OUR NETWORK

Hadir Dengan Wajah Baru, Pantai Mantak Tari Kian Tersohor

Tahukah anda Pidie adalah salah satu kabupaten yang memiliki penduduk terbesar di Aceh loh. Daerah ini pun terkenal karena perekonomiannya yang cukup berkembang pesat serta masyarakatnya yang memiliki hobi merantau. Iklim tanah di Pidi pun juga sangat bagus, mendukung untuk pertanian,dan yang paling penting berpotensi tinggi dalam hal pengembangan wisata,

Objek wisata, di Pidie terbilang cukup banyak. Namun, ada satu objek wisata yang belakangan ini tengah tenar dan menjadi buruan para wisatawan karena hadir dengan wajah baru yaitu Pantai Mantak Tari.

Sumber: Instagram @armia_z

Kira-kira keseruan apa saja, sih, yang bisa didapatkan jika berwisata ke pantai ini? Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan selengkapnya. Check this out!

Pantai Mantak Tari Hadir Dengan Wajah Baru dan Lebih Kekinian

Sumber: Instagram @fotoaceh

Secara geografis, Pantai Mantak Tari berada di Kecamatan Simpang Tiga. Nah, apabila anda berangkat dari Kota Sigli maka hanya perlu menempuh perjalanan 8 KM dengan estimasi tempuh sekitar 15 menit saja. Jalan yang dilalui adalah Jalan Sigli – Kembang Tanjong Perjalanan tersebut terbilang sangat mudah karena jalananya mulus tanpa hambatan, sehingga membuat nyaman siapa saja yang berkendara. Entah itu yang memakai kendaraan beroda dua atau pun empat.

Sepanjang perjalanan anda akan menemui banyak masyarakat yang menjajakan tambak-tambak milik mereka. Bisa, loh, di beli buat oleh-oleh atau disantap saat di pantai.

Sebagai informasi, nih, sebenarnya objek wisata Pantai Mantak Tari sudah sedari dulu menjadi unggulan masyarakat Pidie. Paling happening sekitar tahun 80-an. Namun, sempat tidak terawat alias ditelantarkan, pasca gempa dan tsunami yang memporakporandakan kawasan tersebut.

Sumber: Instagram @chairulanas

Tapi setelah beberapa tahun berlalu, satu per satu berbagai bangunan yang rusak dan fasilitas di Mantak Tari terus dibenahi. Tahun 2018 kemarin, Pemerintah Aceh memplotkan anggaran sekitar 500 juta untuk pantai ini supaya lebih baik lagi terutama dari segi fasilitasnya. Hal tersebut tidak lain karena pemerintah melihat potensi Pantai Mantak Tari yang terus mengalami kenaikan pengunjung baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bahkan, nih, sekarang sudah ada Gapura besar bertuliskan Mantak Tari, loh. Gapura tersebut dibuat dari beton kuning, terpampang jelas pada pintu masuk.

Gapura inilah yang menjadi ladang incaran para wisatawan terutama kaum milenial karena merupakan spot berselfi untuk eksis di sosmed.

Sumber: Instagram kamilul_akbar1

Nah, untuk memasuki kawasan Pantai Mantak Tari akan dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 rupiah per orang. Ketika tiba di Pantai Mantak Tari anda akan langsung disambut oleh alunan nada dari desir suara ombak yang merdu Hamparan pasir bewarna hitam pun akan menjadi panorama pertama yang dilihat oleh anda.

Sumber: Instagram @irdhatuljnnh

Di hamparan pasir hitam inilah anda bisa dengan leluasa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain sepak bola, voli, membangun istana pasir dan lain –lain.

Pemandangan di sekitar pantainya juga tidak kalah indah. Terdapat deretan pohon cemara, pohon kelapa juga bebatuan pemecah gelombang yang membuat nuansa pantai kian mengagumkan.

Sumber: Instagram @andi4514

Anda bisa berduduk santai di atas bebatuan tersebut sambil merasakan angin sepoi-sepoi yang segar dan menikmati panorama laut secara lebih nyata

Sumber: Instagram @muhammad_ikhsan_46_

Ombak di pantai Mantak Tari pun tergolong tidak terlalu tinggi sehingga sangat bersahabat terutama bagi wisatawan yang ingin bermain air dan berkejaran dengan ombak.

Oh, ya, para Wisatawan yang datang biasanya juga membawa bekal  untuk disantap dibawah pepohonan tepi pantai. Ada juga yang menggelar tikar untuk makan bersama keluarga sambil menikmati indahnya laut yang biru jernih.

Sumber: modusaceh.co

Jika anda tidak membawa bekal, jangan khawatir akan kelaparan karena di sekitar pantai ini terdapat warung- warung sederhana yang menjual aneka makanan

Jika adzan telah berkumandang, anda bisa pergi ke masjid yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi pantai. Apabila ingin menginap maka bisa mencari penginapan dan hotel yang ada di Kota Sigli. Tidak perlu takut akan mengerogoti dompet anda, sebab penginapan dan hotel di sana tarifnya murah-murah,kok. Disesuaikan dengan fasilitas yang diinginkan.

Mandi Pasir Hitam

Sumber: Instagram @suraa_atieq

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa pasir di Pantai Mantak Tari tidak berwarna putih seperti pasir kebanyakan lainnya, melainkan berwarna hitam legam. Uniknya lagi, pasir hitam ini sangat istimewa.. Konon  katanya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, rematik, otot dan tulang.

Itulah kenapa banyak yang berbondong-bondong datang ke Pantai Mantak Tari setelah subuh. Tidak lain tujuannya adalah untuk mandi pasir hitam.

Cara mendapatkan manfaatnya sangat mudah, anda hanya perlu menggali pasir sekitar setengah meter lalu menguburkan diri ke dalamnya selama satu hingga dua jam. Terapi ini setidaknya harus dilakukan sekitar satu minggu sekali. Banyak warga yang mengaku merasakan khasiat dari terapi ini. sambil menikmati birunya lautan

Tradisi ini pun semakin sering dilakukan kala bulan safar telah tiba. Banyak yang menguburkan diri di Pasir Mantak Tari untuk menghilangkan penyakit gatal

Hunting Foto

Sumber: Instagram @boecahlaw

Bagi anda yang doyan berburu objek-objek menarik atau ingin menambah koleksi berfoto di spot yang instagramable maka di pantai ini anda bisa mendapatkannya.

Sumber: Instagram @meta_hara-

Di Pantai Mantak Tari anda bisa memotret keindahan pantai, berfoto dihamparan pasir hitam baik sambil berdiri atau mandi pasir, dibawah sinar matahari terbenam, berfoto depan bebatuan besar dan lain sebagainya.

Sumber: Instagram @mohd_aziz

Keren-keren, deh, pokoknya. Sayang aja, kalau ada satu spot yang terlewat. Jika mau di-upload ke sosmed, jangan lupa sisipkan caption informatif seputar pantai ini, ya. Supaya pengunjungnya semakin banyak dan secara tidak langsung anda juga sudah memperkenalkan wisata asli negeri sendiri pada dunia

Sumber: Instagram @syahrullrmdn00

Nah, itulah keseruan yang bisa anda peroleh jika pergi berwisata ke Pantai Mantak Tari. Bagaimana? Apakah anda sekarang jadi tertarik untuk berlibur ke pantai ini? Akhir kata, terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu lagi pada pembahasan menarik berikutnya.

 

Comments

Loading...