in

Rasakan Nikmatnya Ayam Rarang di Rumah Makan Khas Rarang Lombok

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Lombok yang merupakan sebuah kota dengan segudang wisata kulinernya tentu saja memiliki banyak tempat kuliner yang menyediakan menu tersebut. Apalagi Lombok sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk mencoba kuliner khasnya saja. Biasanya ketika mendengar kata Lombok sebagian besar orang akan mengingat sebuah kuliner khasnya bernama Ayam Taliwang. Namun ternyata ada satu lagi kuliner khas Lombok yang sama sama terbuat dari ayam, namanya adalah kuliner Ayam Rarang. Kuliner ini memang jarang terdengar untuk pengunjung baru biasanya hanya warga sekitar maupun pengunjung yang telah mencari tentang Lombok saja yang mengetahui apa itu Ayam Rarang. Rumah Makan Khas Rarang merupakan rumah makan yang saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin mencoba kuliner ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Neser Ike Cahyaningrum

Ayam Rarang merupakan salah satu kuliner terkenal yang ada di Lombok dengan cita rasa pedasnya. Memang dari luar ayam raring kelihatan sangat pedas sekali. Namun ketika mencobanya ayam raring tidak terlalu pedas seperti yang kau kira. Rahasia dari cipta rasa ini adalah dengan menggunakan sebie gero. Yaitu cabai rawit kering yang dijemur dibawah terik matahari selama berhari hari. Dengan penggunaan cabai rawit kering inilah mengapa ayam raring ini tidak begitu pedas. Apalagi saat proses pengolahannya bumbu pedas ayam raring sudah digoreng terlebih dahulu sebelum memasukkan ayamnya.

Ayam raring sendiri biasanya dimakan bersama sayur bening yang banyak akan kuah. Serta dilengkapi dengan gorengan ati atau ampela dan kedelai goreng. Kombinasi ini akan menciptakan sebuah rasa yang sangat lezat sekali.

Alamat Lengkap Rumah Makan Khas Rarang

Makanan yang berasal dari Lombok ini tentu saja memiliki rasa yang begitu lezat. Akan tetapi tanpa pengolahan yang benar maka cita rasa dari ayam raring ini akan hancur. Nah, disini ada satu rekomendasi untuk semua orang yang ingin mencoba kuliner yang satu ini. Yaitu di Rumah Makan Khas Rarang. Kenapa saya merekomendasikan tempat ini? Karena disini mereka menyajikan kuliner Ayam Rarang yang begitu lezat dengan proses pengolahan yang tidak akan menghilangkan cita rasa aslinya.

Rumah Makan Khas Rarang berlokasi di 996X+FMH, Desa Rarang, Kabupaten Lombok Timur. Sekarang kamu tinggal nyalakan handphone yang kamu miliki dan cari segera lokasi tersebut di maps kalian. Namun jika kamu takut tersesat ketika sampai di desa Rarang. Kamu bisa bertanya saja kepada para warga sekitar. Mereka pasti akan menunjukkan lokasi tepat dari Rumah Makan Khas Rarang.

Banyak dari pengunjung mengatakan bahwa mereka sangat betah untuk berlama lama makan di Rumah Makan Khas Rarang ini. Ini dikarenakan suasana yang ditawarkan di Rumah Makan Khas Rarang ini sangat nyaman. Kamu akan memakan menu kuliner enak ini sambil lesehan. Ditambah lagi mereka memiliki nilai lebih karena parkirannya yang luas untuk menampung ramainya  kendaraan para pelanggan mereka.

Rumah Makan Legendaris yang Sudah Berdiri Sejak 1968

Sumber Gambar: Google Maps @Arie Cahyadi

Rumah Makan Khas Rarang sudah sangat terkenal oleh masyarakat Lombok. Bagaimana tidak, rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan masih ramai akan pengunjung. Tentunya ini karena konsistennya mereka dalam menjalankan rumah makan ini. Konsisten mereka ini dapat dibuktikan dengan mereka yang sudah menjalankan usaha ini sampai empat generasi dan resep yang digunakan masih resep awal sejak generasi pertama. Itulah yang menyebabkan rumah makan ini memiliki cita rasa khasnya sendiri yang tidak bisa ditemukan di rumah makan lainnya.

Kuliner ayam rarang dari Rumah Makan Rarang ini terlihat jauh lebih berkuah dibanding dengan kuliner ayam taliwang. Ayam raring juga terlihat lebih pedas namun ketika kamu mencicipinya kuliner yang satu ini tidak begitu pedas seperti tampilannya. Pemilik dari rumah makan ini mengatakan bahwa yang menjadikan ayam raring ini menjadi begitu lezat adalah karena kuliner ini menggunakan bahan rempah sebie gero. Sebie gero yang merupakan cabai rawit kering ini ternyata juga bisa menjadi pengawet ayam raring itu sendiri.

Baca Juga: Pantai Sila, Surga Tersembunyi di Perbatasan Timor Leste

Kamu juga tak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan oleh Rumah Makan Khas Rarang ini. Karena untuk satu porsi ayam raring mereka hanya menghargainya sebesar 35 ribu rupiah saja. jadi kuliner ii sangat cocok untuk menyantapnya bersama keluarga anda.