in

Sangat Mengesankan, Pantai Kuala Beukah Memang Tak Kalah Cantik!

Pantai Kuala Beukah
Sumber Gambar: wisataterbaru.net

Sebagai negara kepulauan Indonesia memang memiliki banyak pantai. Hampir di setiap daerah punya pantai dengan ciri khasnya tersendiri. Ada yang sudah terkenal seperti di Lombok atau Jogja. Ada pula yang masih belum terlalu dikenal seperti Pantai Kuala Beukah di Aceh. Lalu apa yang menarik yuk cari tahu.

Pesona Pantai Kuala Beukah

Bagi masyarakat Aceh timur melepas kepenatan ke Pantai Kuala Beukah pasti sudah biasa. Tetapi akan sangat di sayangkan jika keindahan itu hanya di nikmati warga lokal saja. Padahal pesona keindahannya tak kalah dengan pantai di Bali atau Lombok. Pasirnya putih, airnya jernih pemandangannya juga sangat cantik.

Garis pantainya cukup panjang pantainya juga luas tidak akan membuat bosan meski di sini seharian. Lebih jauh memandang akan terlihat gunung tinggi menjulang dan awan yang membiru. Hembusan angin dan deburan ombak juga terasa sopan jauh dari kata frontal.

Lokasi Pantai

Pantai Kuala yang satu ini letaknya di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Jika di tempuh dari ibu kota Kabupaten Aceh Timur sampai ke pantai jaraknya sekitar 44 kilometer. Bisa di akses menggunakan sepeda motor, mobil, atau transportasi umum lainnya. Jadi, bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi bisa naik mini bus utuk menuju ke lokasi pantai.

Fasilitas Yang Tersedia

Meski kunjungan wisatawan bisa di bilang sudah banyak tapi sayangnya tidak diimbangi dengan fasilitas yang ada. Fasilitas umum di tempat ini masih minim, toilet, kamar basuh dan tempat ibadah belum memadai. Bagi pemerintah di harapkan untuk lebih memperhatikan pembangunan di daerah-daerah. Terlebih yang memiliki potensi wisata dan perekonomian.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan

Setiap kamu berkunjung ke tempat wisata baru jangan sungkan untuk bereksplorasi. Lakukan semua aktivitas menarik selagi waktu kamu masih cukup. Hal ini karena belum pasti suatu saat kamu bisa berkunjung kembali. Inilah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini.

  1. Memancing

Ombak dari selat malaka yang tidak besar sangat cocok untuk kegiatan memancing. Sembari berjalan-jalan menyusuri pantai kamu bisa mencoba menjatuhkan kail ke laut. Tak mau capek berjalan,kamu juga bisa memancing dengan menaiki speed boat.

  1. Berenang

    Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Ridha SPd

Ombak pantai yang tenang sangat pas jika kamu ingin berenang di pantai ini. Air pantai yang bersih dan jernih akan membuat kamu betah berendam. Tetapi untuk anak-anak tetap haruslah dengan pengawasan orang tua. Jangan sampai lengah, karena kita tidak pernah tau alam bisa berubah sewaktu-waktu.

  1. Hunting Foto

Kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah hunting foto. Iya kegiatan berburu gambar menarik memang menjadi hal yang tidak boleh di lewatkan ketika berwisata. Jadi pastikan kamu membawa kamera atau handphone dengan space memory yang banyak ketika berlibur.

Tips Saat Berkunjung

  • Jangan lupa bawa baju ganti jika kamu ingin berenang atau bermain air.
  • Pastikan memakai sunblock karena matahari di pantai sangat terik dan panas.
  • Bawa perbekalan yang cukup kalau perlu bawa obat juga untuk berjaga-jaga.
  • Tetap patuhi peraturan yang berlaku di pantai tersebut, jangan pernah berfikir melakukan hal yang merugikan nantinya.
  • Jangan mengotori pantai dengan sampah, jika tidak ada tong sampah simpan dahulu sampai menemukan baru di buang.

Sekian dulu artikelnya ya semoga bermanfaat. Pantai Kuala Beukah memang indah, tapi masih perlu banyak pembangunan. Fasilitas umum harus lebih di tingkatkan demi kenyamanan pengunjung. Selamat berlibur.