in

Dapatkan Liburan Mengesankan di Pulau Busak – Kabupaten Buol

Sumber Gambar: Instagram @like_buol

Pulau Busak berlokasi di Desa dengan nama yang sama yaitu Desa Busak. Tepatnya berada di Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Pulau ini berada di sisi utara daratan Sulawesi. Hamparan terumbu karangnya sangatlah menawan, loh. Tidak heran hal ini menjadi magnet tersendiri untuk mengundang para wisatawan mengunjungi Pulau Busak.

Lantas seperti apa, sih, potret dan hal menarik lainnya yang ada di Pulau Busak? Berikut ulasan selengkapnya.

Pesona Menawan Pulau Busak

Sumber Gambar: Instagram @nosandjayo

Pulau Busak adalah pulau mungil yang sangat indah dan menawan. Jika dilihat dari Google Maps pulau ini mirip sekali dengan Pulau Bali. Alamnya yang masih sangat asri menjadikan Pulau Busak sangat digandrungi baik oleh wisatawan local, nusantara maupun mancanagera. Pulau ini adalah obyek wisata yang dikelola langsung oleh Dinas Pemuda Olaharga dan Pariwisata Kabupaten Buol.

Pasir di Pulau Busak sangat lembut, loh. Pasir tersebut mengelilingi bagian Pulau Busak yang berbentuk seperti tanduk menghadap daratan. Sulawesi Banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan di pulau ini seperti berenang, melakukan snorkeling dan diving untuk bertemu keindahan bawah laut Pulau Busak dan masih banyak lagi. Pokoknya dijamin anda pasti akan memperoleh pengalaman wisata bahari yang mengesankan di pulau ini.

Sumber Gambar: Instagram @soalbuol

Ombak di Pulau Busak pun termasuk tenang, dengan riak gelombak yang cukup kecil. Jadi sangat asyik jika anda ingin bermain-main dengan airnya. Hawanya yang sejuk dipadupadankan dengan birunya langit sungguh menjadikannya sangat sempurna dan begitu menyenangkan ketika berada di pulau ini. Beberapa kawanan ragam ikan berwana warni pun dapat terlihat dengan jelas di antara karang. Mereka seolah senang menyambut anda di Pulau Busak

Apabila anda tidak puas, dan ingin menjajal lagi keindahan maksimal dari pulau ini maka bisa menaiki anak tangga untuk mencapai puncak Pulau Busak. Dari puncak tersebut, anda bisa melihat secara luas pemandangan landscape dari panorama Pantai Desa Busak yang ada diseberang pulau, serta lautan luas di sekitar Pulau Busak.

Sumber Gambar: Instagram @like_buol

Sekarang ini, di Pulau Busak juga sudah dibangun beberapa fasilitas pendukung. Seperti dermaga kayu. Nah, dermaga kayu ini sering diburu pengunjung untuk berfoto. Menurut pengunjung disana, katanya tidak lengkap jika sedang berada di Pulau busak namun tidak melakukan jepret moment di dermaga kayu hihi.

Di sekitaran pulau disediakan pula tempat bersantai, toilet dan juga kamar mandi. Bagi anda wisatawan beragama muslim di tempat ini juga sudah tersedia mushola untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu Biasanya, nih, pada saat hari libur pengunjung yang datang ke Pulau Busak sangatlah melimpah. Bahkan adakalanya nih jasa sewa perahu katinting pun penuh di-booking oleh banyak wisatawan. Ya, pesona pulau ini memang luar biasa. Siapapun ingin melihat langsung keindahannya.

Sumber Gambar: suarapalu.com

Sayangnya dalam beberapa kesempatan, banyak wisatawan yang cuek dan membuang sampah sembarangan. Padahal hal tersebut akan mengurangi kenyamanan pengunjung yang datang juga mengurangi keindahan Pulau Busak. Hindari melakukan hal ini ya, sahabat wisato.id. Kekayaan wisata Indonesia harus bisa kita jaga bersama-sama. Jadi jangan sampai membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempatnya.

Akses Lokasi

Sumber Gambar: Instagram @like_buol

Nah, untuk berwisata ke Pulau Busak, dari Kota Buol anda dapat menempuh jalur darat selama 45 menit menuju Dermaga Desa Busak. Setibanya di dermaga, kemudian lanjutkan perjalanan kembali dengan menyewa perahu katinting.

Jika anda datang secara rombongan maka bisa menyewa perahu nelayan seharga kurang lebih sekitar 300 ribu. Perahu tersebut maksimal bisa ditumpangi oleh 10 orang. Estimasi waktu perjalanannya sekitar 2 jam.

Itulah ulasan menarik tentang Pulau Busak. Apabila waktu libur telah tiba dan anda sulit menentukan ingin berwisata ke daerah mana, tidak ada salahnya untuk memasukkan Pulau Busak ke dalam list kunjungan anda. Jika belum cukup puas, jangan khawatir Sulawesi Tengah masih punya banyak koleksi destinasi wisata keren yang bisa anda kunjungi. Jadi, anda akan lebih puas ketika berlibur di daerah ini. Referensinya bisa anda baca di website ini  juga, ya, tentunya.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan wisata seru yang tidak kalah menarik berikutnya.

Salam.