OUR NETWORK

Pantai Purnama, Tempat Wisata Pilihan Keluarga di Riau

Riau adalah salah satu provinsi yang paling sering mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Bukan karena sebuah prestasi, namun karena seringnya terjadi kebakaran hutan dan lahan atau yang sering disebut dengan karhutla, yang tentu saja merusak ekosistem dan menimbulkan banyak dampak negatif. Tidak hanya membumihanguskan hutan dan segala fauna yang ada di dalamnya, karhutla di Riau juga menimbulkan kabut asap yang bisa berlangsung selama berhari-hari atau bahkan selama berminggu-minggu. Kondisi itu membuat banyak masyarakat di Riau mengalami sesak nafas karena buruknya kualitas udara.

Namun jika bersedia mengenal Riau lebih dalam, sebenarnya provinsi dengan penduduk sekitar 6,6 juta jiwa (2017) itu juga tidak hanya tentang karhutla. Karena di sana pun terdapat banyak tempat wisata alam yang sangat menawan terutama pantai, mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka di sebelah utara. Sementara di sebelah timur provinsi Riau berbatasan dengan Jambi dan berbatasan dengan Sumatera Utara di sebelah barat. Untuk sebelah selatan, provinsi Riau berbatasan dengan Sumatera Barat.

Sumber: Instagram @ay0n6

Berbicara mengenai wisata pantai di Riau, ada salah satu tempat yang sangat layak dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, yakni Pantai Purnama. Para pengunjung dijamin tidak akan menyesal menghabiskan waktu libur mereka di Pantai Purnama.

Lokasi Pantai Purnama

Sumber: Instagram@ijalgraf

Secara administratif Pantai Purnama terletak di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Riau. Jika datang dari ibu kora Riau, Pekanbaru, maka para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 177 km ke arah utara atau dengan waktu tempuh selama kurang lebih 4 jam 45 menit melalui Minas dan Duri.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun kamu dijamin tidak akan merasa jenuh. Karena di sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan alam Riau yang cukup memukau mata. Tidak hanya itu, kondisi jalan yang sudah cukup mulus juga membuat perjalananmu menuju ke Pantai Purnama akan semakin nyaman.

Pesona Pantai Purnama

Sumber: Instagram@raja_abzullah_shanker

Setelah tiba di Pantai Purnama, para pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan alam yang cukup eksotis. Perpaduan antara air laut yang biru dan deretan pohon kelapa yang tumbuh di tepi pantai akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di Pantai Purnama. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tenang, karena memang berada di tepian Selat Malaka dan berada tepat di balik Pulau Rupat.

Sumber: Instagram@dollyfadryus

Banyaknya pohon kelapa yang tumbuh berjajar juga bisa menjadi ciri khas dari Pantai Purnama. Karena memang dahulu sebelum dikelola menjadi tempat wisata, Pantai Purnama hanyalah sebuah kebun kelapa milik warga setempat. Bahkan tepian pantai hanya digunakan oleh nelayan setempat untuk menyandarkan perahunya usai pulang dari melaut. Akan tetapi setelah sadar dengan potensi wisata yang dimiliki, masyarakat setempat mulai bergotong royong menata Pantai Purnama. Mereka membangun beberapa fasilitas penunjang untuk menarik minat para wisatawan agar datang ke Pantai Purnama

Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Purnama

Sumber: Flickr

Tidak seperti pantai pada umumnya, para pengunjung tidak bisa turun ke bibir pantai untuk sekedar bermain air. Karena memang bibir pantainya masih berupa lumpur, sehingga para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan Pantai Purnama dari saung-saung yang berada di sekitar lokasi. Meskipun demikian, hal itu sama sekali tak menyurutkan minat para wisatawan untuk datang menyambangi Pantai Purnama, karena pantai ini tetap menyuguhkan pemandangan yang menawan, terlebih di waktu sore hari. Pemandangan senja akan semakin memperindah suasana Pantai Purnama, sehingga tidak mengherankan jika pantai ini semakin ramai dikunjungi jelang malam menjelang. Bagi kamu yang gemar berselfie, jangan khawatir karena di sana terdapat banyak landscape dengan pemandangan yang menawan.

Fasilitas di Pantai Purnama pun terbilang cukup lengkap. Selain banyak saung tradisional yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat, di sana juga banyak warung penjual minuman dan makanan ringan. Terdapat berbagai jenis minuman yang dijual, namun mayoritas warung akan menyediakan minuman kelapa muda segar yang menjadi komoditi warga sekitar.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menghabiskan waktu liburmu di Pantai Purnama? Tidak perlu pergi ke luar negeri jika hanya ingin menikmati wisata alam, karena Indonesia sendiri memiliki banyak tempat-tempat yang menakjubkan dan tentunya menarik untuk dikunjungi.

Comments

Loading...