in

Berkunjung ke Papua Barat Jangan Lupa Mengunjungi Sungai Weriagar

Sungai Weriagar
Sumber Gambar: kelanakecil.wordpress.com

Papua adalah salah satu pulau yang memiliki keindahan yang tak pernah ada habisnya. Salah satu keindahan yang bisa kita nikmati adalah Sungai Weriagar yang terletak di wilayah Weriagar, Kab. Teluk Bintuni, Papua Barat. Tempat yang satu ini sebenarnya bukan tempat wisata, tetapi jika kamu penasaran tetap bisa berkunjung dan menikmati keindahan alamnya.

Kegiatan yang Bisa Kamu Nikmati di Sungai Weriagar

Sudah ada beberapa orang yang berkunjung ke tempat yang satu ini dan merasa cukup puas dengan pelayanan masyarakat setempat. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Sungai Weriagar yang satu ini. Penasaran? Ini dia penjelasannya:

  1. Bisa Menaiki Sampan Kayu Bersama Warga Setempat

Saat berkunjung ke daerah ini, kamu bisa menyusuri sungai yang satu ini dengan menggunakan sampan kayu. Ya, kamu bisa meminta bantuan warga setempat untuk menemani menyusuri sungai yang indah ini.

Sumber Gambar: kelanakecil.wordpress.com

Warga setempat memang mayoritas memiliki sampan kayu karena itulah alat transportasi mereka. Kamu bisa melihat keindahan sungai dan sekelilingnya dengan menumpangi sampan kecil tapi tangguh milik warga.

  1. Memiliki Pemandangan Indah sekaligus Menyeramkan

Sungai ini memang bisa dinikmati dengan cara menaiki sampan tersebut. Kamu akan diajak oleh warga yang sudah hafal dengan jalur di sana untuk melihat keseluruhan sungai. Sepanjang sungai, kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah.

Sumber Gambar: Facebook @Sekretariat Pengangguran

Banyak tumbuhan air maupun tumbuhan darat yang tumbuh di sekeliling sungai yang cukup tenang. Bahkan banyak tumbuhan yang menjulang ke atas sehingga mencegah sinar matahari masuk menyinari lorong perjalanan kamu.

Oleh karena itu, kamu bisa merasakan perjalanan yang gelap nan sunyi sehingga terasa sangat menyeramkan. Tapi tak semua tempat seperti itu, hanya ada beberapa titik saja sehingga tak perlu takut. Apalagi ada warga setempat yang sudah biasa lewat di sana.

  1. Jika Beruntung Bisa Melihat Reptil yang Hidup Berdampingan dengan Warga Setempat

Jika kamu beruntung, saat berkunjung ke sini dan naik sampan menyusuri sungai bisa bertemu dengan reptil. Salah satu yang bisa kamu temui dengan mudah di sini adalah buaya muara.

Ya, buaya-buaya tersebut hidup di sungai ini dan berdampingan dengan masyarakat. Asalkan mereka tak merasa terganggu maka mereka pun tak akan menyerang manusia. Kamu bisa melihat buaya-buaya tersebut sedang asyik bersantai di tepian sungai.

Mereka sudah sangat biasa dengan kehadiran manusia yang berlalu lalang menyusuri sungai tersebut. Jangan lupa bawa kamera dan abadikan momen menegangkan sekaligus seru seperti ini.

  1. Bisa Melihat Banyak Warga yang Beraktivitas di Sepanjang Sungai

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa buaya di sini sudah sangat biasa dengan manusia yang berlalu lintas di sungai. Ya, itu semua karena banyak dari mereka yang menggunakan sampan menyusuri sungai untuk pergi ke kebun.

Jadi, di salam perjalanan kemungkinan bertemu dengan warga lain tentu bisa terjadi. Kamu juga dapat melihat aktivitas warga lainnya di sungai ini karena inilah sumber kehidupan mereka. Ada yang mencuci, mandi, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa kegiatan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Sungai Weriagar di teluk Bintuni. Walaupun tidak dibuka untuk wisata secara umum, tetapi untuk kamu yang ingin merasakan petualangan, tempat ini sangat seru! Kamu juga bisa melakukan interaksi dengan warga dan anak-anak setempat yang sangat ramah.