in

Air Terjun Entugun, Sudut Sekadau yang Harus Kamu Jelajahi

Sumber Gambar: Google Maps @ ixan kurniawan

Bila kamu masih di Kalimantan Barat, tidak ada salahnya bila berkunjung ke Kabupaten Sekadau. Dimana, pesona wisatanya memang bisa dikatakan juara. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan disini. Termasuk menikmati keindahan Air Terjun Entugun yang punya pesona nan menawan.

Air Terjun ini bisa dikatakan merupakan air terjun perawan. Maklum saja, beberapa wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa dihitung dengan menggunakan jari. Sehingga, tidak heran bila suasana dan nuansanya masih terasa sangat asri dan alami.

Tentang Air Terjun Entugun

Sumber Gambar: Google Maps @ ixan kurniawan

Suara air dan beberapa burung terdengar begitu merdu saat kamu tiba ke titik lokasi ini. Perlu diakui, menuju ke sini memang tidak mudah. Membutuhkan tenaga dan keringat yang tidak sedikit pula. Tetapi, keindahannya akan terbalas melihat betapa mempesonanya tempat ini. Tingginya kurang lebih 30 meter. Dimana, aliran airnya turun menyusuri bebatuan-bebatuan alami yang terbentuk sudah lama. Di sekitarnya kamu bisa melihat pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Menambah kesegaran apalagi, saat kamu berkunjung di siang hari.

Tempat ini memang paling tepat kamu kunjungi. Apalagi, bagi kamu yang membutuhkan tempat untuk menyendiri dan sedang menghilangkan penat. Debit airnya cukup deras mengalir ke bawah, menambah kesan eksotis air terjun ini.

Cara Menuju Air Terjun

Sumber: Instagram @kopi_bubuk08

Objek wisata ini terletak di Dusun Kepayang, Desa Tembaga,  Kecamatan Nanga Wahab, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Menuju ke objek wisata ini memang tidak ada di google maps. Maklum saja, karena jalur ini memang agak rumit untuk bisa menikmati keindahannya.

Kamu bisa masuk melalui Bandara Supadio di Pontianak atau Bandara Tebelian yang ada di Kabupaten Sekadau. Menuju ke Bandara Supadio membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam dari Jakarta. Dengan harga mulai dari 700 ribuan saja.

Dari bandara, kamu bisa pergi menuju ke Wisata Entugun dengan menempuh waktu kurang lebih 5 jam 20 menit, Dengan menggunakan kendaraan Pribadi. Disarankan kamu harus berhati-hati. Karena, di saat hampir sampai, kamu akan menemui jalanan berkelok-kelok dengan turunan dan juga tanjakan yang memang cukup tajam. Apalagi kalau kondisinya hujan. Jalurnya akan sedikit sulit terlebih trek menuju air terjun yang akan sangat licin. 

Wisata ini memang cukup populer jadi, kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa papan petunjuk. Atau bisa bertanya dengan warga sekitar tentang keberadaan air terjun ini.

Keindahan Air Terjun Entugun

Setibanya di area parkir, kamu harus berjalan kaki menuju ke titik lokasi. Sebaiknya kamu harus mempersiapkan diri sebaiknya. Termasuk dengan persediaan air minum, makanan, serta kantong sampah. maklum saja, menuju ke air terjun memang belum ada warung yang terlihat.

Sementara, jalanan yang harus kamu tempuh begitu beragam. Ada tanjakan dengan jalanan tanah, dan bebatuan. Terkadang kamu melihat akar yang menembus tanah. Kemudian, melewati aliran sungai. Kamu harus bisa melompat ke batu yang tepat agar tidak basah. dan masih banyak lagi sehingga waktu nya kurang lebih 30 menit sampai 45 menit.

Sumber Gambar: Google Maps @ ixan kurniawan

Di bawah alirannya kamu bisa melihat ada sebuah kolam alami. Nah, kamu bisa berenang dan bermain air disini. Memang, berkunjung ke air terjun akan tetap ada yang kurang bila belum basah-basahan. Cobalah naik ke atas tebing dan melompat dari atas sini, rasanya mengerikan namun menyenangkan.

Bebatuan-bebatuan berserakan dimana-mana, bila kamu enggan basah-basahan kamu bisa duduk diatas batu yang agak lebar. Biasanya tempat bebatuan ini dijadikan sebagai spot foto yang menghasilkan gambar nan fotogenik.

Sumber Gambar: Google Maps @ ixan kurniawan

Kalau kamu mau pulang jangan lupa bawa kembali sampah kamu ya, jangan dibuang sembarangan dan membuat tanah Entugun kotor karena ulahmu. Karena, di tempat ini memang terkenal dengan kebersihan yang selalu terjaga dengan baik. Waktu terbaik berkunjung ke sini sekitar pukul 9 pagi atau 10 pagi. Dimana saat sampai disana, sinar matahari akan tertutup oleh pepohonan yang membuat kamu merasa sangat nyaman.

Kesimpulan

Air Terjun Entugun atau yang disebut juga dengan nama Riam Entugun ini. Memang indah dan menawan. Kamu harus mengunjunginya walau, kamu harus bersusah payah. Namun, semua kerja kerasmu naik ke tempat ini akan terbalaskan dengan sendirinya. Jadi, sudah siap menjelajah Riam Entugun?