spot_img

Di Bali, Jangan Lupa Mampir ke Permandian Sungai Abasan

Indonesia kerap dijadikan tujuan wisata oleh turis mancanegara, tujuan khususnya di pulau Bali. Bali yang terkenal dengan pantai dan keasrian alamnya serta kental akan budayannya menjadikan daya tarik tersendiri bagi yang mendengarnya. Seperti wisata permandian sungai Abasan.

Mungkin bagi orang diluar wilayah Bali sedikit asing dengan nama tempat wisata ini. Pada artikel ini, akan memberikan beberapa informasi untuk Anda mengenai tempat wisata yang asri ini.

Tentang Permandian Sungai Abasan

Dilansir dari Bali Express, “permandian” atau bisa disebut dengan sumur atau beji ini yang merupakan sumber kesuburan. Permandian sungai Abasan, terletak di sungai Abasan yang ada di Banjar Dinas Abasan, Desa Panji Anom, di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Anda dapat memanfaatkan wisata-wisata seperti ini untuk menghilangkan penat selama beraktivitas padat ketika bekerja. Sebuah area permandian umum, masih bersifat tradisional dengan keindahan alam yang masih sangat asri dan alami.

Sumber Gambar: beritabali.com

Tempat wisata ini juga menjadi daya tarik bagi masayrakat lokal maupun masyarakat desa tetangga untuk mandi dan menikmati suasana alam bersama keluarga.

Perjalanan menuju area wisata ini juga tidak akan membuat Anda bosan. Tidak seperti di perkotaan yang di bagian kana dan kirinya gedung-gedung bertingkat dengan aroma asap kendaraan. Di permadian sungai Abasan, Anda akan disuguhi dengan perjalanan melewati persawahan dan cantik apabila diabadikan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Liburan ke Permandian Sungai Abasan

Kini sungai Abasan telah masuk ke dalam obyek wisata di Kecamatan Sukasada Buleleng. Dimana menghadirkan panorama alam serta kesegaran air yang siap memanjakan pengunjungnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak berkunjung ke permandian ini, khususnya dimusim penghujan.

1. Datang Pagi Hari

Agar mendapatkan kesegaran di wisata permandian ini sebaiknya Anda dating di pagi hari. Pada pagi hari, obyek wisata ini belum ramai dikunjungi wisatawan, sehingga Anda akan lebih leluasa untuk menikmati kesegaran alami sungai Abasan.

Ketika masih pagi, cuaca masih cerah dan air sungai juga lebih sejuk jika dibandingkan dengan siang hari. Anda akan merasakan sensasi mandi dengan air dingin untuk sekedar merileksasi badan.

2. Membawa Jas Hujan

Cuaca memang tidak bisa diprediksi, bisa saja panas bisa tiba-tiba hujan. Oleh karena itu, ketika Anda pergi ke tempat wisata disarankan untuk selalu menyediakan perlengkapan hujan, seperti peyung dan jas hujan. Untuk mendapatkan kenyamanannya, gunakan jas hujan karena aktivitas Anda akan lebih leluasa. Jangan sampai hujan merusak kegiatan liburan Anda.

3. Segera Menjauh Dari Sungai Ketika Turun Hujan

Permandian sungai Abasan merupakan tempat wisata yang menyatu dengan alam. Ketika alam sedang tidak baik-baik saja, seperti turun hujan maka Anda harus mewaspadai di area sekitar sungai.

Kondisi hujan seperti ini akan membuat sungai meluap hingga menyebabkan banjir jika hujan turun terus-menerus. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, alangkah baiknya ketika hujan turun Anda menjauh dari area sungai, baik itu di tengah maupun dibibir sungai.

4. Jika Berenang, Pastikan Ada Pengawas Sekitar

Berkunjung ke tempat permandian memang tidak lengkap jika tidak membasahkan diri ke dalamnya. Namun, kebiasaan ini harus dihilangkan ketika musim hujan. Karena kemungkinan air sungai akan bertambah volumenya dan menyapu seluruhnya.

Berkunjunglah ketika cuaca sedang cerah sehingga Anda dapat menikmati permandian dengan nyaman. Untuk menjaga keselamatan pengunjung, selalu sediakan pengawas untuk tindakan awal jika terjadi insiden tenggelam.

5. Hindari Sungai dengan Arus yang Deras

Selain menyiapkan hal-hal diatas, Anda juga harus memperhatikan area wisata yang dikunjungi. Tempat wisata air memiliki ketenangan air yang berbeda-beda, oleh karena itu Anda harus memilih bagian sungai mana yang tidak memiliki arus deras.

Sebelum berangkat menuju tempat wisata, rencanakan liburan Anda dengan baik. Menyiapkan peralatan dan kendaraan, Anda juga perlu menentukan tujuan wisata yang paling aman untuk dikunjungi.

Seperti permandian Sungai Abasan. Diatas merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika liburan ke permandian. Merileksasi diri memang penting, tapi keselamatan jauh lebih penting.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.