in

Desa Mandel, Kampung Cantik di Ujung Pantai Eksotis

Sumber: Instagram@dst_drone

Indonesia itu cantik, banyak keunikan dan keindahan yang disimpan oleh Bumi Pertiwi. Entah itu laut yang eksotis, danau yang menawan, atau pun perkampungan-perkampungan cantik di pelosok negeri yang tak terlalu terekspose, salah satu contohnya adalah Desa Mandel di Sulawesi Tengah. Ya, meskipun cantik, Desa Mandel memang tak banyak dikenal di kalangan wisatawan. Selain akses yang susah, desa ini juga masih kalah tenar dibandingkan dengan wisata lainnya di provinsi Sulawesi Tengah, seperti halnya Pantai Talise, Pusentasi Laut, Danau Poso, Pantai Donggala, hingga Cagar Alam Morowali.

Meskipun gak terkenal, tapi kita juga gak ada salahnya berkenalan dengan desa yang satu ini. Ya, Desa Mandel yang eksotis dan menghipnotis.

Di Mana Lokasi Desa Mandel?

Sumber: Instagram@dst_drone

Sebelum berkenalan lebih jauh, pastinya kita harus tahu terlebih dahulu dari lokasi desa wisata yang satu ini. Secara administrasi, Desa Mandel terletak di Kombutokan, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Sementara secara geografis, desa mungil nan cantik ini berada di Pulau Melilis, yang mana lokasinya tak jauh dari Banggai Laut. Lokasinya yang cukup terpencil membuat akses ke Desa Mandel cukup sulit, dan hanya bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor dari Salakan, ibu kota Kabupaten Banggai Kepulauan.

Daya Tarik Desa Mandel

Sumber: Instagram @bulansafar

Meskipun sebenarnya hanya sebuah perkampungan penduduk, namun Desa Mandel layak disebut sebagai desa wisata karena memiliki keindahan alam yang nyaris sempurna. Desa ini berada di tepi laut, tepatnya di sebuah teluk, yang berada di ujung selatan Pulau Melilis. Mayoritas rumah penduduk di Desa Mandel dibangun tepat di atas laut, menggunakan penopang kayu yang terlihat cukup kokoh. Tapi ada juga beberapa rumah penduduk yang dibangun di atas batu karang.

Sumber: Instagram @bulansafar

Meski begitu, warga Desa Mandel sangat menjaga alam dan kebersihan lingkungan mereka. Desa ini pun jauh dari kesan kumuh, yang ada kamu justru akan dibuat terpesona dengan keindahan alamnya, lautan yang biru bersih dan perbukitan hijau yang berdiri begitu gagah di sekelilingnya. Laut di sekitar Desa Mandel juga memiliki gradasi warna yang cukup menawan, yang ditimbulkan oleh adanya bebatuan karang dan tumbuh-tumbuhan di dasar laut yang jernih.

Yang Bisa Kamu Laukin di Desa Mandel

Sumber: Instagram @bulansafar

Selain menikmati keindahan alam tentunya, masih banyak loh yang bisa kamu lakuin di Desa Mandel. Salah satunya bercengkrama akrab dengan para penduduk desa yang terkenal ramah, kamu bisa juga mengikuti aktifitas keseharian mereka, seperti pergi memancing atau sekedar berenang di tepi pantai. Bisa juga kamu bermain pasir di tepi pantai, karena Desa Mandel juga memiliki pantai dengan garis pasir putih yang cukup luas.

Apabila kamu punya uang lebih, bisa juga menyewa perahu nelayan setempat dan minta untuk diajak keliling mengitari laut sekitar. Satu lagi, bagi kamu yang suka dengan wisata bawah air, bisa juga loh kamu snorkeling di laut sekitar Desa Mandel. Memang sih, alam bawah lautnya tak sekeran Taman Laut Bunaken atau Raja Ampat yang terkenal itu, tapi snorkeling di sana juga tak akan membuatmu kecewa. Dijamin bagus, segera coba deh! Apabila puas berkeliling, bisa juga mampir ke keramba milik penduduk setempat, siapa tahu kamu juga tertarik untuk budidaya ikan.

Tiket Desa Mandel

Sumber: Instagram @achochooper

Nah, ini nih yang menarik dari desa wisata yang satu ini. Kamu tak akan dipungut biaya sepeser pun untuk berkunjung ke Desa Mandel, kamu hanya perlu menyewa perahu motor untuk sampai di perkampungan cantik di tepi pantai ini.

Nah, tunggu apa lagi. Mumpung masih muda, gak ada salahnya kamu berjalan-jalan ke pelosok Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang tiada dua. Indonesia itu luas dan indah, negeri ini tak hanya selalu tentang Jakarta, Jogja, Bali, atau pun Lombok, masih banyak tempat-tempat cantik yang layak untuk menjadi destinasi wisatamu yang selanjutnya. Segera ambil cuti, dan siapkan jadwal liburanmu bersama teman, keluarga, atau pun pasangan tercinta.

Yuk, cintai alam Indonesia dengan kut menjaga kelestarian dan kebersihannya. Selamat berlibur!