OUR NETWORK

Kamping Seru dan Menantang Di Pulau Karang Congkak, Kepulauan Seribu

Sumber: worowidyaningrum

Pulau Karang Congkak memang masih jarang terdengar di telinga para wisatawan. Bahkan untuk para pelancong yang berkunjung ke Kepuluan Seribu pun, nama pulau satu ini kerap kali tak berada dalam daftar itenary. Keasingan Karang Congkak untuk wisatawan memberi beberapa keuntungan tersendiri saat memutuskan untuk berkunjung ke pulau ini. Salah satunya, pulau sepi dan masih perawan dari jamahan tangan manusia.

Perjalanan menuju Pulau Karang Congkak

Foto: worowidyaningrum.wordpress.com

Pulau Karang Congkak merupakan bagian dari gugusan Kepulaun Seribu. Sehingga untuk menuju ke pulau ini, pertama-tama lakukan perjalanan ke Kepulauan Seribu lebih dulu. Rute untuk menuju ke Kepuluan Seribu saat ini sudah sangat mudah diakses, terutama dari arah DKI Jakarta. Setelah itu, baru melanjutkan perjalanan ke Pulau Karang Congkak.

Sebelum menuju ke Karang Congkak ada beberapa hal yang penting diingat lebih dulu. Pulau Karang Congkak merupakan salah satu pulau kecil tak berpenghuni di gugusan Kepulauan Seribu. Saat berkunjung, pilihan terbaik tentu saja kemping di pulau perawan nan mungil ini. Sehingga sesuaikan waktu berkunjung sebaik-baiknya saat merencakan perjalanan ke Karang Congkak.

Wisatawan di Kepuluan Seribu sering kali berkunjung ke beberapa pulau kecil lain lebih dulu sebelum menghabiskan malam untuk kemping di Karang Congkak. Untuk menuju pulau ini, pertama-tama lakukan perjalanan dari pelabuhan Kaliadem dan transit di Pulau Pramuka. Dari Pulau Pramuka, pengunjung dapat meneruskan dengan kapal nelayan lebih kecil menuju ke Karang Congkak.

Sumber: Instagram @ruangagnes

Keseruan perjalanan menuju ke Pulau Karang Congkak sudah akan terasa saat mendekati pulau. Seperti disebutkan sebelumnya, Karang Congkak merupakan pulau kecil dan juga tak berpenghuni. Ini berarti tak ada dermaga di sekitar pulau.

Sumber: Instagram @rival.mantovani

Di sekitar pulau juga terdapat karang-karang yang membuat kapal nelayan sulit mendekat. Sehingga nantinya, kapal akan menepi di laut sekitar pulau Karang Congkak. Pengunjung akan meneruskan perjalanan dengan berenang menuju ke pinggir pulau. Hal ini juga menjadi pertimbangan lain mengapa perjalanan ke Karang Congkak sebaiknya dilakukan sore hari. Agar saat tiba di sekitar pulau, air sudah surut dan memudahkan pengunjung berjalan ke sisi pulau.

Kemping seru dan menantang di Pulau Karang Congkak

Sepertinya tak perlu diragukan lagi bahwa kemping di Pulau Karang Congkak akan seru dan menantang. Pulau ini sama sekali tak berpenghuni dan memiliki ukuran kecil. Hanya butuh total 15 menit saja untuk berjalan mengitari keseluruhan pulau.

Sisi barat pulau Karang Congkak dipenuhi dengan karang yang cukup indah. Sedangkan sisi lain merupakan hamparan pesisir pantai dengan pasir lembut. Wisatawan kerap kali memilih mendirikan tenda untuk kemah di sisi pesisir pantai. Meski tentu saja, tak jarang akan ada wisatawan yang menginginkan tantangan lebih dan mendirikan tenda di sisi lain pulau.

Sumber: Instagram @zozobank

Sepi dan tak berpenghuni, menghabiskan malam di Karang Congkak memang seakan berada di pulau pribadi. Saat sore hari, matahari tenggelam dari pulau akan menjadi pemandangan yang indah. Disusul dengan penampakan dari berjuta bintang yang menghiasi langit malam. Para pelancong tentu saja biasanya menghabiskan waktu dengan berkumpul, bernyanyi, sampai membakar makanan yang mereka bawa lebih dulu.

Menghabiskan malam dengan berkemah di Karang Congkak memang sangat tak dianjurkan untuk sendirian. Terutama karena pulau Karang Congkak masih sangat sepi dan jarang ada wisatawan berkunjung. Kerap kali sama sekali tak ada wisatawan yang datang. Sehingga kemping dengan teman-teman tentu saja akan lebih menyenangkan di pulau ini.

Aktivitas di Pulau Karang Congkak

Sumber: Instagram @ardventuretravelindo

Setelah bermalam dengan kemping di Pulau Karang Congkak, aktivitas lain bisa dilakukan pagi sampai siang hari berikutnya. Di pagi hari, tentu saja pemandangan matahari terbit menjadi daya tarik utama. Setelah itu, pengunjung bisa memancing ikan di sekitar pulau. Karang Congkak memang memiliki beragam jenis ikan yang tentu saja akan menambah keseruan saat memancing. Selain itu, aktivitas lain yang bisa dilakukan merupakan snorkeling.

Di sisi lain pulau, hamparan karang yang indah menjadi pemandangan indah di bawah laut. Tentu dengan hiburan lain dari ikan-ikan yang berenang di sekitar pulau. Aktifitas lain di pulau Karang Congkak juga bisa berjemur, sembari menghabiskan waktu bersantai di pantai “pribadi” nan sepi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…