OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Kepulauan Seram Bagian Barat

Manisan Buah Pala

Sumber: Instagram @Noviyarti

Manisan Pala terbuat dari Buah Pala yang fresh serta diambil langsung dari perkembunan terbaik di Kepulauan Seram Bagian Barat. Saat digigit, rasanya manis, empuk dan, tidak sepat. Hal tersebut karena manisan Pala direndam dulu memakai garam hingga kering supaya rasa sepatnya hilang, dan rasa manisan lebih nikmat lagi.

Rujak Natsepa

Sumber: Instagram @Fikikartika

Rujak Natsepa ini merupakan rujak legendaris. Sekilas dari segi tampilannya tidak berbeda jauh dengan rujak manis pada umumnya. Tapi, rasa rujak ini justru lebih enak dan khas, loh.

Bahan yang harus bertanggung jawab atas kenikmatan tersebut adalah gula merah dan buah tomi tomi. Gula merah yang dipakai yaitu gula aren asli dengan warna yang sangat gelap, sedangkan buah tomi tominya yang berwarna merah serta asam dan hanya bisa ditemukan di Maluku saja. Tidak heran cita rasanya sangat jempolan.

Kasbi Komplit

Sumber: modsek1997

Kasbi ini terbuat dari singkong dan sering dijadikan alternatif makanan pokok oleh masyarakat Kepulauan Seram Bagian Barat kala beras atau sagu sedang habis.

Kenapa disebut komplit? Karena ditambahkan juga sayur jantung pisang, tumisan kangkung, bunga pepaya, ikan bakar bumbu rica dan kohu-kohu. Komplit bukan? Jadi supaya oleh-oleh anda semakin komplit jangan lupa kasbi komplit ini dibekal juga, ya.

Bubur Ne

Sumber: Instagram @skachemical

Bubur Ne terbuat dari sagu yang kemudian disajikan dalam bentuk kecil-kecil mirip seperti telur katak. Warnanya beraneka ragam, ada yang putih, merah terang dan lain-lain, sangat menggugah selera. Kesan manis akan langsung terbentuk ketika anda melihatnya.

Sagu untuk Bubur Ne lalu dimasak bersama santan hingga teksturnya terasa empuk. Ditambahkan pula kayu manis, gula merah dan daun pandan supaya rasanya semakin legit Biasanya Bubur Ne dipakai sebagai hidangan penutup. Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, jangan lupa masukkan ke dalam plastik, ikat dengan kuat dan letakkan pada wadah yang aman, ya, supaya tidak tumpah dalam perjalanan.

Sanole

Sumber: Instagram @mala.tours

Kue ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa dengan isian gula aren. Saat digigit, maka akan menguar rasa manis yang sangat lezat.

Tampilan Sanole mirip dengan roti dadar gula. Warnanya didominasi oleh putih.  Lelehan gula merahnya begitu menggoda.

Jus Gandaria

Sumber: Instagram @fridajoincoffee

Tahukah anda buah Gandaria di Maluku justru memiliki ukuran yang besar-besar loh. Rasa buahnya pun lebih manis. Tidak heran, jika masyakarat Kepulauan Seram Bagian Barat  kerap menjadikannya sebagai jus tanpa tambahan gula.

Anda bisa dengan mudah jus gandaria ini dipusat oleh-oleh baik dalam kemasan botol besar maupun kecil. Rasanya benar-benar enak, apalagi kalau ditemani sepiring gorengan yang baru matang. Dijamin, deh, mendapatkan kenikmatan yang hakiki.

Ampas Terigu

Sumber: Instagram @mambruk_victoria

Ampas Terigu masih tergolong ke dalam panganan roti. Perbedaanya adalah ampas terigu ditambahkan gula merah. kelapa parut juga bubuk kayu manis. Saat matang, wanginya begitu menggiurkan dan membuat anda ingin segera langsung menyantapnya.

Roti lezat ini dibanderol dengan harga murah, sepotong ampas terigu harganya 2.000 rupiah saja. Masyarakat Kepulauan Seram Bagian Barat biasanya memakan ampas terigu setelah dicelupkan ke dalam teh atau kopi supaya rasanya lebih nikmat lagi. Alternatif lainnya bisa juga diolesi mentega

Sirsir

Sumber: Instagram @Gotravelly

Sirsir merupakan sayuran berkuah yang dibuat dari daun singkong dan pepaya. Kedua bahan tersebut kemudian dicampur bersama santan.

Biasanya Sirsir ini dikonsumsi sebagai lauk untuk ikan asap. Cita rasanya segar dengan sedikit sensasi pahit sehingga menghadirkan kelezatan yang berbeda.

Jika ingin dibawa sebagai oleh-oleh jangan lupa minta pihak warung makan atau restoran untuk memisahkan kuah santan dengan sayurannya. Tenang, santannya tidak akan berubah rasa jadi asam kok, asal perjalanan anda untuk sampai ke rumah tidak memakan waktu sampai 2 jam.

Kayu Putih

Sumber: Instagram @koperasirancage421

Apakah anda termasuk orang yang senang mencium aroma kayu putih? Jika iya oleh-oleh yang satu ini wajib sekali dibawa pulang. Anda tahu apa kelebihannya? Minyak kayu putih ini ternyata bisa diminum, loh. Tenang tidak akan membuat anda keracunan, justru akan memperoleh banyak manfaat. Dua diantaranya mampu melegakan tenggorokan dan mengatasi perut kembung.

Kenapa bisa diminum? Sebab terbuat dari pohon kayu putih asli dan aromanya pun beda. Dulu harganya sangat mahal, namun sekarang banyak kemasan kecil dari mulai harga 25 ribu rupiah saja.

Batik Tubo

Sumber: Instagram @Almukmin_batik

Walaupun tidak memiliki batik khusus, namun di Kepulauan Seram Bagian Timur banyak yang menjajakan Batik Tubo.

Anda tahu Batik Tubo? Yup, batiknya orang Maluku.motifnya sendiri cukup beragam ada yang bercorak kelapa, pala, peta Maluku, ikan, karang juga cengkeh. Warnanya pun tidak kalah cantik cantik.

Tidak heran jika kerap diburu oleh para wisatawan.

Kerajinan Dari Mutiara

Sumber: Instagram @Xupingtermurahsekali

Dikelilingi oleh lautan yang luas dan dalam, membuat para nelayan mudah menemui aneka mutiara di Kepulauan Seram Bagian Barat. Tidak hanya untuk dijual,mutiara tersebut juga dijadikan bahan untuk kerajinan tangan seperti gelang, kalung, cincin dan lain sebagainya.

Kerajinan tangan tersebut ada yang terbuat dari mutiara air tawar dan mutiara laut. Biasanya yang terbuat dari mutiara air tawar harganya jauh lebih murah, sedangkan dari mutiara laut, sebaliknya. Kendati demikian anda juga harus teliti saat membelinya karena tidak sedikit pedagang yang nakal menjual mutiara palsu.

 

Sumber Featured Image: indonesiakaya.com

Comments

Loading...