OUR NETWORK

Indahnya Keasrian Pantai Meuraksa

Sumber Gambar: Google Maps @Zulkifli Ibrahim

Tahukah anda menurut para ahli medis di dunia kesehatan, mereka sepakat bahwa salah satu cara ampuh untuk meminimalisir stress akibat pekerjaan adalah bertemu dengan alam bebas. Pergi ke pantai, salah satunya. Keanggunan pantai nyatanya mampu menghantarkan energi positif dan mengusir rasa pesimis dengan jauh lebih cepat.

Namun masalahnya adalah tidak semua orang suka dengan pantai yang disesaki oleh keriuhan manusia. Beberapa dari mereka lebih ingin berada di pantai yang tenang, tidak banyak yang mengunjungi namun tetap memiliki keindahan yang luar biasa. Dengan demikian quality time bersama keluarga atau orang-orang yang dicintai benar-benar berhasil di dapatkan.

Nah, jika hal tersebut yang anda inginkan maka mengunjungi Pantai Meuraksa ialah pilihan yang tepat. Mari mengenal lebih dekat si pantai yang tenang dan mendamaikan hati ini.

Keindahan Pantai Meuraksa

Sumber Gambar: Google Maps @Zulkifli Ibrahim

Pantai Meuraksa merupakan salah satu pantai yang terletak di ujung timur tepatnya di Kota Lhoseumawe, Kecamatan Blang Mangat Provinsi Aceh. Sayangnya setelah konflik panjang di Aceh serta tsunami yang menyapu pesisir pantai  26 Desember 2004 silam, Pantai Meuraksa jadi jarang terawat. Namun, seiring berjalannya waktu, pemerintah daerah di sana mulai membenahi Pantai Meuraksa supaya layak dikunjungi kembali.

Perlahan, setelah pembenahan dilakukan pantai ini pun mulai menarik minat kembali baik itu dari para wisatawan lokal maupun luar daerah Aceh. Walau jumlahnya tidak banyak. Itulah kenapa pantai Meuraksa sering disebut sebagai pantai yang tenang dan damai. Cocok untuk menenangkan diri dan melepaskan stress akibat pekerjaan padat sehari-hari.

Bisa dikatakan bahwa Pantai Meuraksa masih sangat alami. Belum terjamah oleh berbagai modifikasi tangan manusia modern. Kendati demikian, justru karena keasriannya inilah pesona Pantai Meuraksa mampu memukau setiap pasang mata yang mengunjunginya.

Sumber Gambar: Instagram @akhirr94

Panorama Pantai Meuraksa sangatlah elok. Dengan laut birunya yang terhampar luas hingga menembus kaki langit yang dihiasi kumpulan awan putih. Anda akan tersenyum kala menyaksikan airnya yang berpendar-pendar disengat sinar sang surya. Saat menginjakkan kaki di sana, anda akan melihat banyak sekali tumbuhan di pinggir pantai. Mereka bergoyang-goyang seolah menyambut kedatangan anda.

Deburan ombak pun bagai alunan nada yang tidak pernah berhenti berputar, berpadu dengan hembusan angin yang semakin menambah semarak penyambutan untuk anda di Pantai Meuraksa. Pada area bibir pantai dipenuhi oleh pepohonan ketapang,dan waru pada..Pepohonan tersebut kian memunculkan kesan betapa eksotisnya pantai ini dan membuat anda ingin semakin berlama lama di sana.

Sumber Gambar: Google Maps @Zulkifli Ibrahim

Walaupun tidak memiliki spot buatan untuk berswafoto, namun Pantai ini tetap memiliki banyak titik bagus untuk mengabadikan moment. Baik itu di area bibir pantai, di pasir putih, di bawah pohon, saat matahari terbenam dan lain-lain.

Anda bebas melakukan aktivitas seru di pantai ini. Tidak ada larangannya. Asalkan tidak melakukan hal yang bisa merusak pantai. Anda bisa bermain air sepuasnya, memancing ikan lalu mengadakan acara bakar-bakar, berjemur sambil menikmati pemandangan laut dan masih banyak lagi.

Jika perut lapar, anda bisa membeli kuliner khas Aceh yang terkenal seperti Rujak Aceh, Mie Aceh dan lain sebagainya. Belilah dalam perjalanan, atau dari rumah makan dekat Pantai Meuraksa. Bawa ke pantai, dan nikmati quality time sembari menyantap hidangan tersebut bersama keluarga sambil menikmati pesona Pantai Meuraksa.

Belum Dikelola Dengan Baik

Walaupun sudah dibenahi, sejatinya pantai ini belum dikelola dengan professional karena masih banyak sampah yang berserakan di pinggir pantai. Adakalanya tempat sampah yang penuh tidak dibuang, bahkan jarang diganti dengan yang baru. Hal ini semakin memperparah mindset orang-orang yang mengunjunginya bahwa membuang sampah di Pantai Meuraksa tidaklah masalah.

Sumber Gambar: Google Maps @Feri Fajri

Nah, apabila anda datang ke Pantai Ini jangan melakukan hal tersebut, ya. Jika membawa si kecil, justru di pantai yang tenang ini anda bisa memberikan banyak edukasi untuk si buah hati. Seperti mengajari tentang pentingnya menjaga keindahan alam dengan selalu membuang sampah pada tempatnya, mengajarinya lebih bersyukur akan keindahan semesta, memahami adat isitiadat warga setempat, makanan khas dan lain lain.

Seru bukan? Apalagi edukasinya bisa lebih mudah disampaikan karena Pantai Meuraksa tidak banyak yang mengunjunginya.

Akses Ke Lokasi Pantai Meuraksa

Ini yang ditunggu-tunggu. Bagaimana, sih, cara cepat menuju pantai Meuraksa? Mudah. Anda bisa melalui Pasar Punteut. Ambil rute Jalan Negara Medan – Banda Aceh, lalu belok ke arah utara. Selanjutnya ikuti arah jalan aspal sampai tembus ke Pantai Meuraksa yang terletak di sepanjang Desa Meuraksa, jambo masjid dan desa jambo timur,

Sekian pembahasan mengenai Pantai Meuraksa semoga bermanfaat bagi Anda dan sampai bertemu lagi pada pembahasan wisata air yang lebih seru dan menarik berikutnya.

Salam hangat selalu untuk para traveller di Indonesia.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…