OUR NETWORK

Teluk Maumere, Surga Keindahan Bawah Laut Dunia

Sumber: jalajahnusae.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang menjadi tempat hidup ikan-ikan kecil maupun besar, berbagai macam jenis karang dunia. Bahkan, ada beberapa yang hanya ada di Indonesia saja. Sehingga, tidak heran bila ada ribuan titik selam yang bisa dijelajahi. Seperti halnya, Teluk Maumere.

Bisa dikatakan tempat ini adalah surganya para penyelam. Walaupun, sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang pernah terjadi pada tahun 1992. Pesona Teluk Maumere seakan tidak akan pernah pudar sedikit pun. Bahkan, terus bertambah hingga ke pelosok dunia.

Tentang Teluk Maumere

Sumber: zonasultra.com

Di mata dunia, nama Teluk Maumere begitu gempar setelah pangeran dari Qatar, Emir Qatar datang dengan membawa dua jet pribadinya. Serta Kapal pesiar mewah yang bersandar di Dermaga Lorens Say atau Sadang Bui. Beliau dan semua awaknya menikmati keindahan Teluk Maumere yang setelahnya menjadi perbincangan hangat seluruh dunia.

Selain kunjungan Pangeran Qatar tersebut, Teluk Maumere pernah menjadi perbincangan hangat pula dengan adanya beberapa catatan sejarah seperti,  Kapal Santo Fransiskus Xaverius yang bersandar dan mengisi kebutuhan logistik serta air minum.

Sumber: netralnews.com

Atau ada lagi sebuah catatan sejarawan dari Kerajaan Sikka yang konon pernah menggelar pesta pernikahan paling  mewah sedunia. Sebuah perkawinan yang konon sampai saat ini, masih belum ada tandingannya sekali pun.

Pesona Teluk Maumere ini tidak luput dari perhatian pemerintah yang melarang segala jenis aktivitas nelayan yang mampu merusak terumbu karang. Seperti, dilarangnya menggunakan bom, serta alat-alat yang lebih ramah terhadap lingkungan bawah laut.

Cara Menuju Teluk Maumere

Menuju ke Teluk Maumere kamu bisa datang dari beberapa tempat. Bisa melalui Pelabuhan Sadang Bui. Selanjutnya kamu bisa menempuh Jalur darat sejauh 1 jam 21 menit. Hanya saja, menuju ke Pelabuhan Maumere, kamu harus menempuh waktu 4 hari 3 malam dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan harga 450 ribuan.

Tetapi, bagi kamu yang tidak sabar dengan perjalanan laut yang panjang, kamu bisa menggunakan pesawat. Masuk melalui Bandara Frans Seda yang bisa ditempuh dari Bandara Soekarno Hatta. dengan waktu 5 jam 20 menit dengan harga mulai dari 1 jutaan. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 17 menit.

Keindahan Teluk Maumere

Sumber: Instagram @teluk.maumere

Keindahan Teluk Maumere memang tidak bisa diragukan lagi. Beberapa spot divingnya seperti, pulau besar, Pemana Besar, Babi, Dambilah menjadi tempat wajib yang harus kamu kunjungi.

Menariknya lagi, tidak hanya pesona terumbu karang saja, yang bisa kamu nikmati disini. Menurut penelitian kamu bisa melihat Padang lamun dan mangrove yang menjadi sumber energi untuk hidup kebanyakan biota laut.

Sumber: bisniswisata.co.id

Hampir semua titik spot diving di Maumere memiliki tingkat kecerahan pandangan yang cukup bagus. Dimana, kamu bisa mengabadikan hampir semua biota laut yang ada disini.

Ada karang otak yang luar biasa indahnya bisa kamu jumpai disini. ikan-ikan dengan berbagai macam warnanya juga tak luput dari perhatian. Ada juga Leaf Fish dengan perawakan kepalanya dengan jambul yang begitu menggemaskan. Kamu juga bisa menemukan ikan yang terkenal melalui film animasinya yaitu Nemo.

Sumber: bisniswisata.co.id

Titik selamnya mencapai kedalaman 8 meter hingga 15 meter. Tumpukan-tumpukan karangnya membuat pemandangan layaknya padang karang yang benar-benar mengesankan. Sungguh, pesona wisata yang tidak boleh kamu lewatkan.

Hampir semua titik selam di Teluk Maumere sudah cukup bagus dan terlihat terawat dengan baik. Jadi, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kamera bawah laut. Pastikan resolusi tingkat tinggi dan mampu masuk kedalaman 10 meter lebih ya.

Sumber: jalajahnusae.com

Mereka, sedang berkeliaran di anemon-anemon yang begitu menggemaskan. Menariknya lagi, hampir setiap tahun Teluk Maumere menjadi salah tempat bersejarah. Dimana, para penyelam melakukan upacara bendera dibawah laut. Sungguh pemandangan dan momen yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena, mengibarkan bendera di bawah laut, tidak semudah mengibarkan bendera di atas gunung.

Kesimpulan

Teluk Maumere adalah surganya bagi dunia bawah laut Indonesia. Dimana, kamu bisa melihat Indonesia yang sesungguhnya dari tempat ini. Walaupun, kamu perlu harga mahal untuk menikmatinya. Tetapi, semua itu akan terbalaskan dengan apa yang akan kamu lihat. Jadi, sudah siap menjelajah seluruh kawasan Teluk Maumere?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…