in

Tangga Seribu Yang Menyimpan Keindahan Pantai Impendi

Pantai Impendi di Biak Numfor
Sumber Gambar : Instagram @Ganda_yati

Masih membicarakan Papua, kali ini salah satu objek wisata bahari di Papua yang wajib banget untuk Traveler kunjungi adalah Pantai Impendi. Pantai yang terletak di daerah Biak Numfor. Pantai ini tepatnya terletak di Jl. Raya Sorido, Adoki, Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98116.

Pantai Impendi ini masih terjaga sekali keasriannya. Letaknya yang dipinggir jalan tentunya mempermudah traveler untuk bisa menjelajahi pantai nan indah ini. Namun sayangnya dikalangan wisatawan, pantai ini belum terlalu diminati.

Sumber Gambar: Google Maps @Lazarus B

Letaknya yang persis sebelum tempat wisata Pantai Raja Tiga yang jauh lebih dikenal orang-orang membuat pantai ini masih tidak terlalu ramai pengunjung. Cocok sekali bukan untuk traveler yang ingin berwisata ditempat yang indah. Namun belum terlalu banyak orang yang mengeksplorenya.

Traveler yang menyukai ke otentikan keindahan alam buruan untuk pergi ke Pantai Impendi. Jangan lupa membawa keluarga, sahabat dan pasangan jika ingin mengunjungi keindahan alam di Biak Numfor ini.

Sudah siapkah traveler melihat keindahan alam Pantai Impendi? Baca selengkapnya dibawah ini.

Cara ke Lokasi Pantai Impendi

Tentunya traveler tidak mau kan hanya ingin melihat keindahannya saja tapi tanpa tahu dimana letak persis Pantai Impendi. Nah sebelum kita menilisik lebih jauh, tentunya melakukan perencanaan sebelum berwisata menjadi hal wajib bagi traveler.

Karena pembaca setia Wisato.id terletak di seluruh Indonesia. Untuk memudahkan penghitungan budget dan cara ke lokasi utama. Kita samakan persepsi dulu yuk, anggaplah kita memulai perjalanan berawal dari Kota Jakarta.

Untuk sampai ke Pantai Impendi, traveler harus bisa berdiri di Kota Biak. Pilihan terbaik untuk menuju kesana dengan menggunakan pesawat terbang. Tenang, sudah banyak kok maskapai yang membukan jalur penerbangan menuju biak.

Hanya saja memang traveler diharuskan untuk melakukan transit. Ada dua kondisi penerbangan Jakarta – Biak. Traveler bisa saja hanya transit 1x di Makasar untuk langsung ke Biak. Namun seringkali penerbangan mengharuskan traveler melakukan 2x transit, di Makasar dan Jayapura.

Baca Juga : Teluk Pamoi, Kepingan Surga di Tanah Pulau Yapen

Jika hanya melakukan 1x transit, perjalanan traveler hanya memakan waktu 3,5 jam. Namun jika transit kembali di Jayapura, total lamanya waktu yang diperlukan sekitar 8 jam. Untuk sampai ke Biak, traveler hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 3 juta.

Duduk manis sambal membaca buku atau mendengarkan music tentulah akan membuat perjalanan jadi menyenangkan. Sebelum mendarat di bandar udara Frans Kaisiepo, traveler sudah disuguhkan pemandangan indah dari atas pesawat. Letak bandara yang dekat dengan pantai, serta Biak yang dikelilingi gugusan pulau akan memanjakan mata traveler bahkan sebelum mendaratkan kaki di Biak.

Letak antara Pantai Impendi dari bandara Frans Kaisiepo hanya sekitar 15 km. Hanya membutuhkan waktu 30 menit jika menaiki kendaraan untuk sampai ke lokasi utama. Nah sebelum traveler berangkat menuju pantai, ada banyak penginapan yang berada disekitar bandara juga loh.

Suasana Pantai Impendi
Sumber Gambar: Google Maps @Darlis Meokbun

Untuk sampai ke Pantai Impendi, traveler bisa menggunakan angkutan umum atau ojek. Biasanya masyarakat setempat mematok tarif sekitar Rp 15 ribu – 20 ribu saja. Skill negosiasinya jangan lupa dipake ya traveler.

Jika traveler berangkat dengan membawa geng atau anggota keluarga yang banyak. Traveler bisa mmenyewa mobil, ada banyak piliha penyewaan mobil disekitar penginapan. Cukup merogoh kocek sekitar Rp 350 ribu traveler sudah bisa mendapatkan mobil dengan muatan untuk 5 orang.

Murah banget bukan? Buruan ke Pantai Impendi, udah tahukan bagaimana caranya.

Suasana Pantai Impendi

Suasana Pantai Impendi
Sumber Gambar : Google Maps @Darlis Meokbun

Pantai ini letaknya dipinggir jalan. Letaknya tepat sebelum Pantai Raja Tiga yang sangat terkenal. Bahkan dari kejauhan traveler sudah bisa melihat siluet Pantai Impendi. Sejak turun dari kendaraan, hampaean biru laut.

Yang membuat pantai ini menarik, untuk mencapai lokasi pantai traveler harus menyusuri sebuah anak tangga. Masyarakat setempat menyebutnya dengan tangga seribu. Anak-anak tangga ini seolah-olah memberitahu bahwa untuk mencapai keindahan butuh sebuah usaha.

Setelah menyusuri anak tangga, traveler akan sampai ke bibir pantai. Keindahan alamnya akan langsung terpancarkan. Bahkan traveler bisa melihat langsung gradasi air pantai yang menandakan kedalaman dari air itu sendiri.

Walaupun pantai ini tidak terlau terkenal dibandingkan Pantai Raja Tiga, Pemerintah setempat sangat memperhatikan lokasi pantai loh. Jadi traveler jangan takut dan tidak perlu berpikiran kalau pantai ini akan sangat kotor dan tidak terawat.

Aktifitas masyaralat sekitar Pantai Impendi
Sumber Gambar: Google Maps @Real Gusday

Pihak pengelola juga sangat peduli dengan pengunjung. Beberapa fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan pengunjung juga telah diadakan dan diperbaiki terus oleh pihak pengelola.

Selain pasir putih yang halus, jika traveler sedikit menyusuri kesamping pantai. Traveler bisa melihat aktifitas masyarakat sekitar yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan loh. Beberapa kapal dan dermaga yang dibuat sendiri oleh masyarakat ada disini loh.

Jangan lupa untuk mengeluarkan handphone agar momennya bisa diabadikan ya traveler. Namun sayangnya, jika traveler yang belum terlalu mahir berenang di pantai, sangat tidak disarankan untuk berenang, snorkeling ataupun diving diarea Pantai Impendi.

Baca Juga : Keindahan Besar di Pulau Mungil Miosindi
Sunset di Pantai Impendi
Sumber Gambar : Google Maps @Darlis Meokbun

Arus lautnya cukup deras sehingga bisa membahayakan traveler. Selain itu karang-karang yang ada dipantai cukup terjal. Cukup menikmati keindahan dibibir pantai saja ya traveler. Nah daya pikat Pantai Impendi tidak hanya itu loh.

Traveler bisa menyusuri bibir pantai dan melihat tebing-tebing pantai yang indah. Selain itu diantara tebing terdapat goa-goa yang dibuat oleh alam. Jika traveler kepanasan, istirahat di goa-goa ini jadi pilihan yang tepat sambal merasakan kesejukan angin pantai.

Itulah keindahan alam Pantai Impendi, tertarik untuk lengsung mengjunginya? Ikuti terus wisato.id untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi wisata terbaik.