalui untaian kata. Keindahan sebenarnya hanya akan anda rasakan ketika sudah berada di pantai ini. So, jika anda punya agenda buat liburan ke pantai, maka kunjungilah Pantai Jono. Dijamin, deh, tidak akan menyesal.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…