OUR NETWORK

Destinasi Wisata Kuliner Pulau Gosong Sangkalan The Barriers Island Of Aceh

Source Image: Youtube @y phinto

Pulau Pusong atau pulau Gosong Sangkalan adalah salah satu destinasi wisata pulau kecil yang tak berpenghuni. Keadaan pulau ini juga sangat natural dan menjadi satu paket dengan destinasi wisata Pantai Bali Aceh. Tempat wisata tersebut juga sangat populer.

Lokasi Pulau Pusong

Pulau Pusong terdapat di Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya). Lokasi dari destinasi wisata tersebut dapat ditempuh melalui Pantai Bali Aceh. Bahkan dari pantai Bali, terlihat sangat jelas penampakan akan Pulau Pusong.

Sebelum terjadi bencana Tsunami 2004 silam, letak dari pulau tersebut sangat dekat dengan Pantai Bali Aceh. Jarak antara pulau dan pantai sekitar ±1km. Bahkan dapat ditempuh hanya dengan menyelusuri lautan. Caranya dengan berjalan kaki di atas terumbu karang. Ketika air laut surut, permukaan laut menjadi lebih jelas. Kondisi air juga tidak terlalu tinggi dan memungkinkan untuk berjalan. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar ±30 menit.

Sumber: wartawisata.id

Tetapi setelah gelombang Tsunami menghantam, jarak antara Pulau Pusong dan Pantai Bali menjadi lebih jauh. Jaraknya pun menjadi berubah lebih dari 1 km. Jadi harus menggunakan perahu untuk menuju ke destinasi wisata tersebut.

Cara menuju ke Pulau tersebut, dapat menggunakan Bandara Cut Nyak Dhien sebagai destinasi. Jalur menuju ke pulau dapat ditempuh melalui jalur trans Sumatera HWY. Ambil jalur tersebut ke arah selatan. Setelah sampai di daerah Blang Pidie, keluar dari jalur trans Sumatera HWY dan ikuti arah jalan yang menuju ke Pulau Pusong / Pulau Gosong atau Pantai Bali.

Keunikan Pulau Gosong Sangkalan

Sumber: Youtube @y phinto

Pulau Pusong atau Pulau Gosong Sangkalan tergolong ke dalam kategori pulau penghalang atau barriers island. Pengertian dari pulau penghalang atau barriers island secara umum yaitu sebuah pulau panjang ( tetapi lebih luas dari terumbu karang dan) yang seluruh tanahnya berupa pasir dan sejajar dengan pantai. Barriers island juga tergolong ke dalam fenomena alam langka dan tidak semua wilayah mempunyai pulau penghalang atau barriers island.

Sedangkan pengertian dari barriers island secara ilmiah adalah gumuk pasir yang tersembul di atas permukaan laut dan terpisah dari pantai serta dihalangi dengan laguna. Pulau penghalang juga tidak muncul begitu saja, ada suatu fenomena alam yang menjadi faktor utama dalam terbentuknya pulau tersebut.

Salah satu faktor alam yang berperan besar dalam pembentukan barriers island adalah angin. Angin membawa beberapa butiran pasir. Kemudian, butiran pasti tersebut jatuh di suatu tempat. Karena hal itu terulang terus – menerus, akhirnya berubah menjadi gumukan dan terbentuklah sebuah pulau.

Sumber: Instagram @rivihamdhani

Selain faktor angin, gelombang laut juga menjadi salah satu faktor alam terbentuknya barriers island. Proses terbentuknya barriers island juga dapat dipengaruhi oleh manusia yang sengaja menciptakan sebuah pulau penghalang atau Pulau Gosong.

Untuk Gosong sendiri mungkin mempunyai arti yang sangat luas. Beberapa bahasa mempunyai kata Gosong, seperti bahasa Indonesia, bahasa sunda serta bahasa jawa. Secara harfiah, arti dari gosong adalah hangus karena terbakar oleh api.

Sumber: Instagram @mustaqimrusli

Sedangkan pengertian dari gosong secara ilmiah yaitu area terumbu karang yang terletak di tengah – tengah laut dan terpisah dari daratan utama. Biasanya Pulau Gosong dapat dijumpai di perairan yang dangkal, baik perairan air tawar maupun air laut. Sejauh ini, masih sering dijumpai di area perairan laut, sedangkan perairan air tawar belum pernah ada.

Untuk kondisi dari Pulau Gosong Sangkalan hanya mempunyai luas sebesar lapangan sepak bola. Warna pasirnya sangat putih dan halus. Sedangkan air laut masih sangat jernih dan belum tercemar sama sekali.

Di pulau tersebut dipenuhi dengan berbagai macam pepohonan. Sebagian besar jenis pepohonan yang berada di pulau tersebut meliputi pohon kelapa, pohon cemara dan pohon waru. Walaupun pulau Pusong tidak begitu luas, namun dipenuhi dengan berbagai tanaman yang menjadikan pulau yang terbentuk dari pasir tersebut mempunyai udara yang menyejukkan.

Bukan hanya sekedar keadaan daratan yang cukup mempesona, keadaan dari lautnya juga patut untuk dieksplorasi. Karena itu spot snorkeling dan diving di pulau tersebut sangat rekomended. Selain kondisi air laut yang sangat jernih dengan kehidupan laut yang damai, dapat dijumpai sebuah species ikan yang sangat langka.

Sumber: Instagram @rizkypurnamap

Ikan tersebut adalah ikan napoleon. Habitat asli dari ikan napoleon adalah diperairan laut tropis dan tidak semua lautan tropis dapat dijumpai ikan tersebut. Ikan tersebut tergolong ke dalam ikan raksasa dengan panjang sekitar 1,5 – 2 meter. Jadi jumlah populasi ikan napoleon secara keseluruhan sangat terbatas, harga per ekor juga sangat mahal. 1 ekor ikan napoleon dibandrol lebih dari 1.000.000 IDR.

Wisata Kuliner Di Pulau Gosong Sangkalan

Sembari menikmati pesona alam dari Pulau Gosong Sangkalan, lebih nikmat dengan menyantap aneka kuliner lokal. Pulau tersebut masih berada di dalam kompleks wilayah Blang Pidie. Aneka kulinernya pun juga sangat otentik dengan Blang Pidie.

Berikut ini adalah daftar dari kuliner lokal khas Blang Pidie :

  • Mie Putih dan Mie Kuning Kocok

    Sumber: tagar.id

Mie tersebut adalah makanan populer di Blang Pidie dan merupakan kuliner lokal yang diandalkan. Cara pengolahan dari mie tersebut dengan dikocok di dalam air yang mendidih. Kemudian disajikan dengan kuah sop. Topping dari mie kocok biasanya berupa daging ayam cincang dan acar bawang. Satu porsi mie kocok dibandrol mulai dari 8.000 – 10.000 IDR.

  • Daging Masak Putih / Sie Reuboh Puteh

    Sumber: merahputih.com

Bahan dasar dari daging masak putih adalah daging sapi. Cara pengolahan daging cukup unik. Daging sapi direbus dengan air santan dan bumbu. Tekstur daging sapi sangat empuk dan mempunyai cita rasa gurih. Satu porsi dari daging masak putih dibandrol dengan harga 8.000 IDR.

  • Ikan Kayu / Eungkot Keumamah

Ikan Kayu merupakan salah satu kuliner yang dapat dijadikan sebagai buah tangan. Cara pengolahan dari ikan kayu adalah dikeringkan di bawah sinar matahari. Biasanya sebelum disantap, diolah terlebih dahulu dengan gulai khas Aceh.

Sumber: Cookpad @zakia zuhra

Olahan ikan ini mempunyai suatu kelebihan, yaitu tahan lama. Proses pembuatan dari ikan Kayu tanpa campuran bahan pengawet apapun. Tetapi dapat bertahan selama ±1 tahun. Harga dari ikan kayu cukup murah, mulai dari 20.000 IDR per kemasan.

  • Rujak Irigasi

    Sumber: travelingholic.com

Kondisi dataran rendah yang identik dengan panas, rujak menjadi makanan segar yang dapat merehidrasi tubuh. Rujak Irigasi juga hampir sama dengan rujak pada umumnya yang merupakan kumpulan dari aneka macam potongan buah, seperti mangga, pepaya dan lain – lain. Kemudian dicampur dengan gula aren.

  • Olahan Ikan Kerling Alue Jambe / Ikan Jurung

Ikan Kerling adalah salah satu biota air yang tinggal di perairan sungai Aceh, khususnya di Aceh Barat Daya. Pengolahan dari ikan ini juga sangat bermacam – macam, seperti tumis gulai dan lain – lain.

Itulah review lengkap dari daftar kuliner lokal yang menjadi sangat rekomended untuk wisatawan. Khususnya wisatawan lokal yang berasal dari luar Aceh dan wisatawan mancanegara.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…