Pantai Tanjung Layar – Terdapat 2 Batu Karang Raksasa Disana!

Berlibur ke salah satu pantai yang menawan di Banten yakni Pantai Tanjung Layar bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur akhir pekanmu. Pantai ini berada di daerah Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki kecantikan yang berhasil mengundang antusias pengunjung sehingga banyak sekali yang datang kesana baik wisatawan dari sekitar Banten bahkan wisatawan yang dari luar wilayah tersebut.
Banyak pengunjung dari luar wilayah Banten dan sekitarnya yang rela jauh – jauh datang kesana sekedar berliburan untuk menghilangkan penat setelah menjalani rutinitas sehari – hari karena biaya masuknya pun murah yakni hanya Rp 5.000 saja per orang. Pantai yang mengarah ke arah Laut Selatan Jawa ini memiliki keunikan yang sekaligus menjadi daya tarik utama sesuai dengan namanya. Pemberian nama “layar” pada nama pantai ini karena memang tak jauh dari bibir pantai ke arah laut terdapat dua buah batu karang raksasa yang bersampingan, salah satu dari antara ke dua batu karang raksasa itu berbentuk seperti layar perahu.

Sumber Gambar: Google Maps @ratjhman

Selain itu, gulungan ombak yang menabrak dua buah karang raksasa dan karang – karang kecil disekitarnya sungguh menyuguhkan atraksi yang membuat pengunjung takjub. Bentang garis Pantai Tanjung Layar terbilang cukup panjang dan hamparan pasir putih Pantai Tanjung cukup luas yakni lebih > 50 meter, bila kamu menyusuri ke arah barat nantinya kamu bisa tiba di Pantai Sawarna.
Fasilitas umum yang tersedia cukup lengkap mulai dari musholla, toilet umum, tempat bilas hingga warung makan. Sayangnya, di pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang walaupun air lautnya begitu jernih karena banyak sekali karang – karang ukuran kecil hingga sedang yang menyebar di tepian pantai sehingga bisa berbahaya.

Rute ke Pantai Tanjung Layar

Bila kamu memulai perjalanan dari Ibukota Jakarta maka waktu yang dibutuhkan untuk bisa tiba di Pantai Tanjung Layar yakni sekitar 5 jam, ada dua pilihan rute yang bisa kamu pilih yaitu lewat Serang atau lewat Bogor. Bila kamu memilih lewat Serang memang jalanannya terasa cukup panjang dan jauh tetapi kondisi jalanannya aman, memulai perjalanan dari ruas Tol Jakarta – Merak maka kamu harus keluar di Tol Serang – Panimbang lalu menyusuri jalan ke arah Malingping sekitar 2,5 jam. Dari Terminal Simpang Malingping maka kamu bisa berbelok ke kanan menuju arah Pasar Bayah kurang lebih 33 km atau 50 menit berkendara. Nah, dari Pasar Bayah ke pintu gerbang masuk Pantai Tanjung Layar hanya sekitar 35 menit perjalanan saja melewati Jl. Raya Sawarna Bayah.
Sebaliknya jika kamu memilih lewat wilayah Bogor maka perjalanan akan terasa lebih cepat, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi lalu mengambil arah Cibadak melewati Jl. Raya Cikidang hingga menuju Simpang Ciawi yang jaraknya sekitar 1 jam 45 menit. Nah, dari Simpang Ciawi kamu hanya tinggal menuju ke arah Cisuji dan mengikuti jalan sekitar 10 km untuk bisa tiba di gerbang masuk Pantai Tanjung Layar.
Namun kedua rute perjalanan tersebut tak berhenti sampai disitu saja, jika kamu membawa motor maka kamu bisa saja langsung melanjutkan perjalanan dari pintu gerbang masuk pantai hingga ke bibir pantai dengan jarak sekitar 2 km tetapi jika kamu membawa mobil maka harus parkir di dekat pintu gerbang masuk dengan tarif Rp 25.000, lalu kamu bisa berjalan kaki 2 km atau naik ojek dengan tarif Rp 10.000 – Rp 15.000.

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung Layar

  • Piknik di pinggir pantai

Sebagaimana kita tau bahwa pantai cantik ini tidak cocok bila dinikmati dengan aktivitas berenang maka opsi lain yaitu kamu bisa menggelar tikar di bawah pepohonan sambil bersantai memandang laut lepas tepat didepan mata. Sebaiknya kamu membawa perlengkapan lainnya seperti bekal yang cukup hingga bantal kecil untuk bersandar, jika tak mau repot maka kamu bisa membeli makanan dari warung – warung atau pedagang keliling yang ada di pinggir pantai.
  • Bermain pasir

Sumber Gambar: Google Maps @yudi firmansyah

Walau tak bisa digunakan untuk berenang, mengajak si kecil ke Pantai Tanjung Layar adalah pilihan yang tepat. Disana si kecil bisa bermain pasir sambil duduk – duduk santai diatas pasir tersebut, pastikan orang tua harus tetap mengawasi ya!
  • Berswafoto

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @Ajeng Triana

Pastinya kamu ingin sekali mengabadikan moment dengan berfoto didepan dua batu karang yang merupakan simbol dari Pantai Tanjung Layar. Jika air laut sedang surut maka kamu bisa jalan hingga 50 meter dari bibir pantai ke tempat batu karang tersebut berada untuk berfoto namun harus tetap berhati – hati karena walaupun surut kedalaman di sekitar batu karang itu kurang lebih sepinggang orang dewasa.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.