OUR NETWORK

Arung Jeram Penuh Tantangan Di Krueng Teunom, Sungai Terdahsyat Di Aceh Jaya

Sumber Gambar: travel.detik.com

Berbicara tentang olahraga air memang tidak ada habisnya. Namun bagi wisatawan yang hobinya suka dengan tantangan, arung jeram adalah paling terfavorit. Di Aceh ada sebuah tempat yang sangat keren untuk berarung jeram yaitu di Krueng Teunom.

Sst … Krueng Teunom ini adalah salah satu sungai terdahsyat yang ada di Aceh, loh. Lantas sekeren dan se-menguji adrenalin apa, sih arung jeram di Krueng Teunom ini? berikut wisato.id sudah merangkum berbagai informasi menarik terkait arung jeram di Krueng Teunom. Check this out!

Mengenal Krueng Teunom

Sumber Gambar: Instagram @wisataacehjaya

Kreung dalam bahasa Aceh artinya adalah sungai. Jadi Krueng Teunom jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya, ya, Sungai Thenom. Sungai ini adalah salah satu sungai besar yang ada di Aceh..

Panjang Krueng Teunom mencapai 57 KM, loh. Gila! Panjang banget, kan? Sekarang anda pasti mengerti kenapa banyak orang yang mengatakan jika Krueng Teunom adalah sungai terdahsyat di Aceh. Sungai ini berasal dari aliran Sungai Geumpang, Sungai Sikuleh dan Sungai Tangse yang mengaliri 3 kabupaten yaitu Pidie, Aceh Barat dan Aceh jaya. Airnya sangat deras dan jernih.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Pemandangan di Krueng Teunom juga cantik. Sekelilingnya tampak berderet perbukitan hijau yang sangat asri.  Di tempat ini anda akan benar-benar merasakan panorama alam yang begitu natural dengan kampung-kampung terpencil serta masyarkatnya yang ramah.

Sumber Gambar: triptrus.com

Bagi masyarakat setempat di sana sungai ini adalah sumber mata pencaharian sekaligus sumber air bersih. Air dari sungai ini pun juga sering digunakan untuk mengaliri persawahan.

Arung Jeram Seru dan Menantang di Krueng Teunom

Sumber Gambar: Instagram @angga.rizal

Arung Jeram adalah salah aktivitas olahraga yang cukup berbahaya. Sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang masih ragu dan belum siap secara fisik dan mental sebab adrenalin dalam dalam olahraga ini sangatlah menantang. Jadi kesehatan harus benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin sebelum melakukan arung jeram.

Berarung jeram selama 2, 3 atau bahkan 5 jam mungkin sudah jadi hal yang biasa, ya. Tapi bagaimana jika 7 hari? Nah, tantangan yang sangat menguji adrenalin inilah yang harus anda taklukan jika ingin berarung jeram di Krueng Teunom.

Sumber Gambar: Instagram @ajin182

Di sungai ini terdapat wahana arung jeram dengan grade III+ sampai V+. Untuk mengarungi sungai diperlukan terlebih dahulu survey dan observasi dikarenakan medan di Krueng Teunom sangat bervariasi, dari mulai high, walking, tracking sampai rock climbing.

Sumber Gambar: Instagram @ig_aceh

Bagi anda pencinta arung jeram harus bisa mengambil tantangan ekspolarasi terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan yang sangat menantang adrenalin ini.

Rafting dimulai dari Cot Kuala Kecamatan Mane Kabupaten Pidie. Selama perjalanan anda akan melewati kawasan Hutan Ulu Mase,. Bukit Kapur yang menjulang juga tebing tebing besar yang berderet di sepanjang jalan tinggi. Tebing-tebing tersebut dihuni oleh berbagai satwa liar seperti rangkong, kelelawar dan, lain sebagainya.

Sumber Gambar: Instagram @ig_aceh

Selain itu anda yang berarung jeram di sungai ini akan melewati beberapa air terjun yang sangat indah. Salah satunya air terjun Ceuraceu Embun. Air terjun ini paling tersohor diantara air terjun lainnya. Ketinggianya mencapai 50 meter dan bertingkat-tingkat.

Sumber Gambar: Instagram @rahmanovic

Ketika petualangan hampir usai dan berhasil tiba di Desa Sarah Jaya, anda bisa menyambangi hulu sungai dengan naik perahu nelayan setempat.

Melelahkan, sih,memang. Tapi jika berhasil melewati berbagai tantangan tersebut pasti akan memperoleh kepuasaan serta kebanggaan tersendiri. Oh, ya, perlengkapan yang disarankan ketika anda ingin berarung jeram di Krueng Teunom adalah membawa hammock, mempertimbangkan dimana tempat akan berkemah, perlengkapan climbing, kebutuhan rescue melalui dinding tebing juga kamera action yang waterproof.

Sumber Gambar: Instagram @bewe2901

Akses Lokasi Ke Krueng Teunom

Nah, untuk menuju ke lokasinya anda harus menggunakan kendaraan pribadi sebab tidak ada kendaraan umum yang melewati jalur ini. Kika ingin lebih praktis, anda juga dapat menyewa mobil maupun motor. Tarifnya bervariasi namun kisaran 500 ribu rupiah itu sudah dapat mobil, supir plus bensin. Sementara jika ingin sewa motor tarifnya kisaran 50 ribu rupiah saja. Karena ekspolarasi membutuhkan waktu yang cukup lama, di sekitar lokasi Krueng Teunom tidak terdapat penginapan. Untuk wisatawan yang ingin menginap harus mencarinya  di Kota Pidie

Nah, itulah informasi menarik seputar arung jeram di Krueng Teunom. Bagaimana apakah anda merasa tertantang untuk berarung jeram di sungai ini?

Akhir kata, semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada pembahasan menarik lainnya hanya di wisato.id

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…