in

Fakta Menarik Tempat Wisata Bendungan Way Rarem

Sumber Gambar: Instagram @parulianspurba

Bendungan Way Rarem tengah menjadi sebuah tempat menari selama puluhan tahun. Bahkan hingga kini keberadaan dari bendungan menjadi lebih populer dan semakin banyak yang tahu serta mengincar bendungan tersebut sebagai destinasi wisata.

Sementara itu untuk destinasi wisata ini juga merupakan salah satu pusat kehidupan selama puluhan tahun. Jadi bendungan ini mempunyai arti yang sangat penting bagi semua orang, khususnya bagi penduduk setempat yang tinggal di area Bendungan Way Rarem ini. Ada berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh semua orang saat berada di bendungan tersebut. Sehingga fungsi dari bendungan sangat kompleks.

Sumber Gambar: Instagram @methaaaaaaaaaaaa

Sayangnya dibalik dari keberadaan bendungan yang tengah menjadi pusat kehidupan, tersimpan beberapa issue yang tidak mengepakkan. Tetapi semua issue yang beredar mengenai Bendungan Way Rarem, sama sekali tidak berpengaruh terhadap pesona dari bendungan yang menjadi tempat favorit setiap orang. Semua issue yang beredar tengah menjadi mitos, ada pula beberapa issue yang memang nyata dan benar terjadi.

Terlepas dari kepopuleran tentang Bendungan Way Rarem, tersirat berbagai macam issue tentang destinasi wisata ini. Berikut ini beberapa fakta yang beredar tentang Bendungan Way Rarem:

1. Termasuk ke dalam destinasi wisata yang kurang aman

Bendungan merupakan salah satu bangunan milik pemerintah dan dikelola sepenuhnya oleh pemerintah. Selain itu bangunan milik pemerintah ini juga menjadi tempat umum dan semua orang memiliki kebebasan penuh untuk mengunjungi bendungan yang kini tengah dijadikan sebagai tempat wisata.

Sayangnya pemerintah seakan tidak memperdulikan tentang tingkat keamanan dari bendungan tersebut. Hal itu terbukti sangat jelas dengan adanya issue yang kurang mengenakan tentang Bendungan Way Rarem ini.

Sumber Gambar: Instagram @yosefstwn_

Issue tersebut tentang keberadaan beberapa geng preman yang meresahkan setiap orang. Serta telah banyak korban kriminalitas yang telah dilakukan oleh geng preman tersebut. Ada beberapa orang yang terkena palak hingga motornya dirampas.

Untuk issue ini mungkin terlihat sangat nyata dan banyak orang yang mengetahui tentang issue ini. Issue ini pula yang membuat beberapa orang merasa sangat was – was saat mengunjungi Bendungan Way Rarem.

Tetapi dari banyaknya kabar yang telah beredar akan geng preman, banyak pula pengunjung yang tidak menjumpai keberadaan preman satu pun diwilayah tersebut. Oleh karena itu beberapa orang menganggap fakta ini sebagai issue belaka.

2. Bendungan terbesar di Lampung

Bendungan Way Rarem menjadi satu – satunya bendungan yang paling luas dan paling besar di Lampung. Bahkan menjadi ke dalam daftar bendungan besar yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, bangunan dari bendungan terlihat sangat megah dan kokoh serta mempesona.

Sumber Gambar: Instagram @yosefstwn_

Dengan luasnya bangunan bendungan membuat pesona dari bendungan seperti landscape sebuah lautan. Selain landscape seperti lautan, Bendungan Way Rarem juga mempunyai view bak danau. Hal tersebut menjadi keistimewaan dari bendungan yang mungkin tidak akan dijumpai di bendungan lain.

Luas dari bendungan ini sebesar 49,2 ha. Tinggi bendungan sebesar 59 meter. Detail ukuran bangunan dari bendungan, menjadi bukti yang cukup real akan kemegahan dari bendungan. Bahkan tinggi dari bendungan hampir setara dengan gedung sering 13 lantai.

Sumber Gambar: Instagram @alamlampung_

Detak dari bendungan yang sangat luas, sudah banyak dipastikan bahwa Bendungan Way Rarem mampu menampung air dengan debit yang besar. Air yang berada di bendungan ini mampu mengaliri lahan dengan luas ±22.000 ha.

Sumber Gambar: kelilinglampung.net

Kondisi air dalam bendungan yang melimpah, tentu saja dapat meminimalisir kekeringan. Ada 4 buah wilayah yang menjadi area irigasi dari Bendungan Way Rarem. Wilayah tersebut meliputi Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, Abung Timur dan Kotabumi. Selain itu beberapa wilayah yang dekat dengan area irigasi dari Bendungan Way Rarem juga teraliri air, walaupun dengan debit air yang tidak melimpah.

3. Termasuk ke dalam bendungan angker dan mempunyai aura mistik cukup kuat

Fakta ini menjadi salah satu fakta yang cukup mencengangkan tentang Bendungan Way Rarem ini. Entah itu mitos / nyata, namun aktivitas spiritual masih dilakukan oleh beberapa orang. Terbukti dengan adanya praktik dukun dan orang – orang yang menggunakan jasa dukun. Maka dari itu hal ini juga dianggap sangat nyata bagi beberapa orang.

Ada beberapa issue yang berhubungan dengan dunia mistik tentang Bendungan Way Rarem ini. Issue pertama merupakan issue tentang pembangunan dari Bendungan Way Rarem. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa pembangunan dari bendungan disertai dengan pemberian tumbal kepada sang penguasa ghaib.

Sumber Gambar: Instagram @fira.annisa

Lalu beberapa mayat manusia juga sering ditemukan di bendungan tersebut. Sebagian besar orang beranggapan bahwa mayat yang meninggal di bendungan merupakan bentuk dari tumbal. Bahkan beberapa mayat juga seperti telah dimakan. Lalu beberapa orang yang mati di bendungan tersebut, seperti tenggelam. Lalu jasatnya seolah menghilang dan sama sekali tidak dapat ditemukan.

Dari banyaknya orang yang meninggal di Bendungan Way Rarem, membuat issue ini terkesan sangat nyata. Semua orang yang meninggal di bendungan tersebut, dipercaya menjadi penguhi bangunan tersebut.

4. Tempat memancing favorit semua orang

Bendungan Way Rarem selain dijadikan sebagai tempat irigasi, juga dijadikan sebagai tempat budidaya ikan air tawar. Ada beberapa spesies ikan yang dapat ditemukan di bendungan tersebut. Diantaranya yaitu ikan nila, ikan mas, ikan sumatera dan lain sebagainya.

Dengan keberadaan ikan, membuat Bendungan Way Rarem menjadi pusat pemancingan. Setiap hari pasti ada beberapa orang yang memancing di bendungan ini. Memancing juga menjadi aktivitas yang paling utama bagi setiap pengunjung.

Dengan banyaknya ikan air tawar yang berkembang biak, membuat Bandungan Way Rarem menjadi pusat penangkaran ikan. Sehingga dijadikan sebagai ladang bisnis / mencari penghasilan. Bahkan ada komunitas khusus dalam budidaya ikan air tawar. Komunitas tersebut seperti komunitas jaring apung / keramba apung.

5. Dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik

Bendungan Way Rarem juga difungsikan sebagai destinasi wisata. Ada berbagai macam spot menarik yang tersedia di bendungan ini. Hingga membuat Bendungan Way Rarem menjadi tempat wisata yang kompleks dengan fasilitas yang memadai. Keberadaan dari spot tersebut juga menjadi salah satu faktor yang membuat destinasi wisata bendungan ini cukup diminati.

Spot utama dari Bendungan Way Rarem yaitu spot foto. Spot ini merupakan pesona utama dari bendungan yang dikelilingi dengan pegunungan dan luasnya bendungan nampak sangat megah. Hal tersebut membuat bendungan Way Rarem menjadi landscape alam yang sangat instagramable. Terlebih lagi dengan adanya sebuah tugu yang menjadi ikon bendungan.

Spot lain yang terdapat di Bendungan Way Rarem yaitu wahana air. Wahana air yang tersedia alat transportasi air yang dapat digunakan untuk mengelilingi bendungan. Dengan begitu dapat merasakan secara langsung luasnya Bendungan Way Rarem.

Jumlah jenis alat transportasi air juga sangat menarik. Sehingga dapat dipastikan bahwa tempat wisata ini dikelola dengan sangat baik. Jenis transportasi air tersebut meliputi perahu bebek, perahu konvensional hingga sepeda air.