spot_img

Liburan ke Pantai Cemara, Salah Satu Pantai Cantik di Jambi

Jambi terkenal sebagai salah satu Provinsi di Sumatera yang memiliki kekayaan berupa tempat tempat yang memukau. Tempat wisata yang ada di Jambi sangat beragam mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata bahari hingga wisata alam yang melimpah. Salah satu tempat wisata bahari yang memiliki keunikan tersendiri adalah Pantai Cemara Sadu.

Pantai Cemara

Secara administratif, Pantai Cemara terletak di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Nama lain pantai ini adalah Pantai Cemara Sadu. Pantai ini berdampingan dengan Taman Nasional Berbak yang merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara.

Salah satu keunikan dari Pantai Cemara Sadu adalah tempat bermigrasi bagi berbagai jenis burung yang berasal dari seluruh dunia. Fenomena alam yang tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bisa berkunjung ke Pantai Cemara Sadu. Terdapat banyak jenis burung yang bisa dilihat oleh wisatawan. Burung burung itu terbang bermil mil jauhnya dari tempat asal mereka untuk mencari suhu yang pas untuk berkembang biak. Seringkali banyak para burung yang melahirkan anak anaknya di tempat migrasi tersebut. Menurut informasi yang tersebar, gerombolan hewan tersebut berasal dari negara negara bagian utara seperti Rusia dan juga China. Namun para wisatawan yang ingin menyaksikan burung bermigrasi harus memperhatikan berapa hal karena fenomena ini tidak datang setiap saat. Burung burung tersebut bermigrasi ketika negara asalnya sedang dalam musim dingin. Biasanya musim dingin terjadi pada akhir tahun sampai pertengahan tahun yakin sekitar bulan Desember sampai bulan Mei.

Sumber Gambar: pesonaindonesia.kompas.com

Pantai Cemara Sadu memiliki tempat yang asri dan alami. Kondisi tersebut disebabkan karena otoritas setempat belum bisa melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kawasan Pantai Cemara Cadu. Hal itu terjadi agar daerah Pantai Cemara Sadu tetap menjadi daerah yang dipakai oleh burung burung dari belahan dunia yang bermigrasi tadi. Pemerintah setempat khawatir jika dilakukan pembangunan baik skala kecil ataupun besar dapat menganggu fenomena migrasi burung burung tersebut. Jika burung burung sudah tidak tertarik untuk menggunakan wilayah Pantai Cemara Sadu tentu dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar mengingat kawasan Pantai Cemara Sadu menjadi populer salah satunya karena fenomena ini.

Sumber Gambar: metrojambi.com

Di sisi lain, Pantai Cemara Sadu yang masih alami justru menambah nilai keasriannya. Pasir yang masih murni dan bersih dari sampah menambah nilai keindahan dari pantai tersebut. Hamparan pasir yang cukup luas yaitu sekitar 500 hektar juga membuat para wisatawan yang datang bisa bermain cukup leluasa. Pasir di Pantai Cemara Sadu berwarna coklat pekat dan kadang terlihat hitam.

Sumber Gambar: andalastourism.com

Di sekitaran Pantai Cemara Sadu juga banyak ditumbuhi vegetasi alam seperti pohon cemara yang membuat sejuk suasana. Dengan kondisi alam tersebut membuat para wisatawan terpikat dan menjadi solusi yang pas jika datang ke Pantai Cemara Sadu untuk bisa menjernihkan pikiran mereka. Apalagi Pantai Cemara Sadu ini termasuk kategori pantai yang masih sepi dari pengunjung sehingga suasana sepi dan tenang dapat membantu pengunjung untuk rileks.

Aktivitas Seru di Pantai Cemara

Sumber Gambar: pesisir.net

Meskipun Pantai Cemara Sadu belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti pantai pantai lainnya karena tempat ini dijaga keasriannya, namun para wisatawan tetap bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik untuk dicoba seperti berfoto ria bersama burung burung. Para wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang pantai yang indah ditambah dengan burung burung yang sangat banyak. Selain itu karena tempat wisata ini seringkali dikunjungi oleh turis, banyak juga para wistawan lokal yang tidak segan untuk minta berfoto bersama turis turis dari berbagai mancanegara.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Cemara Sadu yaitu berkemah. Suasana pantai yang masih asri dan tenang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendirikan tenda dan menginap disana. Para pengunjung bisa berkemah bersama kerabat sambil membuat api unggun. Tentunya momen tersebut bisa dijadikan ajang untuk mempererat kekeluargaan. Pantai Cemara Sadu merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki keunikan dengan fenomenanya. Sudah sepatutnya masyarakat dan pemerintah menjaga fenomena tersebut agar tetap ada dan lestari.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.