in

Gak Cuma Wisata Pantai! Ada Danau Tana Bara Di Aceh

Danau Tana Bara
Sumber Gambar: tempatwisataunik.com

Berwisata ke danau mungkin memang terdengar belum terlalu populer. Hal itu dikarenakan jumlah danau tak sebanyak pantai. Seperti halnya danau Toba di pulau Sumatera, di Aceh juga ada satu yang tak kalah indah. Danau Tana Bara masyarakat memberinya nama. Apa sih yang menarik dari danau tersebut? Yuk cari tahu.

Pesona Keindahan Danau Tana Bara

Satu dari sekian alasan mengapa kamu harus mampir ke danau Tana Bara adalah karena keindahannya. Memang belum setenar danau Toba,tetapi soal panorama tak kalah saing. Saat berkunjung di pagi hari kamu akan menemui kumpulan kabut yang menyelimuti permukaan danau. Sejauh mata memandang kamu bisa melihat hijaunya pepohonan serta tingginya gunung dikejauhan.

Danau ini masih tergolong alami karena memang belum banyak yang tahu. Justru inilah yang membuatmu serasa berlibur di danau pribadi. Danau yang luas dan bersih di manfaatkan warga untuk mendirikan kerambah ikan. Inilah yang membuat perekonomian masyarakat sekitar bisa terus berputar.

Lokasi Danau

Letak objek wisata ini berada di Desa Tana Bara Kecamatan Gunung Meriah. Dari ibu kota Aceh Singkil menuju danau ini kurang lebih jaraknya 70 kilometer. Tetapi jika kamu berangkat dari Kecamata Gunung Meriah, hanya perlu menempuh jarak 15 kilometer saja. Akses jalan yang lumayan mudah membuatmu bebas mau naik motor atau mobil menuju kesana.

Fasilitas Yang Tersedia

Seperti halnya termpat wisata yang belum terlalu dikenal lainnya di sini fasiliitas juga belum memadai. Tempat ibadah seperti mushola dan gazebo untuk berteduh tak akan kamu jumpai di sana. Tetapi untuk tempat parkir kendaraan yang kamu bawa sudah cukup baik. Hanya saja perlu penataan yang lebih agar terlihat makin teratur.

Hal Menarik Yang Bisa Kamu Lakukan

Tak hanya sekedar melihat indahnya danau inilah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana:

  1. Belajar Budi Daya Ikan

Banyaknya warga yang membuat keramba di danau membuka kesempatan bagimu untuk belajar. Kamu bisa mempelajari cara budidaya ikan air tawar jenis tertentu. Nantinya ilmu yang telah kamu dapat bisa di coba di rumah masing-masing dengam membuat kolam.

  1. Memancing

Untuk kamu yang hobi memancing di danau Tana Bara juga tersedia kolam pancing. Isinya kurang lebih sama seperti ikan air tawar yang di budi dayakan warga. Selain kamu bisa mengusir penat, dengan memancing juga bisa melatih kesabaran.

  1. Mengabadikan Momen

Berlibur tanpa mengambil foto rasanya pasti akan sangat hambar. Maka dari itu ketika kamu berkesempatan datang ke danau cantik di Aceh ini berfoto adalah hal yang wajib. Birunya air danau dan awan yang cerah dijamin akan membuat fotomu lebih cantik. Pastikan kamera atau handphone kamu dalam keadaan prima baik memori ataupun baterainya.

Tips Ketika Berkunjung

  • Bawa perbekalan yang cukup karena kamu tidak akan menemukan toko atau warung di sana.
  • Jaga diri dengan baik, jangan pernah mengabaikan peraturan atau himbauan yang ada.
  • Jika dirasa perlu bawa serta obat-obatan atau minyak angin agar saat sakit tidak kerepotan.

Sekian dulu artikel menarik mengenai salah satu objek wiata danau di Aceh Singkil ini. Meskipun belum seterkenal danau lain, jika kamu kesana tidak akan ada ruginya. Pemandangan indah akan membuatmu merasa suatu saat haru berkunjung kembali. Semoga bermanfaat dan membuatmu lebih ingin berkunjung kesana.