OUR NETWORK

Pulau Kasiak, Tempat Eksotis di Sumatera Barat

Apa yang kamu pikirkan pertama kali tentang Sumatera Barat? Rumah Gadang, masakan Padang, atau mungkin Danau Singkarak? Tidak ada yang salah sebenarnya, karena memang itu sudah menjadi ciri khas dari Sumatera Barat. Ngomong-ngomong soal wisata, kamu wajib untuk mengunjungi wisata alam yang ada di Sumatera Barat. Karena memang Sumatera Barat memiliki wisata alam yang cukup lengkap, mulai dari danau, air terjun, pegunungan, pantai, hingga pulau yang eksotis.

Bicara soal pulau eksotis di Sumatera Barat, kamu wajib untuk berkunjung ke Pulau Kasiak. Pulau eksotis yang ada di Pariaman dan menjadi primadona baru bagi para pecinta wisata bahari. Yuk, kenalan lebih dalam dengan Pulau Kasiak dengan menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

Lokasi Pulau Kasiak

Sumber: finroll.com

Pulau Kasiak sendiri adalah pulau tak berpenghuni yang berada di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat atau berada sejauh 56 km dari Kota Padang. Banyak cara untuk bisa menuju ke pulau eksotis yang satu ini, seperti dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun dengan menggunakan transportasi umum. Jika kamu menggunakan transportasi umum, akan lebih baik untuk menggunakan moda transportasi kereta api menuju ke Stasiun Padang Pariaman. Dari stasiun kamu bisa berjalan kaki menuju ke Pantai Gondoriah sebelum kemudian menyebrang dengan menggunakan perahu nelayan setempat yang disewakan.

Untuk biaya sewa sendiri sekitar 30 ribu rupiah dan satu perahu maksimal bisa menampung 6 orang pelancong. Dari Pantai Gondoriah, para pengunjung harus menyebrang dengan waktu tempuh kurang lebih 15 hingga 30 menit, tergantung cuaca.

Pesona Pulau Kasiak

Setelah melalui perjalanan panjang, para pengunjung yang sampai di Pulau Kasiak akan langsung disuguhi dengan pemandangan alam yang menawan dan eksotis khas negara tropis. Meskipun eksotis, namun Pulau Kasiak cukup sunyi karena memang pulau seluas 2,5 hektar tersebut tak berpenghuni. Sehingga berlibur di Pulau Kasiak pun akan memberimu suasana layaknya liburan di pulau pribadi. Banyaknya pepohonan kelapa yang tumbuh di Pulau Kasiak juga bisa membuatmu bisa semakin betah berlama-lama di sana.

Sumber: skyscrapercity .com

Keunikan dari Pulau Kasiak sendiri adalah pantainya yang berpasir putih bersih. Meskipun berada di Samudra Hindia, namun Pulau Kasiak memiliki ombak yang cukup tenang, karena ganasnya ombak samudra sudah terhalang oleh gugusan kepulauan yang ada di sebrang. Laut di sekitar Pulau Kasiak yang cukup bersih membuat para pengunjung bisa melihat keindahan bawah laut dengan jelas, di mana banyak ditumbuhi terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan-ikan cantik. Tidak hanya itu, pantai di sekitar Pulau Kasiak juga tak jarang disinggahi oleh binatang langka seperti penyus sisik atau pun penyu belimbing.

Di Pulau Kasiak juga terdapat bangunan mercusuar setinggi 40 meter yang difungsikan sebagai menara pengawas dan petunjuk bagi kapal-kapal yang berada di sekitar Pariaman.

Aktivitas di Pulau Kasiak

Sumber: Instagram@zatakatour

Ombaknya yang tenang dan air laut yang bersih tentunya akan menggoda siapa saja untuk menceburkan diri dan berenang di sekitar Pulau Kasiak. Jika kamu membawa perlengkapan, snorkling di sekitar pulau juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di Pulau Kasiak.

Sumber: Instagram@dheadnsptr

Untuk kamu yang tidak ingin basah-basahan, bisa juga mencoba naik ke mercusuar yang ada di Pulau Kasiak. Memang membutuhkan tenaga yang ekstra untuk bisa sampai di puncak, di mana para pengunjung harus menaiki anak tangga di tengah teriknya sinar matahari yang membuat keringat bercucuran. Namun setibanya di sana kamu akan benar-benar disuguhkan panorama alam yang sangat mengagumkan. Di atas mercusuar para pengunjung juga bisa melihat Pulau Duo Angso dari kejauhan.

Sumber: Instagram @srrk____

Lebih serunya lagi, para pengunjung juga diizinkan untuk berkemah dan mendirikan tenda di Pulau Kasiak. Namun tentu saja sebelum melakukan hal tersebut para pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga pulau. Bermalam di Pulau Kasiak bersama orang terkasih dijamin akan menjadi pengalaman seru dan tak terlupakan.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Pulau Kasiak? Untuk kamu yang sudah merencanakan liburan ke sana, ada baiknya tetap menjaga ekosistem alam dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan lupa persiapkan perbekalan dari rumah, karena di sana kamu tidak akan menjumpai warung yang menjajakan minuman atau pun makanan ringan.

Comments

Loading...