in

Danau Toba – Pulau Sibandang

Sumber Gambar: tobaria.com

Pulau Sibandang adalah sebuah pulau yang berada di Danau Toba dan merupakan sebuah pulau dengan pemandangan yang sangat indah dan memiliki berbagai macam pesona yang rasanya sulit untuk kalia tolak. Danau Toba sendiri merupakan salah satu lokasi wisata ikonik yang ada di Sumatera Utara, yang tidak hanya dikenal oleh para wisatawan dari dalam negeri akan tetapi juga para wisatawan yang datang dari luar negeri.

Danau Toba juga menjadi salah satu lokasi wisata yang sedang menjadi fokus dari pihak Kemenparekraf yang untuk menjadi sebuah lokasi wisata unggulan yang mana dengan harapan agar dapat menarik lebih banyak pengunjung yang datang. Kembali ke Pulau Sibandang, lokasi wisata yang satu ini sendiri merupakan sebuah lokasi wisata yang memiliki paduan yang baik antara wisata alam dan juga wisata budaya.

Sebuah lokasi wisata yang sangat cocok bagi kalian yang tidak hanya ingin tempat wisata yang indah akan tetapi juga sebuah tempat yang akan memberikan kalian nilai edukasi budaya yang khas. Kalian penasaran apa saja yang menarik dari lokasi wisata Pulau Sibandang ini? Tenang, kami akan membantu kalian dengan memberikan beberapa informasi mengenai aktivitas apa saja yang bisa kalian lakukan saat sedang berada di Pulau Sibandang dalam rangka menghabiskan waktu liburan kalian yang berharga.

Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Menyaksikan Secara Langsung Kain Ulos Khas Masyarakat Suku Batak Yang Mendunia

Sumber Gambar: Indonesia Traveler

Buat kalian yang belum tahu jika Kain Ulos adalah kain khas masyarakat Suku Batak yang sampai saat ini masih dibuat dengan cara yang tradisional yaitu dengan menggunakan kain tenun yang sudah dikenal hingga mancanegara. Nah, di Pulau Sibandang kalian dapat melihat secara langsung pembuatan Kain Ulos yang mana dapat kalian lihat mulai dari bahan baku berupa kapas, proses pembuatan, pewarnaan benang hingga pembuatan berbagai macam motif dan semua proses tersebut dilakukan secara tradisional,

Tahukah kalian jika ada filosofi menarik di balik Kain Ulos ini? Kain Ulos merupakan simbol atau lambang ikatan kasih sayang yang diharapkan dapat seperti sebuah rotan atau dalam Bahasa Batak disebut Hotang. Kenapa begitu? Karena Rotan sendiri dikenal sebagai bahan pengikat yang sangat kuat dan Kain Ulos ini sendiri selalu diberikan bagi pengantin baru dengan harapan mereka akan tetap terikat dengan kuat dalam mengarungi rumah tangga.

Menikmati Hidangan Khas Suku Batak

Sumber Gambar: MerahPutih

Sudah bukan rahasia lagi jika masyarakat Suku Batak memiliki hidangan kuliner yang sangat nikmat dan tentu saja kalian dapat menikmatinya selama berada di Pulau Sibandang saat kalian sedang berlibur disini. Saat menghabiskan waktu liburan kalian di Pulau Sibandang lidah kalian akan dimanjakan dengan hidangan – hidangan khas masyarakat Suku Batak yang otentik yang rasanya cukup sulit kalian temukan di tempat lain.

Wisata Edukasi Melalui Situs – Situs Bersejarah

Sumber Gambar: TERAKURAT

Di Pulau Sibandang kalian akan menemukan cukup banyak situs – situs bersejarah, jadi saat kalian menghabiskan waktu liburan kalian di pulau yang satu ini tidak hanya kalian akan menikmati pemandangan yang indah tapi juga mendapatkan berbagai macam pengetahuan yang menarik. Saat berada di Pulau Sibandang kalian akan menemukan situs bersejarah seperti Rumah Kepala Nagari Rajagukguk, Makam Raja Sorta Uluan yang diyakini oleh banyak orang sebagai raja Pulau Sibandang dan beberapa situs bersejarah lainnya.

Buat kalian yang memang senang dengan wisata edukasi terutama segala hal yang berbau sejarah maka lokasi wisata Pulau Sibandang yang satu ini merupakan lokasi wisata yang sangat cocok buat kalian.

Menikmati Berbagai Hasil Alam Pulau Sibandang

Sumber Gambar: Mongabay

Pulau Sibandang dikenal memiliki tanah yang subur dengan begitu tidak heran jika pulau yang satu ini merupakan Sentra Agrowisata yang memiliki berbagai macam hasil pertanian yang cukup terkenal. Pulau Sibandang merupakan penghasil berbagai hasil pertanian dan juga perkebunan seperti, Mangga, Kemiri, Coklat dan juga Kopi yang mana dapat kalian bawa sebagai oleh – oleh atau kalian nikmati di tempat.

Nah, itulah beberapa aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan di Pulau Sibandang yang mana merupakan salah satu pulau mengesankan dari Danau Toba yang saat ini sedang menjadi fokus pihak Kemenparekraf saat ini.