in

Air Terjun Wafsarak Pesona Papua yang Tiada Duanya

Sumber Gambar detik.com

Papua, pulau paling timur di Indonesia yang menyimpan berbagai keindahan. Tidak hanya Raja Ampat saja melainkan, ada air terjun yang keindahannya sulit sekali untuk dilupakan. Namanya adalah Air Terjun Wafsarak.

Beberapa warga sekitar sering menyebutnya sebagai Air Terjun Warsa. Keindahan utama dari destinasi ini adalah airnya yang sangat bersih, udaranya tidak perlu diragukan lagi. Saat siang hari terasa sekali kesejukannya.

Tingkat alami dari Air Terjun Wafasarak masih sangat terjaga. Inilah pin positif yang bisa didapatkan saat Anda datang berkunjung. Air yang dihasilkan sangat dingin tetapi, untuk membasuh muka rasanya begitu segar.

Menuju Ke Air Terjun Wafsarak

Panorama keindahan alam Papua ini terletak di Distrik Warsa, Biak Utara, Papua Barat. Dari Kota Biak Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 60 km. Atau menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam lamanya.

Tidak bisa dipungkiri menuju ke lokasi cukup berat, tetapi menjadi sedikit ringan karena Anda akan disuguhkan dengan berbagai panorama hijau yang menawan. Sehingga, rasa lelah yang ada seakan menghilang dan berganti menjadi senang.

Hati-hati dalam melintas, selain sepi tikungan cukup banyak lebih disarankan perlahan saja tetapi, bisa selamat sampai tujuan. Rasanya sayang sekali bila terburu-buru dan melewatkan panorama indah disepanjang jalan menuju Air Terjun Wafsarak.

Tidak hanya pepohonan saja, hampir sampai di lokasi Anda akan disuguhkan dengan panorama pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik. Wisatawan harus berhenti di tepian jalan.

Jaraknya sudah dekat kurang lebih 100 meter lagi. Dari sini, air asin sudah bertemu dengan tawar. Anda butuh sedikit perjuangan untuk bisa mencapainya. Pepohonan cukup tinggi menambah kesan memukau terhadap keindahan yang dimiliki oleh Papua ini.

Panorama Air Terjun Wafsarak

Sumber Gambar: Google Maps @Frans Teddy Degei

Ketinggiannya sendiri hanya 10 meter. Air yang turun berbentuk seperti sebuah tirai. Siapa saja yang datang pasti akan dibuat terpukau dengan pemandangan tersebut. Sebelah kiri, Anda bisa melihat beberapa akar tanaman yang menjalin dan membentuk sebuah pola.

Akar tersebut dimanfaatkan oleh beberapa anak-anak untuk memanjat dan melompat ke air. Sungguh, suasananya yang renyah dan meriah. Rasanya, ingin berlama-lama di tempat ini dan menginap setidaknya hanya semalam saja.

Sumber Gambar: Google Maps @Nobel Salle

Menariknya, Air Terjun ini mengalir ke sebuah sungai. Di mana dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat untuk mencuci baju. Kerukunan antar sesama dapat terlihat dari senyum tawa yang diberikan. Sudah seperti seorang saudara sendiri.

Untuk fasilitasnya bisa dikatakan cukup lengkap tersedia kursi sebagai tempat duduk serta toilet yang terjaga bersih. Tidak hanya sampai disitu saja, seluruh kawasan juga sangat bersih tidak ditemukan satu sampah plastik di sini. Jadi, panoramanya benar-benar megah dan mempesona.

Harga Tiket Masuk

Sumber Gambar: Google Maps @Luqman Hardiansyah

Untuk harga tiket masuknya sendiri Rp35 ribu untuk satu rombongan. Jadi, untuk menghemat biaya lebih disarankan pergi jangan sendiri minimal orang dua Dengan begini angka tersebut tidak membuat Anda merasa rugi.

Sayangnya, tempat ini masih tergolong sepi. Belum banyak wisatawan yang mengerti tempat ini. Tidak hanya bermain air dengan naik ranting dan melompat ke bawah. Tetapi, Anda juga bisa pergi ke atas tebing dan melihat secara langsung keindahannya diri atas.

Tetapi harus hati-hati, karena jalanannya sedikit menanjak dan membutuhkan sedikit tenaga ekstra. Walau melelahkan, panoramanya benar-benar memukau. Dijamin tidak akan rugi sudah bersusah payah bisa sampai ke atas.

Air Terjun Wafsarak merupakan surga yang belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Di mana keindahannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi, kejernihan airnya seakan jadi inspirasi hebat untuk berenang dan merasakan kesagarannya.