OUR NETWORK

Review Destinasi Wisata Alam Pantai Ujong Karueng Meulaboh Aceh

Sumber Gambar: cheria-travel.com

Pantai Ujong Karueng ialah pantai yang mempunyai jumlah karang laut terbanyak diantara pantai lainnya. Hampir setiap bagian terlapisi dengan bebatuan karang. Batuan karang juga menjadi spot utama dari destinasi wisata pantai ini.

Lokasi Pantai Ujong Karueng

Pantai Ujong Karang terletak di Jl Yos Sudarso, Meulaboh, Aceh Barat. Destinasi wisata tersebut mempunyai rute jalan yang sangat mudah. Di sekitar lokasi dari destinasi terdapat suatu bandara yang dapat dijadikan sebagai destinasi airport. Bandara tersebut adalah bandara Cut Nyak Dhien.

Lokasi dari pantai juga sangat strategis, sebab di kawasan tersebut merupakan kawasan tempat wisata. Ada berbagai macam destinasi wisata yang dekat dengan Pantai Ujong Karang. Seperti pantai Lhok geudong, love beach, vania baru aquarium dan lain – lain. Selain itu disekitar destinasi juga terdapat berbagai macam Cafe dan shopping center.
Walaupun daerah tersebut bukan merupakan pusat kota, dengan banyaknya destinasi wisata, Cafe hingga shopping centre membuat lokasi pantai sangat strategis. Hal tersebut memungkinkan dengan mudah untuk menemukan transportasi umum yang akan mengantarkan ke pantai tersebut.

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Selain menggunakan alat transportasi umum, pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi. Untuk petunjuk arah menuju ke destinasi, dapat memanfaatkan Google map. Dapat juga mengikuti rute jalan terbaik melalui jalur trans Sumatera hwy. Setelah keluar dari area bandara, masuk ke jalur trans Sumatera HWY, tepatnya di Jln Meulaboh Tapaktuan. Kemudian ambil arah lurus ke barat daya.

Telusuri sepanjang jalur tersebut hingga sampai ke jalur Jl Nasional. Di Jl nasional terdapat persimpangan warkop Agam. Setelah sampai di persimpangan tersebut, keluar dari jalur trans Sumatera dan ambil jalan lurus ke arah Jl nasional biasa. Kemudian setelah menjumpai persimpangan tugu pelor, belok ke kiri di Jl Teuku Umar. Lalu, tepat di masjid Nurul Huda, belok ke kanan tepatnya di Jl Yos Sudarso. Telusuri sepanjang jalan tersebut hingga menemukan lokasi dari destinasi pantai Ujong Karueng.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujong Karueng Meulaboh Aceh

Untuk harga tiket masuk Pantai Ujong Karang hampir sama dengan sebagian besar destinasi wisata alam Aceh lainnya. Beberapa tiket masuk ke destinasi wisata di Aceh ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Namun untuk destinasi wisata ini termasuk ke dalam kategori free destinasion. Sehingga pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya kontribusi apapun.

Pengunjung hanya mengeluarkan akomodasi untuk transportasi, penginapan bila hendak bermalam, serta souvenir dan makanan dan minuman. Dengan banyaknya shopping center dan juga cafe dapat mempermudah akses para wisatawan. Selain itu pengunjung juga mengeluarkan biaya untuk jasa sewa beberapa fasilitas wisata.

Sumber gambar: novriadi.com

Dengan konsep free destinasion, dapat membuat pariwisata di Indonesia menjadi incaran para wisatawan. Karena, dapat meminimalisir pengeluaran para wisatawan. Dengan hal tersebut, setiap orang tidak akan pernah ragu dan lebih leluasa untuk refreshing dari aktifitas harian yang sangat melelahkan.

Spot Wisata Pantai Ujong Karueng Meulaboh Aceh

Di pantai Ujong Karueng terdapat berbagai macam spot wisata menarik untuk dieksplorasi. Daftar spot wisata juga dapat digunakan sebagai referensi aktivitas ketika berada di pantai ini.

Spot wisata tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Deretan Batu Karang Besar

Spot ini merupakan spot utama dari destinasi wisata alam ini. Sesuai dengan namanya, Ujong Karueng atau Ujung Karang, pantai memang dipenuhi dengan berbagai macam bebatuan karang. Hampir setiap bagian sudut pantai dihiasi dengan bebatuan karang dengan berbagai macam ukuran. Ada beberapa batuan karang yang mempunyai ukuran kecil dan tersebar luas secara berserakan. Ada pula batu karang yang mempunyai ukuran sangat besar. Beberapa diantaranya mempunyai bentuk yang cukup unik. Sehingga dapat dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Sumber Gambar: Google Maps @Real Sellia

Beberapa bagian batu karang yang berada di tepi pantai cukup berbahaya dan sebaiknya tidak didekati. Namun kini telah disediakan sebuah jalur melingkar di tepi pantai. Jadi para pengunjung dapat lebih dekat dengan laut.

2. Playground

Dilokasi pantai terdapat playgrounds dengan berbagai macam wahana. Karena playgrounds diperuntukkan bagi anak – anak, ukuran dari wahana tersebut sangat kecil. Dengan adanya playgrounds, anak – anak dapat bermain sepuasnya.

Para orangtua pun tidak perlu khawatir jika tiba – tiba sang anak merengek untuk pulang. Sebab anak – anak sangat suka bermain di sebuah playgrounds dengan berbagai macam permainan yang sangat menyenangkan. Para orangtua hanya sekedar mengawasi dan menyaksikan sang anak yang sedang bermain.

3. Gazebo

Di pantai tersebut terdapat puluhan Gazebo dengan berbagai macam konsep. Ada Gazebo yang bernuansa sangat tradisional. Dengan atap jerami, kayu tanpa hiasan apapun. Ada pula gazebo dengan berbagai macam warna dan hiasan yang sangat unik. Namun tetap tidak meninggalkan kesan tradisional.

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Beberapa gazebo terletak di tepi pantai. Sehingga dapat merasakan dengan jelas desiran gelombang laut. Serta hembusan angin laut juga membuat suasana di Gazebo menjadi sejuk. Ada juga Gazebo yang terletak di antara deretan pohon kelapa. Suasana sejuk dari pepohonan dapat memberi suasana yang sangat rilex.

4. Papan loncat untuk Free cliff jumping

Kondisi gelombang pantai memang sangat deras. Sehingga sangat tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas di air. Sebab hal tersebut sangat berbahaya. Terlebih lagi di sepanjang bibir pantai dipenuhi dengan bebatuan karang. Walaupun Batu Karang menjadi spot alam yang mempesona, namun batu karang juga dapat mengancam nyawa. Apabila tubuh terbentuk dengan batu tersebut.

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Namun di lokasi pantai, terdapat spot free cliff jumping. Di spot tersebut hanya terdapat sebuah papan loncat yang berada di atas batuan karang. Tepat di bawah spot cliff jumping, kondisi air tidak terlalu berbahaya. Gelombang dan arus yang berada di area tersebut cukup tenang. Jadi, aman untuk berenang.

Panjang dari papan adalah 5 meter. Kondisi papan pun hanya diikat dengan kuat di atas Batu Karang. Spot tersebut merupakan spot favorit pengunjung yang sangat menyukai tantangan. Apalagi Free cliff jumping sedang populer dan dapat memicu adrenalin. Tetapi, beberapa orang masih menganggap hal tersebut sangat berbahaya dan ekstream.

5. Kompleks Makam Massal Tsunami Aceh

Wilayah Meulaboh juga merupakan salah satu daerah Aceh yang dihempas Tsunami setinggi ±21 meter pada tahun 2004 lalu. Termasuk di wilayah Pantai Ujong Karueng. Dari peristiwa yang memakan ribuan jiwa, tersedia beberapa area pemakaman massal untuk semua korban Tsunami Aceh yang meninggal dunia. Salah satu dari lokasi makam massal Tsunami terdapat di area Pantai Ujong Karueng.

Di makam massal tersebut akan melihat puluhan bahkan ratusan warga yang menjadi korban dari peristiwa yang cukup mengerikan. Dengan adanya kompleks makam massal, membuat Pantai Ujong Karueng bukan hanya sekedar menjadi destinasi wisata alam, namun juga menjadi destinasi wisata ziarah. Pengunjung pun dapat mengirimkan doa sesuai dengan kepercayaan atas semua korban yang berada di kompleks makam massal tersebut.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…