in

Kubu Perahu – Lampung Barat Tawarkan Jungle Tracking dan Wisata Back to Nature

Sumber gambar: old.sumber.com

Jika kita berbincang mengenai tempat wisata keren di Lampung Barat, kebanyakan pasti lebih akrab dengan beberapa pantai yang terkenal akan ombaknya yang setara dengan ombak Hawai, yaitu Pantai Teluk Kilauan atau Pantai Tanjung Setia. Namun, tahukah anda Lampung Barat masih memiliki destinasi wisata lainnya yang recommended dan pastinya menarik untuk dikunjungi. Satu diantaranya adalah Kubu Perahu.

Di Kubu Perahu anda akan disuguhi pemandangan indah bernuansa alam. Cocok banget bagi anda yang ingin refreshing untuk melepas penat. Pemandangan di tempat ini sangatlah memanjakan mata. Anda juga tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu banyak untuk pemandangan VIP super menawan yang diciptakan oleh Tuhan ini, cukup membayar 1500 ribu rupiah saja per orang, sementara untuk wisatawan mancanegara yaitu 15 ribu rupiah.

Supaya lebih yakin lagi kalau anda harus ke sini, yuk mengenal lebih dekat destinasi wisata Kubu Perahu.

Menawarkan Berwisata Alam sambil Bertualang

Sumber Gambar: Instagram @endangguntorocanggu

Kubu Perahu adalah perbukitan yang sekelilingnya dipadati oleh sungai dan hutan serta pohon-pohon raksasa. Pohon-pohon tersebut usianya sudah ratusan tahun, loh, dan merupakan jenis pohon yang dilindungi oleh pemerintah, seperti pohon kuning, pohon rengas, juga pohon meranti.

Kubu Perahu juga menawarkan wisata junggle tracking. Anda tahu jungle tracking? Jungle tracking adalah salah satu kegiatan di alam bebas yang berkaitan erat dengan ekowisata dan kental dengan unsur petualangan.

Sumber Gambar: Instagram @travelpiknik_liwa

Selama ini banyak orang berpendapat bahwa penjelajahan hutan memiliki risiko tinggi, dimana orang yang melakukannya bisa saja tersesat bahkan tergelincir dan jatuh. Pendapat tersebut tentu saja tidak sepenuhnya benar, sebab risiko bisa terjadi di mana saja tidak hanya saat penjelajahan hutan, oleh karena itu diperlukan kehati-hatian yang ekstra.

Demi menangkal pendapat sumbang tersebut, di Kubu Perahu sudah disediakan papan interpretasi lengkap dengan petunjuk arah, juga jalan trail yang sangat jelas. Hal ini dimaksudkan supaya moment tersesat yang mungkin saja terjadi menjadi sangat kecil. Kegiatan jungle tracking pun akan didamping oleh pemandu yang sudah berpegalaman sehingga jauh lebih safety lagi.

Sumber Gambar: Instagram @sakawanabakti_tnbbs

Selama bertualang tersebut berbagai satwa liar siap menemani anda. Anda akan menemukan beragam jenis burung langka seperti burung elak, rangkong badak, kuau kerdil, giant pitta dan burung tokhtor sunda dimana jenis burung ini sudah tidak pernah terlihat lagi atau tidak banyak populasinya.

Bahkan nih, wawau dan siamang juga tak jarang bergelayutan dari pohon ke pohon bersama satwa lainnya seperti rusa sambar, gajah sumatera, monyet ekor panjang, beruk dan masih banyak lagi. Mereka akan menambah keseruan dalam petualangan anda dan menjadikannya pemandangan unik tersendiri.

Sebagai hadiah dari petualangan menyenangkan anda adalah, di Kubu Perahu ini terdapat tiga air terjun cantik yang sangat tersohor yaitu Air Terjun Way Asah yang ketinggiannya 70 meter, Air Terjun Sepapahan kiri ketingiannya 20 meter dan Air Terjun Sepapahan Kanan yang ketinggiannya 60 meter dengan dua tingkatan. Beningnya ketiga air terjun tersebut sangatlah menggoda untuk mandi atau ber-selfie ria di  bawahnya.

Sumber Gambar: Instagram @rahmad_jaya1

Nah, untuk mendukung kunjungan wisatawan, pengelola di sana juga menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat istirahat yang dilengkapi MCK bahkan pusat bumi perkemahan, jadi setelah lelah bertualang anda juga dapat bermalam sambil menggelar tenda di area ini

Sumber Gambar: Instagram @pariwisata_lampungbarat

Oh, ya, bagi anda yang ingin menginap disana juga telah disediakan homestay. Tarif per malamnya sendiri bervariasi, namun jangan khawatir tetap ramah di dompet kok. Beberapa pengelola homestay juga sering menyajikan nasi liwet lengkap dengan lalapan yang dipadukan dengan sambal sruit untuk menjamu para wisatawan. Anda masyarakat Jawa Barat pasti tidak asing dengan tradisi ini. Yup, tradisi ini memang di bawa oleh warga sunda yang bermukim di Kubu Perahu.

Sebelum pulang dari Kubu Perahu anda jga dapat membeli cinderamata spesial dari sana. Cinderamata tersebut asli dibuat oleh masyarakat Kubu Perahu, loh.

Melihat Aktivitas Unik

Sumber Gambar: Instagram @novlizmarjikun

Di Kubu Perahu anda akan melihat aktivitas yang unik yaitu memecah batu. Aktivitas ini sering dilakukan khususnya oleh kaum perempuan. Memecah batu sudah menjadi tradisi disana dan menjadi sumber penghidupan mereka hingga sekarang. Aktivitas menanam padi hanyalah sebagai sampingan dan tambahan penghasilan saja

Selain itu, di Kubu Perahu juga ada kegiatan memancing di kolam buatan. Kegiatan ini dilakukan di puncak bukit yang berhadapan langsung dengan pegunungan Bukit Barisan Selatan.

Rute Perjalanan

sumber: Instagram @opan_so

Kubu Perahu berada di antara Kota Liwa dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Lebih tepatnya lagi di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung barat. Jika dari Kota Liwa jaraknya hanya 10 menit saja,  Aksesnya juga sangat mudah, karena jalanan yang dilalui pun cukup landai walaupun termasuk jenis tanah peka.

Jika berangkat dari Kota Bandar Lampung ada rute yang bisa diambil yaitu melalui Lintas Tengah dengan melewati Bandara Radin Inten II, kemudian Kotabumi, juga Bukit Kemuning. Barulah setelah anda berada di Kota liwa, lokasi Kubu Perahu sudah tidak jauh lagi.

Rute kedua adalah dengan melalui Pesisir Barat Lampung, kemudian melewati beberapa daerah yaitu Pringsewu, Talang Padang, Gisting Kota Agung, Bengkunat, Krui, setelah itu menuju Kota Liwa untuk menuju ke Kubu Perahu. Jangan khawatir terkait masalah transportasi, karena ada banyak sekali angkutan umum seperti bus dan travel yang siap mengantar anda ke Kubu Perahu.

Demikianlah ulasan menarik tentang Kubu Perahu. Jika anda ingin melepas penat dan ingin merasakan wisata yang memberikan kesan back to nature, ke Kubu Perahu ini adalah pilihan yang tepat.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan menarik berikutnya.

Salam.