OUR NETWORK

Destinasi Wisata Aceh Hitz Terbaru Pemandian Krueng Sawang

Sumber Gambar: trepelin.com

Pemandian krueng sawang adalah sungai yang dijadikan spot wisata air. Sungai tersebut bernama sungai krueng sawang yang terdapat di pedalaman Aceh Utara. Aktivitas mandi di sungai adalah aktivitas kuno yang sekarang tengah hitz.

Lokasi Pemandian Sungai Krueng Sawang

Lokasi dari destinasi wisata tersebut tergolong cukup terpencil. Cara untuk menuju ke destinasi juga cukup. Karena hal itu, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke destinasi wisata tersebut. Karena fasilitas dari transportasi umum sangat jarang. Bahkan pada hari tertentu, tidak ada satu transportasi umum sama sekali.

Pemandian Sungai Krueng Sawang terdapat di Ds Sawang, Lhokseumawe, Aceh. Sekilas, lokasi dari tempat wisata tersebut sangat mudah dijangkau. Sebab tepat di daerah Lhoknga terdapat bandar udara yang dapat dijadikan sebagai destinasi penerbangan.

Sumber Gambar: trepelin.com

Ada 3 buah bandara yang mengelilingi daerah Lhokseumawe. Bandara yang pertama adalah Bandara Malikussaleh yang berada di Muara Batu. Bandara yang kedua adalah bandara Lhok Sukon yang terletak di Lhok Sukon. Sedangkan bandara yang terakhir berupa lapangan helikopter yang terletak di Muara Satu. Jarak antara bandara dengan destinasi pun tidak terlalu jauh dan tidak akan memakan lebih dari satu perjalanan. Sayangnya, kondisi transportasi umum sangat tidak mendukung.

Rute Jalan Menuju Destinasi Wisata Pemandian Sungai Krueng Sawang

Untuk menuju ke destinasi wisata tersebut, harus memasuki pedalaman daerah Sawang terlebih dahulu. Tepatnya sekitar ±10 km dari pusat kota. Cara yang terbaik untuk menuju ke destinasi adalah dengan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan pribadi pun juga harus sering meminta petunjuk arah dari warga setempat. Sebab lokasi dari Sungai Krueng Sawang mungkin tidak terdeteksi oleh Google map. Dapat dicek sendiri keberadaan dari Sungai Krueng Sawang tersebut.

Spot pemandian Sungai tersebut sedang hitz dan dikelola dengan sangat baik. Jadi semua warga setempat pun juga pasti mengetahui lokasi sungai yang dijadikan sebagai spot pemandian. Bagi pengguna transportasi umum dapat naik bus yang menuju ke Terminal Pusong. Kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan transportasi umum lainnya yang menuju ke arah Desa Sawang. Transportasi yang menuju ke Desa Sawang bukan berupa angkot ataupun bus. Melainkan hanya berupa ojek dan mobil pick up.

Sumber Gambar: portalsatu.com

Satu – satunya transportasi umum yang dapat mengantarkan menuju ke destinasi adalah ojek. Untuk ojek di area tersebut mempunyai sebutan yang cukup unik, yaitu RBT. RBT sendiri merupakan singkatan dari Rakyat Banting Tulang. Ojek yang tersedia pun juga ada beberapa pilihan, yaitu ojek konvensional dan ojek online.

Keberadaan dari ojek konvensional pun tidak setiap hari. Ojek, hanya terdapat pada hari kamis hingga selasa. Sedangkan khusus untuk hari rabu, tidak terdapat ojek sama sekali. Sebab pada hari rabu adalah hari Pasaran. Tetapi pada hari rabu, terdapat mobil pick up yang menyelusuri sepanjang desa bahkan hingga ke desa Riseh. Mobil pick up juga bersedia mengantarkan ke destinasi wisata pemandian Sungai Krueng Sawang.

Total dari biaya yang akan dihabiskan untuk transportasi kurang dari 50.000 IDR. Biaya rata – rata untuk keperluan transportasi per orang hanya sekitar ±35.000 IDR. Namun jika menggunakan jasa sewa mobil atau motor, harus menyediakan biaya minimal 500.000 IDR.

Tarif Tiket Masuk Pemandian Sungai Krueng Sawang

Untuk destinasi wisata alam ini bukan tergolong Free destinasion. Ada tarif kontribusi yang harus dikeluarkan oleh pengunjung. Biaya tiket masuk per orang pun juga sangat murah, hanya sebesar 2.000 IDR per orang. Selain tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan tarif kontribusi parkir bagi pengguna kendaraan pribadi. Untuk tarif parkir mobil sebesar 5.000 IDR. Sementara untuk tarif parkir motor sebesar 3.000 IDR.
Fasilitas Pemandian Sungai Krueng Sawang

Di destinasi wisata tersebut terdapat sebuah sungai besar yang dijadikan sebagai tempat pemandian. Kondisi air sungai yang sangat jernih. Sehingga sangat memungkinkan digunakan untuk mandi maupun hanya sekedar bermain air.
Sebagai penunjang bagi seluruh pengunjung, destinasi wisata pemandian Sungai Krueng Sawang menyediakan beberapa fasilitas seperti di bawah ini :

1. Sungai

Air Sungai Krueng Sawang mengalir dari perbukitan menuju ke Muara. Kondisi air sungai pun sangat tidak stabil, terkadang massa air pasang dan surut. Kondisi massa air sangat dipengaruhi oleh cuaca. Ketika musim hujan, massa air meningkat dan mempunyai arus yang cukup deras. Sehingga pada kondisi tersebut, destinasi wisata pemandian Sungai Krueng Sawang tidak dioperasikan karena sangat membahayakan.

Sumber Gambar: steemit.com

Sementara pada musim kemarau, massa air surut. Pada kondisi air sungai surut, pemandian Sungai Krueng Sawang dibuka untuk umum. Karena saat kondisi air surut, arus menjadi tidak deras. Kondisi air sungai sangat jernih dan belum tercemar sama sekali. Karena itulah sungai tersebut dimanfaatkan sebagai destinasi wisata pemandian alam yang berupa sungai.

2. Bebatuan Besar

Sumber Gambar: steemit.com/travel/@ayijufrida

Di sepanjang sungai, terdapat berbagai macam batuan yang membuat arus sungai menjadi lebih pelan. Batuan tersebut dijadikan sebagai spot foto favorit para pengunjung. Selain itu batu juga dapat diduduki sambil menikmati suasana alam sekitar sungai. Ketika berada di batu, sebaiknya harus berhati – hati. Sebab permukaan batu di sungai sangat licin.

3. Camping area

Selain dijadikan sebagai destinasi wisata pemandian alam, destinasi wisata tersebut juga digunakan sebagai area camping. Suasana sekitar sungai yang sejuk khas dari pegunungan sangat mendukung untuk spot camping area. Pepohonan yang rindang pun juga menjadi faktor utama untuk dijadikan sebagai area camping. Karena dapat dengan mudah menemukan ranting pohon berjatuhan yang hendak dimanfaatkan untuk api unggun. Dapat juga digunakan untuk memasak dengan cara tradisional .Jadi suasana malam pun terasa sangat hangat.

4. Jembatan gantung

Selain spot pemandian alam dan camping area, di destinasi wisata tersebut terdapat spot lain yang cukup menarik. Spot tersebut adalah jembatan gantung. Fungsi utama dari jembatan gantung tersebut adalah penghubung sekaligus akses jalan antar desa.

Sumber Gambar: aceh.tribunnews.com

Jembatan gantung terbuat dari besi, sehingga sangat kuat dan kokoh. Tetapi bagi yang sedang hunting foto di jembatan gantung, lebih baik dahulukan warga setempat yang hendak melewati jembatan. Sebab jembatan tersebut merupakan akses jalur utama. Tetapi, karena lokasi jembatan gantung berada di sekitar pegunungan membuat jembatan tersebut dijadikan sebagai background spot foto. Hasilnya pun juga sangat eksotis dan instragamable. Bahkan jembatan gantung sungai krueng sawang menjadi sangat hitz.

5. Pasar durian

Di daerah destinasi wisata tersebut, terdapat berbagai macam pohon durian. Ketika musim buah durian dan rambutan terdapat puluhan warga setempat yang menjual buah durian di sepanjang jalan. Bagi yang menyukai durian, sebaiknya hal tersebut tidak disia – siakan. Kelebihan dari durian di wilayah tersebut adalah kondisi buah yang sangat segar. Karena durian yang dijual merupakan buah durian yang baru saja jatuh. Harga dari buah durian yang dijual pun sangat murah dan dapat dinego.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…