OUR NETWORK

Eksotisme Keindahan Pantai Dhoi Aceh Jaya

Sumber: ajnn.net

Pantai Dhoi termasuk salah satu dari 9 objek wisata alam di Kabupaten Aceh Jaya. Objek wisata yang satu ini adalah unggulan masyarakat disana. Nah, jika anda sedang berada di Aceh maka tidak ada salahnya untuk menjajal Pantai Dhoi.

Supaya makin tahu apa saja yang menarik di Pantai ini, yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan selengkapnya.

Sejarah Pantai Dhoi

Potensi wisata bahari Kuala Dhoi pertama kali dikenalkan oleh seorang warga asli Jerman bernama Dieter atau David.  Dia adalah seorang traveller yang hobi keliling dunia dan telah lama meninggalkan Jerman serta sempat singgah dibeberapa negara seperti Australia, Amerika dan Afrika.

Sumber: ajnn.net

Pria Jerman ini pun juga sempat mengelilingi Indonesia di beberapa daerah seperti Lombok, Flores dan Bali. Pria yang kemudian akrab disapa Daud oleh warga setempat tersebut, akhirnya pada tahun 1989 memutuskan untuk menetap saja di Aceh karena pesona keindahan alam Aceh terlalu menyihirnya supaya tidak beranjak pulang.

Satu tahun setelahnya, Daud menikah dengan warga setempat dan mendirikan rumah di sebuah pantai. Daud pun akhirnya membuat banyak wisatawan Eropa berdatangan ke Pantai Dhoi, bahkan kerap menjadi lokasi rutin untuk liburan kala musim panas telah tiba.

Pada puncak popularitasnya kawasan ini pun akrab dikenal dengan sebutan Camp Eropa. Alasannya tidak lain karena setiap tahun selalu banyak sekali warga Eropa yang berwisata ke Pantai Dhoi. Sejak saat itu, wisatawan lokal pun mulai banyak yang berdatangan ke pantai ini. Oh, ya, sampai sekarang juga masih ada warga Jerman, loh, yang tinggal disekitar pantai . Salah satunya yaitu Herman Hoepftner

Pantai Dhoi pun acap kali dijadikan wahana surving, dan menjadi favorit para penyu untuk bertelur. Puncak keramaian di Pantai Dhoi biasanya terjadi pada hari sabtu dan minggu atau hari libur besar nasional.

Keindahan Pantai Kuala Dhoi

Sumber: Printest

Pantai Kuala Dhoi terletak di desa dengan nama yang sama yaitu Desa Dhoi, tepatnya di Kecamatan Setia Bakti. Kawasan ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Jaraknya sekitar 12 KM dari Kota Calang dan hanya 3 KM jika berangkat dari Lageun yang merupakan Ibukota Distrik

Pantai Dhoi adalah wisata atraksi. Dengan pemandangan yang super indah nan eksotik seolah mengatakan bahwa pantai yang sempat menjadi korban dahyatnya tsunami Aceh tahun 2004 lalu ini, tetaplah mempesona tak lekang oleh waktu, bahkan tampak semakin memukau.

Garis Pantai Dhoi pun terbilang cukup unik sebab mempunyai struktur yang landai. Anda bisa berjalan mengitari pantai sembari merasakan hembusan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan.

Sumber: Printest

Apabila anda memandang ke area sekitarnya maka akan menjumpai deretan pohon kelapa yang bisa dijadikan tempat untuk berteduh, menikmati makan siang dan memandang laut cantik yang datar milik Pantai Dhoi.

Sumber: Instagram @acehjayatouristdestinations

Oh, ya, kelapa dari pohon di Pantai Dhoi juga bisa dinikmati secara gratis, loh. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk meminum air kelapa segar langsung dari buahnya, sambil menikmati ikan bakar baik dari bekal atau pun hasil memancing sendiri di pantai ini

Sumber: Printest

Jika anda tidak mau repot, jangan khawatir karena banyak café yang tidak jauh dari pantai yang menyajikan aneka hidangan seafood. Biasanya para wisatawan menyantap gulai kepala kakap hitam di café itu. Rasanya sangat lezat. Wajib, coba, deh!

Sunset di Pantai Dhoi pun tidak kalah memikat. Moment ini banyak diburu oleh wisatawan penggila suasana senja. Biasanya mereka langsung mengambil spot supaya bisa berfoto dengan rlatar matahari terbenam.

Pengelola Pantai Dhoi menerapkan tarif sebesar 3000 rupiah saja untuk wisatawan yang ingin masuk ke pantai ini. Wah, terbilang cukup murah, ya. Sayangnya harga yang dikenakan ternyata memang berbanding lurus dengan fasilitas yang akan diperoleh.

Sumber: ajnn.net

Yup, fasilitas di Pantai Kuala Dhoi terbilang belum mumpuni. Bahkan wisatawan yang ingin buang air kecil atau ganti baju baik sebelum atau sesudah berenang harus mencari toilet di lokasi lain. Di samping itu tidak ada juga fasilitas tempat beribadah bagi wisatawan yang beragama islam. Jadi, wisatawan harus pergi ke masjid terdekat yang ada di sekitar pantai.

Namun, bagi para wisatawan kekurangan ini tidak menjadi masalah, karena keseruan dan panorama Pantai Dhoi yang memikat sudah mampu menggantikannya.

Nah, itulah informasi mengenai keindahan dan kilas balik kisah si Pantai Cantik bernama Dhoi. Jika anda hobi berwisata atau sedang merencanakan liburan ke Aceh, pantai ini wajib sekali masuk, list. Dijamin, deh, tidak akan menyesal kalau membuat quality time bersama keluarga atau sahabat di pantai ini.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…