OUR NETWORK

Bernostalgia ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung, Surganya ‘Laskar Pelangi’

Pasti pernah kan kamu menyaksikan film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata? Karena memang film yang mengangkat tema sosial itu sempat populer di masa lalu dan menjadi sebuah tontotan wajib. Kalau kamu menyaksikan dengan seksama, ada salah satu adegan yang dilangsungkan di sebuah pantai yang sangat cantik dengan berhiaskan batuan granit raksasa. Nah, itu adalah Pantai Tanjung Tinggi yang berada di Pulau Belitung.

Sebuah pantai yang mempesona dan layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata liburan. Yuk mari berkenalan lebih dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi, sungguh sangat merugi jika kamu tak pernah menginjakkan kaki di pantai yang satu ini.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Sumber: Instagram@argarizkik

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Untuk kamu yang datang dari ibu kota Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 30 km menuju ke arah utara dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Namun butuh perjalanan yang sangat panjang nan melelahkan jika kamu datang dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang. Karena memang lokasi Pantai Tanjung Tinggi berbeda pulau dengan Pangkal Pinang, sehingga jika kamu datang dari sana harus menyebrang dengan menggunakan kapal dan lanjut dengan perjalanan darat.

Untuk menuju ke Pantai Tanjung Tinggi disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau bahkan roda empat, mengingat tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu ke sana. Tapi jangan khawatir, jalan yang cukup lebar dan sudah teraspal dengan baik akan memudahkanmu untuk menuju ke Pantai Tanjung Tinggi bahkan dengan menggunakan mobil.

Pesona Pantai Tanjung Tinggi

Sumber: instagram@indoflashlight

Setelah memarkirkan kendaraan dan berjalan beberapa meter, kamu akan langsung menginjakkan kaki di pasir pantai yang berwarna putih dan cukup lembut. Daya tarik utama dari Pantai Tanjung Tinggi adalah airnya yang masih sangat jernih berwarna hijau tosca dan kebiru-biruan, serta banyaknya bongkahan bebatuan granit raksasa. Mayoritas pantai di Kepulauan Bangka Belitung memang akan dihiasi oleh bebatuan granit raksasa.
Di tepi pantai juga terdapat berderet pohon yang cukup rindang, seakan siap memayungimu dari teriknya sinar matahari. Duduk di bawah pohon ditemani semilir angin laut dan suara deburan ombak yang silih berganti bisa membuatmu betah untuk berlama-lama di sana dan melepaskan pikiran dari penatnya rutinitas harian. Oh ya, ombak di Pantai Tanjung Tinggi cukup tenang karena memang bentuk pantainya sendiri menyerupai teluk dengan panjang sekitar 200 meter. Namun kamu juga harus tetap berhati-hati karena di Pantai Tanjung Tinggi terkadang ada ubur-ubur.

Aktivitas di Pantai Tanjung Tinggi

Sumber: Instagram@ade.irmawan28

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Tanjung Tinggi, selain berenang dan bermain air tentunya. Karena di sana kamu juga bisa memancing, menyelam, snorkeling, dan menyewa jetski serta menjelajah pantai dengan kano atau perahu karet. Untuk kamu yang hobi berfoto, landscape di Pantai Tanjung Tinggi tentunya sangat sayang untuk kamu lewatkan. Pemandangan di sana akan semakin terlihat indah di saat sore hari, jadi jangan lupa persiapkan kamera dan tempat penyimpanan dengan kapasitas yang besar.

Sumber: Instagram@dickyrosandi95

Duduk bersantai di bawah pohon sambil menikmati minuman kelapa muda pun bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Tinggi. Oh ya, berada di Pantai Tanjung Tinggi membuatmu wajib mencoba masakan khas Belitung, yakni gangan. Gangan sendiri adalah masakan berupa sayur yang menggunakan kunyit sebagai bumbu utamanya untuk kemudian diolah bersama nanas muda dan kepala ikan. Gangan memiliki rasa asam-pedas yang akan menambah selera makanmu.

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi

Sumber: Instagram@fajarnasution

Untuk fasilitas tergolong sangat lengkap, karena memang Pantai Tanjung Tinggi adalah destinasi wisata unggulan di Belitung. Di sana kamu akan dengan mudah menemukan warung makan, toilet umum, serta sarana dan prasarana lainnya seperti persewaan jetski dan kano. Bagi kamu yang ingin menikmati Pantai Tanjung Tinggi lebih lama juga jangan khawatir, karena di sekitar pantai sudah ada tempat penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu tinggal pilih, ingin menginap di home stay atau bahkan hotel berbintang pun ada.

Comments

Loading...