in

Intip Kemegahan Patung Kristus Raja di Pulau Habe Merauke

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar ke 6 di dunia setelah negara Amerika. Negara kita ini memiliki lebih dari 17.000 pulau walaupun yang berpenghuni hanya sekitar 7.000 pulau saja. Indonesia sendiri memiliki pulau – pulau utama yang besar misalnya Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi serta Papua dan tak lupa ada beberapa kepulauan kecil yang menjadi destinasi wisata hingga ke mancanegara seperti Bali, Gili, Lombok dan Karimun Jawa.

Dari informasi diatas dapat kita simpulkan bahwa Indonesia tak hanya kaya dengan potensi sumber daya alam nya namun juga potensi wisatanya dan yang paling dominan adalah potensi dari pulau – pulau yang dapat dikembangkan.

Mungkin banyak wisatawan yang tak asing dengan wisata di beberapa pulau kecil di Indonesia misalnya Bali, Gili dan Lombok namun ternyata selain dari pulau tersebut masih banyak kepulauan lain yang tak kalah indah dan layak dijadikan pilihan untuk berlibur.

Jarang ada yang mendengar bahwa di Papua terdapat destinasi wisata bahari yang keindahannya tak kalah dengan keindahan pulau – pulau kecil di Indonesia. Destinasi wisata bahari ini tepatnya berada di Merauke dan terbilang masih sangat alami karena belum dipadati oleh kedatangan dari para wisatawan.

Pulau Habe

Sumber Gambar: Instagram @afifah_salamun

Salah satu pulau yang layak dikunjungi untuk berwisata bahari yaitu Pulau Habe. Pulau Habe merupakan pulau terluar yang terletak di Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua. Pulau ini hanya memiliki luas lahan sebesar 700 km2 dan menurut beberapa sumber di pulau ini dihuni oleh 2 kepala keluarga saja.

Sumber Gambar: Instagram @rinzynussy

Kepala keluarga yang menghuni pulau ini kesehariannya bergantung pada tangkapan hasil laut misalnya ikan, kepiting. Pulau Habe sangat memiliki potensi tinggi dari segi keindahan alamnya misalnya hamparan pasir putih yang luas, air laut yang biru jernih, batuan karang yang tersebar luas, serta mutiara dasar laut.

Sumber Gambar: Instagram @dwiead

Selain itu, ada juga sebuah sumur di pulau ini yang mana berisi air tawar dan menurut informasi dari penghuni pulau bahwa air tersebut dapat langsung diminum meskipun lokasi nya dikelilingi air laut.

Keren banget ya, travellers!

Di pulau ini juga terdapat satu keistemewaan lain yaitu adanya patung Kristus Raja yang sangat besar dan tinggi nya mencapai 29 meter. Patung Kristus Raja sengaja ditempatkan di pulau ini dengan suatu maksud dan arti yaitu perwujudan dan gambaran bahwa para misionaris Katolik pertama kali datang ke Papua bagian selatan melalui jalur laut.

Sumber Gambar: Instagram @afifah_salamun

Patung Kristus Raja ini dapat menambah potensi wisata di Pulau Habe sehingga tak hanya untuk wisata bahari namun juga wisata rohani bagi para umat Katolik dan Kristen yang sedang berkunjung ke pulau ini.

Pulau Habe sangat di istimewakan oleh warga lokal karena pada dasarnya keadaan wilayah di Merauke adalah daerah berlumpur dan jenis air nya keruh tetapi hal ini seketika hancur ketika melihat Pulau Habe yang karakteristiknya sangat berbeda dari wilayah di Merauke lain nya.

Sumber Gambar: Instagram @mnctvnews

Di pulau ini banyak kegiatan yang pastinya dapat pengunjung lakukan selain sekedar berwisata rohani. Dari segi wisata bahari, pengunjung dapat berenang di lautan lepas yang airnya sangat jernih nan biru, snorkeling, selain itu pengunjung bisa sekedar bersandar di pinggir laut tepat diatas pasir putih ditemani dengan kicauan burung.

Perjalanan Menuju Pulau Habe

Untuk pengunjung yang baru pertama kali pasti rasanya agak bingung bagaimana cara menuju ke Pulau Habe nan indah ini. Di bawah ini wisato.id sudah merangkumnya untuk kalian, selamat menyimak!

  • Perjalanan udara

Dari bandara kota Merauke yakni Bandar Udara Mopah dapat menumpuh perjalanan udara menuju Bandar Udara Okaba. Namun sayangnya hanya ada beberapa akomodasi penerbangan saja yang melayani rute dari Merauke menuju ke Distrik Okaba ini maka sebaiknya pengunjung memperhatikan jadwal penerbangan dengan seksama.

  • Perjalanan laut

Jika pengunjung ingin merasakan suasana perjalanan yang agak lama sekaligus memandangi keindahan laut Merauke maka dapat mencoba perjalanan yang dimulai dari jalur laut Merauke menuju ke Pelabuhan Okaba.

Setibanya di Pelabuhan Okaba, pengunjung harus melanjutkan perjalanan lagi menuju Pulau Habe. Untuk melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Okaba pengunjung dapat menyewa speedboat.

 

Selamat Berlibur!