in

Jernihnya Air Laut Di Pantai Lanaga Aceh

pantai Lanaga
Sumber Gambar: ceritanesia.com

Berencana ingin pergi liburan? Menikmati suasana pantai bisa menjadi pilhan menarik. Destinasi yang mulai santer dibicarakan adalah pantai Lanaga, Aceh. Pantai ini terletak di Desa Peunaga, Aceh Barat. Pantai ini sangat indah dengan pasir kecoklatan dan air laut yang jernih.

Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Destinasi ini resmi menjadi obyek wisata sejak 1996. Meski sempat diterjang berbagai masalah seperti tsunami dan permasalahan sampah namun Lanaga tetapap eksis hingga saat ini.

Menelisik Sejarah Pantai Lanaga

Pantai asal Aceh ini memiliki cerita sejarah yang cukup unik. Termasuk nama Lanaga yang tergolong tidak biasa. Berdasar mitos dari masyarakat setempat. Nama Lanaga ini berasal dari seekor naga. Jadi konon katanya, sekitar tahun 1978. Ada sebuah naga besar yang muncul di balik muara yang menghubungkan antara pantai dan Krueng Meurebo.

Dari sinilah nama Lanaga itu berasal. Meski kebenarannya belum dipastikan, namun dari kata naga yang kemudian di sambung menjadi Lanaga. Hingga pada akhirnya, pemerintah setempat meresmikan tempat ini menjadi daerah wisata Pantai Lanaga.

Ragam Pesona Pantai

Meski sedikit berbeda dengan suasana sebelum tsunami, namun pantai ini masih menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Ada beragam kegiatan dan pesona yang bisa dinkmati. Kali ini akan coba dirangkum beberapa aktivitas menarik di pantai ini:

  • Lomba Perahu

Terdapat momen unik yang mungkin tidak akan kamu temui di pantai lain. Jika beruntung, kamu akan menIkmati festival perahu yang kerap diadakan disana. Kamu juga bisa berpatisipasi dengan ikut lomba dan mendayung sebuah perahu. Sungguh kegiatan yang sangat sulit dilupakan.

  • Permainan Pasir

Tidak jauh berbeda dengan daerah pantai lainnya, Di Lanaga ini kamu juga bisa menkmati lembutnya pasir dan jernihnya air laut. Kebanyakan pengunjung akan bermain pasir sembari bermain ombak kecil di tepian pantai. Pasit disini berwarna sedikit kecoklatan. Meski begitu, pasirnya bersih dan lembut.

  • Mengabadikan Foto Di Spot Terbaik

Jangan pernah ketinggalan untuk mengabadikan berbagai foto indah di pantai ini. Ada banyak spot foto yang bisa kamu jelajahi. Tidak sedikit pula sudut yang bisa kamu eksplore. Mulai dari pemandangan pantai hingga keindahan bawah laut. Sebarkan foto terbaik agar orang lain juga mengetahui keindahan tempat asal Aceh ini.

  • Permainan Jet Sky

Menikmati keindahan Lanaga akan lebih menarik dengan bermain Jet Sky. Kamu bisa mencoba menantang adrenaline dengan mencoba permainan ini. Ketegangan yang dihasilkan dapat membuat siapapun merasa kecanduan.

  • Menikmati Tradisi Rabu Aceh

Ada sebuah acara trdisi unik yang biasanya digelar oleh masyarakat sekitar. Umunya acara ini dilakukan menjelang datangnya bulan Maulid. Tradisi yang turun temurun ini cukup unik dan dipercaya mampu menolak bala. Tradisi Rabu Aceh namanya.

Tradisi ini dilakukan dengan di tepian pantai. Selain itu, acara tradisi ini juga sebagai bentuk tauladan bagi semua pengunjung. Agar tetap berpedoman pada norma, etika dan syariat agama yang ada. Kegiatan ini bisanya diisi dengan aktivitas positif dan menjadi harapan bagi setiap masyarakatnya.

Menikmati daerah wisata negeri sendiri juga sebagai bentuk memajukan ekonomi Negara. Ada banyak tempat menarik yang tidak harus mahal. Terlebih jika kamu berlibur bersama keluarga besar. Pengeluaran untuk liburan akan lebih terjangkau. Wisata Pantai Lanaga ini hanya sebagian kecil dari ratusan hingga ribuan daerah wisata di Indonesia.