spot_img

Destinasi Wisata Murah Dan Tidak Menguras Kantong Tirta Garden Water Park

Tirta Garden Water Park menjadi destinasi wisata keluarga favorit dan memiliki figur baik pula. Terutama pada tingkat kebersihan kolam. Selain dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bersih, tempat wisata ini juga dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup murah. Tirta Garden Water Park sering kali mengadakan suatu diskon yang cukup menarik pada waktu tertentu. Hal ini membuat waterpark ini banyak diminati.

Sumber Gambar: Instagram @wbtirtagarden

Jumlah wahana yang tersedia di destinasi wisata ini ini juga tidak begitu kompleks, namun cukup nyaman dengan berbagai macam spot dan fasilitas yang ada. Konsep kolam renangnya juga cukup menarik dan unik dengan nuansa mini island. Suasana di dalam Tirta Garden Water Park juga sangat sejuk dengan terdapat puluhan pohon kelapa. Baik berada di sisi kolam dan dalam kolam. Hingga hampir setiap area waterpark juga terdapat pohon kepala.

Lokasi Tirta Garden Water Park

Tempat wisata keluarga favorit ini terletak di Jl Lintas Sumatera, Agung Dalem, Banjar Margo, Tulangbawang, Lampung. Letak dari destinasi wisata ini sangat strategis dan sangat mudah untuk dijangkau. Jadi sangat mudah dijangkau dari arah manapun. Entah dari arah Kota Metro, Bandar Lampung, hingga dari arah Palembang sekalipun. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu faktor Tirta Garden Water Park menjadi destinasi alternatif saat berada di Provinsi Lampung. Baik untuk wisatawan lokal, yaitu Lampung itu sendiri dan luar Sumatera serta wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk rute lokasi menuju ke destinasi wisata ini juga cukup mudah. Caranya dapat dengan memanfaatkan akses Google map. Cara yang kedua, hanya dengan menyelusuri Jl Lintas Sumatera yang menuju ke arah Tulang Bawang, Lampung. Untuk arahnya dapat disesuaikan.

Jam Operasional Tirta Garden Water Park

Tempat wisata keluarga favorit ini beroperasi setiap hari. Untuk tanggal merah dan hari besar Tirta Garden Water Park juga beroperasi. Sayangnya waktu operasional dari waterpark ini cukup singkat. Jadi tidak dapat menghabiskan waktu selama seharian penuh. Jam buka Tirta Garden Water Park dimulai dari pukul 08.00 WIB. Untuk jam tutup waterpark ini pada pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Tirta Garden Water Park

Tirta Garden Water Park menjadi saat ini tengah memegang sebagai status wisata waterpark paling murah yang ada di Indonesia. Hingga sampai saat ini belum ada wisata waterpark lain yang mempunyai harga tiket masuk yang lebih murah dari Tirta Garden Water Park. Besarnya harga Tiket Masuk untuk weekday (senin – kamis) sebesar 10.000 IDR per orang.

Sumber Gambar: Instagram @wbtirtagarden

Sedangkan untuk tarif tiket masuk pada weekend (jumat – sabtu) memiliki tarif yang cukup unik dan berbeda dari destinasi wisata lain. Untuk pengunjung pria akan dikenakan biaya kontribusi tiket masuk sebesar 15.000 IDR per orang. Sementara untuk pengunjung wanita hanya dikenakan tarif tiket masuk sebesar 5.000 IDR per orang.

Dengan perbedaan tarif tiket masuk antara pengunjung pria dan wanita yang sangat mencolok. Membuat destinasi wisata ini cukup menghargai wanita. Oleh karena itu destinasi wisata ini menjadi wisata waterpark favorit bagi wanita.

Spot Wisata Tirta Garden Water Park

Tirta Garden Water Park ini hanya memiliki beberapa spot wisata. Diantaranya yaitu 3 buah kolam dan area food court. Di bawah ini adalah daftar spot wisata di Tirta Garden Water Park:

1. Kolam regular

Kolam reguler ini menjadi pusat spot di waterpark ini. Dimana kolam tersedia berbagai macam wahana permainan air favorit, yaitu water slide. Tingkat kedalaman kolam ini tidak begitu dalam.

Sumber Gambar: Instagram @wbtirtagarden

Ada 3 buah jenis water slide yang terdapat di kolam ini. Pertama water slide dengan lintasan gelombang dan cukup tinggi. Jadi cukup memicu adrenalin dan menjadi satu – satunya wahana yang paling ekstream diantara wahana lain.

Water slide yang kedua yaitu water slide dengan bentuk lintasan seperti water slide yang pertama. Hanya saja water slide ini tidak begitu tinggi. Dengan kata lain tidak begitu ekstream dan sangat rekomended untuk semua orang. Sementara untuk water slide yang terakhir merupakan water slide yang paling tidak berbahaya. Lintasan dari water slide ini adalah tegak lurus dan tidak begitu tinggi.

2. Kolam olympic

Khusus untuk kolam yang satu ini merupakan kolam renang untuk para atlet. Baik digunakan dalam perlombaan maupun latihan. Kolam ini juga mempunyai kebijakan tersendiri dan bukan merupakan spot bebas dikunjungi oleh semua pengunjung.

Sumber Gambar: Instagram @wbtirtagarden

Untuk kolam ini juga menjadi kolam yang paling dalam diantara kolam lainnya. Sehingga harus memakai ban / pelampung saat berada di dalam kolam olympic ini. Saat diadakan suatu perlombaan renang, kolam olympic ini tidak dibuka untuk umum. Pengunjung pun hanya diperbolehkan untuk menyaksikan jalannya pertandingan.

Namun saat tidak ada suatu perlombaan renang apapun. Kolam tertutup seutuhnya. Hanya orang – orang tertentu dan pihak yang terlibat dalam perlombaan yang diperbolehkan untuk berada di area kolam olympic tersebut. Sementara pengunjung lain, diperbolehkan masuk pada saat pertandingan berlangsung dan tidak mengganggu jalannya pertandingan renang.

3. Kids pool

Kids pool juga merupakan area khusus bagi anak – anak. Sementara orang dewasa sebaiknya tidak berada di area ini. Kecuali sebagai pendamping bagi yang membawa anak – anak. Kolam kids pool ini menjadi satu area dengan kolam renang reguler. Keadaan kolam renang ini sangat dangkal dan tersedia berbagai macam wahana permainan yang sangat kompleks. Sehingga anak – anak dapat bermain sepuasnya.

Sumber Gambar: Instagram @wbtirtagarden

Wahana permainan yang ada di kids pool ini diantaranya yaitu mini slide. Untuk mini slide ini mempunyai karakter yang khas. Dengan water slide yang cukup lebar. Sehingga tidak terkesan terlalu curam dan tinggi bagi anak – anak.

Wahana lain yang terdapat di dalam di water splash / ember tumpah. Ada 2 ember sekaligus yang ada di kids pool ini. Lalu ada pula sebuah beberapa outbond yang cukup menarik bagi anak – anak.

4. Food court

Area ini menjadi area istimewa dan favorit bagi setiap pengunjung. Karena harga per porsi sangat murah dan terjangkau. Jadi walaupun tidak membawa bekal dari rumah, tidak akan menguras kantong.

Jenis olahan yang terdapat area food court juga sangat kompleks. Mulai dari olahan lokal yang menjadi makanan khas Lampung hingga olahan dari luar daerah Lampung dan dari luar negeri. Terutama untuk makanan yang sedang viral.

Kondisi dari food court juga sangat nyaman. Konsep dari food court adalah semi outdoor. Meja juga dilengkapi dengan payung dan lantai dipenuhi dengan gambar yang sangat menarik. Ada 2 buah gambar yang tergambar di lantai, yaitu aneka love shape dan gambar kotak. Dengan konsep semi outdoor, membuat pengunjung dapat menikmati makanan sambil menikmati suasana sekitar. Serta tidak akan terasa pengap meskipun kondisi waterpark sedang ramai. Hal yang lebih menarik dari kolam renang ini yaitu pernah dijangkau sebagai destinasi liburan untuk salah satu club olahraga terkenal. Rombongan tersebut yaitu Persib Bandung.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.