OUR NETWORK

Cantiknya Pantai Pasi Aron Di Pidie Jaya, Aceh

Sumber Gambar: alanusantara.blogspot.com

Bagi anda yang saat ini tengah berada di Pidie Jaya. Maka tidak ada salahnya jika singgah ke Pantai Pasi Aron. Pantai ini menawarkan ketenangan juga panorama alam yang siap memanjakan mata anda.

Walaupun Pantai Pasi Aron sempat menjadi sapuan dahsyat gelombang tsunami 2004 silam, namun keindahannya seolah sama sekali tidak terkikis. Nah, pada kesempatan kali ini anda akan melihat seperti apa cantiknya Pantai Pasi Aron. Dijamin, deh, pasti terpikat dan langsung ingin ber-kuy ria dengan teman, keluarga ataupun pasangan ke Pantai Pasi Aron.

Berikut ulasan selengkapnya.

Pesona  

Sumber Gambar: Instagram @wikhdalmi

Pantai Pasi Aron berada  di Jurong Binje, Kecamatan Jangka Buya. Kabupaten Pidie Jaya.  Aceh.  Pantai Pasi Aron memiliki pasir berwarna hitam kecokelatan. Pasir tersebut membentang luas sepanjang garis pantai . Suasananya begitu sejuk dan tenang.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai ini seperti membuat istana pasir, berenang, bermain olahraga pantai, sampai menyambangi konservasi penyu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pantai ini juga merupakan tempat bagi para nelayan tradisional untuk menambatkan perahu-perahu mereka.  Terlihat banyak sekali perahu-perahu yang bersandar pada bibir pantai. Jika anda mau, maka bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu tersebut. Pasti akan semakin menyenangkan. Terlebih jika naik perahunya dengan pasangan anda.

Sumber Gambar: Instagram @zawilqalbi

Selain itu anda juga akan mendapati sebagian besar pantai ini ditumbuhi oleh pepohonan cemara serta bangunan-bangunan milik para nelayan. Jika lebih jauh menyusuri pantai ini. pada sebelah timur terdapat tanggul pemecah ombak yang membujur tepat ke arah matahari terbit.

Anda bisa duduk disana untuk menikmati panorama pantai. Biasanya di tanggul itu pun juga banyak wisatawan yang memakan bekal mereka sambil bercengkrama bersama teman, keluarga atau pasangan.  Jika berjalan menuju arah barat pantai maka akan terlihat sebuah muara. Airnya mengalir deras dan terdapat sebuah pulau pasir ditengahnya.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Pantai Pasi Aron adalah obat bagi anda yang sudah sangat penat dengan aktivitas yang menjemukkan setiap hari. Bahkan sekalipun tidak hari libur, banyak dari mereka yang selesai pulang bekerja berkunjung ke pantai ini untuk melepaskan lelah, dan mengusir pikiran negatif supaya kembali bersemangat.

Panorama di pantai ini memang mampu menyajikan ketenangan hati tersendiri. Jika anda memenjamkan mata, berdiri di pinggir pantai dengan tangan terentang dan menikmati suara dembur ombak serta belaian lembut dari angin yang menyapu wajah, action sederhana ini mampu menjadi penangkal ampuh untuk mengusir pesimis. Efek relaksasi dari Pantai Pasi Aron memang sangat luar biasa.

Sumber Gambar: alanusantara.blogspot.com

Oh, ya, pantai ini pun juga akan semakin tampak terlihat eksotis ketika senja telah menyapa. Matahari yang tengah berpendar dan perlahan turun ke ufuk barat menghadirkan moment hangat yang romantis tersendiri. Sama seperti di pantai lainnya, di Pasi Aron saat moment ini telah tiba para wisatawan langsung bergegas mengabadikan moment untuk berfoto dengan sang surya tersebut.

Sumber Gambar: Instagram @cuthnora

Menyambagi Konservasi Penyu

Sumber Gambar: Instagram @fajar.maulid

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa di Pantai Pasi Aron anda juga bisa mengunjungi konservasi penyu. Seru, loh, melihat para tukik jenis lekang seolah sedang berkejaran mencapai birunya air laut

Biasanya saat pelepasan tukik akan terdengar riuh suara dari masyarakat di sana, yang seolah menjadi penyemangat bagi bayi penyu untuk mempercepat langkah mereka mencapai asinnya air laut. Tak lama setelah mencapai lautan bayi penyu itu pun akan menghilang lenyap dari pandangan mata.

Sungguh menyenangkan sekali bukan? Apalagi bayi penyunya lucu-lucu. Hihi. Tapi ingat tidak selalu setiap hari para bayi penyu dilepas kelautan. Biasanya mereka berada di kolam kecil terlebih dahulu, jika sudah cukup dewasa baru dilepaskan. Maka dari itu rajin-rajinlah mencari informasi terkait kapan akan diselenggarannya pelepasan bayi penyu.

Seperti yang kita tahu bahwa konservasi penyu ini sangatlah penting mengingat penyu adalah satwa yang dilindungi  langka bahkan hampir punah. Sebagai wisatawan yang baik anda harus bisa menjaga habitat penyu tersebut.

Menjaga penyu tidak hanya dengan melakukan penangkaran penyu lalu melepaskannya ke lautan, melainkan harus dimulai dengan tidak memakan telur telur mereka karena itu merupakan cikal bakalnya. Makanan penyu adalah ubur ubur. Nah, plastik hampir mirip dengan ubur ubur. Jadi adakalanya jika melihat sampah plastik, para penyu menganggap itu adalah ubur-ubur.

Apabila sampah plastik tersebut dimakan oleh para penyu tentunya mereka akan mati. Maka dari itu mulai dari sekarang, jika anda pergi ke pantai jangan sampai membuang sampah sembarangan, ya.

Itulah ulasan menarik tentang Pantai Pasi Aron. Tidak akan rugi jika anda menyambangi pantai ini. So, jika anda mencari tempat pelampiasan untuk menghilangkan penat atau sedang mencari destinasi wisata yang menarik di Aceh, kunjungi saja Pantai Pasi Aron.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…