OUR NETWORK

Ini Hal Menarik yang Harus Anda Tahu di Kanal Lok Buntar – Kabupaten Tapin

Sumber Gambar: lindungihutan.com

Berbanggalah tinggal di Indonesia, sebab tak terhitung begitu banyaknya keunikan yang ada di negara kita ini termasuk pesona menarik yang ada di setiap daerahnya. Nah, sahabat wisato.id, kali ini ada sebuah daerah yang akan kita ekspose namanya adalah Kanal Lok Buntar. Pernah dengar sebelumnya? Yup, daerah ini berlokasi tepatnya di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Tidak perlu berlama-lama, yuk, langsung kita masuk pada ulasan selengkapnya. Inilah hal menarik yang harus anda tahu tentang Kanal Lok Buntar

Sekilas Tentang Kanal Lok Buntar

Sumber Gambar: Instagram @ al_paqir

Tahukah anda masyarakat Kanal Lok Buntar mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Mereka bekerja untuk mencari tangkapan laut, yang kemudian nantinya dijual baik itu pada perusahaan yang membutuhkan bahan baku ikan, atau pun perorangan.

Jadi, jika anda datang ke daerah ini maka bisa menikmati aktivitas mereka yang sedang berlayar naik perahu. Ini menjadi pemandangan unik tersendiri, terlebih jika anda jarang menemukannya sebelumnya. Menyaksikan hal tersebut akan lebih menyenangkan ketika pagi hari saat mereka akan berlayar atau sore hari saat mereka akan pulang dengan langit berhiaskan senja.

Sumber Gambar: Instagram @sa.rai__

Anda juga bisa langsung membeli hasil tangkapan para nelayan tersebut, loh. Uh, ikan-ikannya sangat segar, lezat dan tentu saja murah, hihi. Ya, maklum ini, kan, dari tangan pertama jadi tentu saja harganya lebih terjangkau dibanding anda membelinya di pasar.

Oh, ya, di Kanal Lok Buntar juga udaranya sangat sejuk. Suara dari beberapa sungai yang ada disana pun terdengar menderu dan menjadi irama indah tersendiri. Anda yang sudah begitu lelah dengan padatnya aktivitas di perkotaan, sangat cocok mengunjungi daerah ini jika ingin mencari suasana yang mampu memberikan manfaat relaksasi dan anti stress.

Menyaksikan Aksi Bekantan

Sumber Gambar: Instagram @bubotravelagency

Tahu tidak apa yang paling tersohor di Kanal Lok Buntar? Jawabannya yaitu Ekowisata Bekantan.

Anda tahu bekantan? Ya, bekantan adalah salah satu jenis primata unik yang masih hidup di Indonesia. Populasinya nyaris terancam punah, karena kawasan tempat mereka hidup dapat dibilang sudah rusak. Berangkat dari hal tersebut maka dibuatlah Ekowisata Bekantan.

Lokasi yang disediakan untuk primata berkembang biak ini seluas 90 hektar, loh. Hal ini dilakukan supaya bekantan lebih bebas untuk beraktivitas, dan pengunjung pun bisa melihatnya dengan lebih leluasa dari berbagai sudut.

Sumber Gambar: Instagram @sahabat_bekantan

Kawasan ini sudah dikelola sejak tahun 2014 lalu. Dalam perkembangannya kawasan ini terus ditumbuhi berbagai aneka jenis tumbuhan yang menunjang kehidupan bekantan dalam hal mengisi perut.

Kurang lebih ada 200 ekor bekantan yang sekarang bermukim di lokasi ini. Nah, ketika anda mengunjunginya, maka akan menemukan juga mess serta gazebo dan terminal yang ditujukan untuk menyambut kedatangan pengunjung.

Beberapa bekantan tersebut berasal dari rawa gelam, mereka memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut dapat terlihat dari raut wajahnya yang cenderung berhidung merah, mancung dan juga bangir. Nah, bekantan dengan karakteristik tersebut tidak ditemukan pada bekantan di tempat lain.

Ekowisata Bekantan ini merupakan hasil dari kolaborasi apik PT AGM dengan IPB, WWF, Pemkab Tapi, dan Universitas Lampung Mangkurat. Walaupun kendalanya sangat banyak bahkan jika dihitung harus menggelontorkan biaya yang tidak sedikit, namun pada akhirnya Ekowisata Bekantan ini berhasil direlialisasikan.

Sebagai informasi tambahan di daerah Kalimantan juga ada maskot berupa patung bekantan. Patung tersebut sangat besar, dan sering dijadikan spot berfoto yang diburu tidak hanya oleh warga asli Kalimantan saja, melainkan juga wisatawan yang datang dari luar daerah. Jadi sangat tidak lucu bukan apabila patung bekantannya ada, namun justru bekantannya sendiri dari hari ke hari semakin punah. Bahkan apabila tidak dibuat lokasi konservasi maka dalam beberapa tahun mendatang mungkin keberadaannya sudah tidak lagi ditemukan. Jadi menghadirkan Ekowisata Bekantan adalah solusi yang tepat.

Sumber Gambar: Instagram @pegi_pegi

Jika anda ingin mengunjungi Ekowisata Bekantan dari Pelabuhan Lok Buntar anda harus naik perahu klotok sekitar satu jam menyusur Sungai Muning. Pelabuhan Lok Buntar ini adalah tempat dimana sebelum batu bara diangkut oleh kapal-kapal tongkang. Di pelabuhan ini juga anda bisa menikmati keindahan Kanal Lok Buntar dari berbagai titik sudut sehingga lebih leluasa.

Demikianlah ulasan menarik terkait Kanal Lok Buntar. Jika anda memiliki waktu senggang dan sedang berada di Tapin, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dan mengeksplore daerah ini. Dijamin pasti mengasyikan.

Ingin dapat referensi yang lebih banyak lagi? Jelajahi saja artikel informatif lainnya tentang berbagai tempat wisata di Indonesia hanya di Wisato.id

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…