Ingin Bersantai Seperti di “Private Island”? Kunjungi Saja Pulau Lima!

Liburan ke pulau sangat bisa menjadi pilihan untuk mengisi hari libur panjang atau pun sekedar untuk mengisi waktu akhir pekan. Kamu bisa mencari pulau terdekat dari tempat tinggalmu untuk kamu nikmati keindahan pantainya atau bisa juga memilih pulau – pulau cantik lainnya yang ada diluar kota tempat tinggalmu jika memiliki waktu libur yang cukup panjang. Kali ini rekomendasi wisata bahari datang dari wilayah yang tak jauh dari Ibukota Jakarta sehingga warga Jabodetabek pun bisa datang berkunjung kesana, wisata bahari yang satu ini berupa pulau yang bernama Pulau Lima. Ingin tau lokasi lengkapnya dimana? Dan ingin lihat seperti apa cantiknya pulau yang satu ini? Yuk, simak ulasan lengkap tentang Pulau Lima dibawah ini ya!

Pesona Pulau Lima

Sumber Gambar: Google Maps @Muslim AR

Mungkin sebagian orang ada yang masih asing ketika mendengar wisata Pulau Lima, sebenarnya secara geografis pulau ini berada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten tak jauh dari tempat wisata bersejarah yaitu Banten Lama. Pulau Lima seluas 3,5 hektare ini bisa dibilang merupakan pulau yang berpenghuni karena disana sudah terdapat beberapa tempat tinggal berupa rumah panggung yang disewakan menjadi villa walaupun sebagian besar pulaunya masih berupa hutan bakau.
Selain berpenghuni, pulau ini dikenal di kalangan wisatawan karena kecantikan hamparan pasir putihnya yang benar – benar halus dan bersih serta air lautnya cukup jernih. Walaupun begitu, belum ada pembangunan yang cukup berarti di pulau mungil ini selain dari adanya musholla, toilet umum, beberapa rumah panggung, dermaga dan gazebo. Penamaan pulau ini ternyata berasal dari gugusan pulau – pulau disekitarnya yang sebelumnya juga diberikan nama Pulau Empat atau Pulau Pamujan Kecil dan Pulau Tiga atau Pulau Pamujan Besar lalu disusul dengan penamaan pulau mungil ini yaitu Pulau Lima, ketiga pulau tersebut masuk dalam gugusan Kepulauan Mujan.

Lokasi dan Rute ke Pulau Lima

Untuk menuju ke Pulau Lima pastinya kamu harus menyebrangi lautan dengan menggunakan moda transportasi laut. Langkah pertama kamu bisa memulai perjalanan menuju ke Pelabuhan Karangantu lalu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk menuju ke Pantai Gope Karangantu. Di pantai inilah, kamu bisa menyewa kapal kayu tradisional yang biasanya nelayan gunakan sebagai transportasi merek sehari – hari. Untuk menyewa satu kapal biayanya Rp 250.000 – Rp 350.000 untuk pulang pergi, satu kapal bisa memuat hingga 10 – 15 orang maka baiknya kamu datang bersama rombongan agar lebih mudal atau bisa ikut rombongan penumpang lainnya yang ada disana.

Sumber Gambar: Instagram @wisatapulaulima

Perjalanan menyebrang ke Pulau Lima hanya memakan waktu paling lama 30 menit saja, nantinya kamu akan berlabuh tepat di dermaga sepanjang 100 meter yang ada di tepian Pulau Lima. Untuk perjalanan pulang kembali ke Pantai Gope atau Pelabuhan Karangantu maka kamu bisa memberitahukan kepada nahkoda dan awaknya pukul berapa mereka harus menjemputmu kembali dari Pantai Lima, tenang saja semua warga Karangantu ramah dan siap melayani penumpang dengan sigap.

Kegiatan Seru di Pulau Lima

  • Camping

Kalau kamu mau bermalam di Pulau Lima maka kamu bisa membawa tenda dan perlengkapan lainnya dari rumah. Kamu boleh menggelar tenda di area pasir yang berhadapan langsung dengan laut, jangan lupa untuk membawa kayu bakar untuk membuat api unggun dan jangan lupa membawa senter atau sumber pencahayaan lainnya.
  • Bermalam di villa

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @indri kristianti

Jika kamu lebih suka bermalam di indoor tentunya kamu bisa menyewa villa yang berbentuk rumah panggung yang ada di Pulau Lima ini. Tarif permalamanya bervariasi mulai dari Rp 400.000 sampai lebih dari Rp 500.000, biasanya per villa bisa menampung lebih dari 5 orang sehingga bila dihitung kembali maka tarif yang ditawarkan tergolong murah apalagi pemandangan yang akan kamu dapatkan juga sangat indah.
  • Memancing

Sumber Gambar: Google Maps @Andre Lavigne

Pulau Lima juga ramai dengan hasil tangkapan lho! Bagi kamu pecinta kail dan umpan pastinya harus coba peruntungan memancing disini, jika air laut sedang surut maka kamu bisa berjalan dari bibir pantai sampai kurang lebih 50 meter ke arah laut karena pantainya dangkal. Hasil tangkapannya pun tak main – main mulai dari ikan Buntal, Mangrove Jack atau yang dikenal dengan Kakap Merah Bakau (ikan air payau) hingga ikan Barakuda.
  • Piknik pinggir pantai

Kamu bisa membawa alas tikar untuk digelar ditepi pantai tepatnya pada hamparan pasir putih dari Pulau Lima atau bisa juga duduk – duduk di gazebo sambil melihat pemandangan laut lepas didepan mata. Sebaiknya kamu membawa perbekalan yang cukup agar bisa dinikmati saat berada di Pulau Lima.
  • Menunggu sunset

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Lutfan Yazid

Pulau Lima menjadi salah satu spot terbaik untuk meliahat sunset. Kamu bisa datang ke pulau ini kurang lebih pukul 5 sore dan menunggu hingga proses matahari terbenam, sunggu pemandangan yang ajaib akan kamu lihat secara langsung! Jangan lupa mengabadikan moment dengan berfoto ya!

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.