OUR NETWORK

Danau Kamaka, Keindahan Papua yang Harus Kamu Temui

Sumber: jelajahtempatwisata.blogspot.com

Bukan Papua namanya bila tidak mempunyai kejutan-kejutan besar dengan pemandangan yang mengesankan. Salah satu contohnya adalah Raja Ampat yang banyak wisatawan sepakat tempat ini bagaikan Surga dari timur. Tidak sampai disitu, masih ada surga yang lainnya yaitu Danau Kamaka.

Ada hal yang ajaib yang bisa kamu temukan di tempat ini. Hal ajaib itulah yang membuat harga mahal menuju ke kawasan ini jadi tampak murah. Begitulah Papua, dengan panoramanya yang seakan menjadi perjalanan yang paling menyenangkan diantara semua kawasan Ibu Pertiwi.

Mengenal Danau Kamaka

Sumber: jelajahtempatwisata.blogspot.com

Salah satu keajaiban yang kami sampaikan diatas adalah perbedaan ekstrim waktu pasang dan surut yang bisa mencapai 5 tahun sampai 8 tahun lamanya. Panjangnya kurang lebih 30 klimeter dengan lebar 1 kilometer. Kalau air sedang pasang, kamu bisa melihat pemandangan hamparan air dengan warna birunya.

Berbeda halnya saat air danau ini surut. Kamu bisa menyaksikan ladang yang sangat luas. Tidak ada air sama sekali. Seperti halnya, sebuah danau yang habis airnya karena musim kemarau. Biasanya, waktu seperti ini akan dimanfaatkan para warga untuk bertani, menanam berbagai jenis tanaman. Maklum saja, saat surut waktu yang dibutuhkan agar bisa melihat airnya lagi sekitar 8 tahun.

Cara Menuju ke Danau Kamaka

Sumber Gambar dari Travelingyuk.com

Satu hal yang harus kamu perhatikan menuju ke Objek wisata ini adalah soal biaya. Tidak perlu dipungkiri, kamu harus naik dan turun beberapa transportasi umum. Mulai dari perjalanan menuju ke Sorong terlebih dahulu yang sudah menelan biaya hampir 6 juta sampai 7 juta.

Dari Sorong, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kaimana dengan menggunakan pesawat perintis. Harga yang harus dibayar sekitar 1 jutaan. Apakah sudah sampai? Karena, tempat ini berada di Kaimana. Sabar temanku, perjalanan masih harus berlanjut menggunakan kapal boat menuju ke Desa Kaimanan selama 2 jam dengan tarif 300 ribuan.

Setelah sampai di Desa Kaimana, kamu bisa menggunakan guide untuk bisa masuk ke titik lokasi. Karena, ketahanan fisikmu masih harus diuji kembali. Dimana, kamu harus melewati ujian hutan belantara Papua yang cukup melelahkan. Hanya 7 kilometer saja tetapi, bisa membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam sampai 5 jam. Bagaimana, menarik sekali bukan perjuangan untuk menemukan surga yang benar-benar tersembunyi.

Tetapi, satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum menuju ke danau ini adalah jangan lupa izin kepada kepala desa ya. Biasanya ada beberapa aturan mendasar yang akan disampaikan kepada kamu.

Keindahan Danau Kamaka

Sumber: Traveldetik.com

berbicara mengenai keindahan kawasan ini memang ahlinya. Dimana, saat surut kamu bisa melihat banyak warga sekitar bertani dengan banyak jenis tanaman. Kamu bisa mencoba membatu mereka. Karena, warga disini sangat ramah. Bahkan, kalau mereka panen, kamu bisa diberi beberapa dari mereka.

Kalau kamu datang saat air sedang pasang, kamu bisa melihat begitu banyak ikan yang bisa kamu pancing lho. Biasanya, ada banyak kapal-kapal yang sedang bersandar dan kamu bisa naik kapal tersebut berkeliling atau untuk mencari ikan-ikan yang melimpah. Ada juga lobster yang ukurannya sangat besar. Ada juga udang air tawar yang memang langka. Kalau diolah, pasti rasanya sangat nikmat.

Sumber: kostisolo.co.id

Biasanya wisatawan yang datang ke tempat ini akan menyempatkan diri untuk membasuh muka dan tangan mereka. Airnya sangat segar dan membuat rasa lelah yang menghinggap hilang seketika. Ketenangan dan kedamaiannya memang juara.

Disini, wisatawan bisa menghabiskan waktu seharian lho. Jangan lupa bawa kamera kelas tinggi. Agar setiap momennya bisa kamu abadikan ke dalam foto dan gambar. Kamu juga bisa melihat burung-burung endemik yang terkadang muncul tanpa malu-malu. Salah satu hal yang harus kamu persiapkan adalah bekal baik makanan maupun minuman.

Maklum saja, di Desa Kaimana belum ada warung-warung yang bisa untuk kamu manfaatkan membeli makanan atau minuman.

Kesimpulan

Danau Kamaka adalah sebuah pertunjukan alam bagi kamu yang haus akan pariwisata Indonesia. Rasa lelah pasti akan kamu temui. Karena, menuju ke tempat ini seperti perjalanan yang tidak berujung. Tetapi, percayalah semua yang sudah kamu keluarkan akan terbalas dengan lunas. Usahakan datang waktu ada airnya ya, agar kamu bisa merasakan pesonanya langsung.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…