spot_img

Pantai Rancabuaya -Wisata Garut

Pantai Rancabuaya adalah salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Pantai ini sendiri masih alami karena dari jauh polusi kota yang begitu banyak. Hal itulah mengapa pantai ini bisa dijadikan destinasi untuk berlibur di akhir pekan.

Pada pantai ini terdapat begitu banyak batuan karang yang cukup besar dan juga tebing tebing yang tinggi disertai air terjunnya yang menghadap pantai.

Keindahan Pantai Rancabuaya di Garut

Sumber Gambar: Google Maps @Dadi Mulyana

Pantai ini berapa pada ketinggian 0 – 200 mdpl, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup kencang. Air lautnya memiliki warna yang biru dan terlihat begitu selaras dengan warna langit di suasana siang hari. Deburan ombak yang cukup kencang menjadi pusat suara di telinga.

Pantai Rancabuaya
Sumber Gambar: visitgarut

Ketika duduk bersantai di atas hamparan pasir sembari menikmati birunya lautan air bersamaan dengan pemandangan yang sangat indah apalagi ketika matahari akan terbenam disitu rasa damai akan menghampiri kita.

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Sumber Gambar: Travelspromo

Pantai ini memiliki banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola disini. Tentunya untuk kenyamanan para pengunjung yang berkunjung ke sini. Di sekitar pantai ini terdapat banyak hotel kecil dan villa yang bisa digunakan apabila ingin bersantai dan beristirahat sambil menikmati keindahan alam Pantai Rancabuaya ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Dizay Production

Para pengunjung juga bisa mendirikan tenda pada kawasan pantai dengan izin pengelola pantai tentunya. Fasilitas yang ada pada pantai ini meliputi lahan parkir untuk kendaraan dan juga toilet yang sudah memadai.

Sumber Gambar: Google Maps @obby pribadi

Disini kita juga menemukan beberapa warung makan yang bisa memanjakan perut kita ketika lapar. Menu yang dapat kita temui disini adalah makanan dari Jawa Barat khususnya dari daerah Garut. Kita bisa menikmati makanan di gazebo gazebo yang tersedia di sekitar pantai ini.

Daya Tarik Dari Pantai Rancabuaya

Sumber Gambar: Google Maps @poonk Sarkipoonk

Seperti diberitahukan di awal bahwa daya tarik pantai ini adalah sebuah air terjun langsung dari tebing. Kita juga bisa melihat beraneka ragam biota laut yang ada di pantai ini. Seperti bintang laut yang ada di beberapa kolam kolam kecil. Pantai ini juga memiliki begitu banyak bebatuan karang yang besar dan juga tebin tebing bebatuannya yang tunggi

Hamparan pasirnya terdir dari pasir kasar,pasir halus dan juga batu batu karang yang berada di sepanjang tepi pantai ini. Kemiringan bentuk laut pantai yang landai ini membuatnya ditumbuhi oleh rumput laut dan juga ganggang hijau.

Pantai ini juga didominasi oleh fauna berupa ikan tuna dan juga ikan karang. Kita juga menjumpai kepiting laut, bintang laut dan juga kerrang.

Pantai Rancabuaya
Sumber Gambar: Penjaga Laut

Nah apabila teman teman semua ingin membeli ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan juga bisa loh. Ikan ikan tersebut tentunya masih fresh dan dapat langsung dinikmati di sekitar tepi pantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Berlibur di pantai ini kita tidak disarankan untuk berenang karena Pantai Rancabuaya sendiri pantai tipe batu karang dan berombak besar. Pada saat air laut surut kita bisa melihat banyak ikan kecil yang terjebak di batu karang.

Sumber Gambar: Google Maps @FUNA

Disekitar pantai ini terdapat sebuah gua yang disebut dengan Gua Lalay atau Gua Kelelawar. Gua ini berada di daratan seperti jurang yang menjulang ke laut. Di bagian bawah karan ini dihinggapi banyak kelelawar.

Gua ini termasuk gua berbahaya karena bisa memakan korban jiwa, sehingga tidak disarankan untuk masuk kedalamnya. Apabila terjatuh kedalam gua ini, dapat dipastikan bahwa kita tidak akan bisa kembali.

Akses Lokasi Menuju Pantai

Pantai ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Dari pusat Kota Garut jaraknya kurang lebih 135 kilometer. Salah satu jalur yang bisa kita lewati adalah Pameungpeuk kemudian baru sampai di Rancabuaya. Pada hari biasa ketika kita berkunjung kesini, kita tidak dipungut biaya alias gratis, dan ketika hari libur dipungut biaya sebesar Rp 5000 per orang

Nah itulah informasi mengenai pantai ini, semoga bermanfaat ya!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.