OUR NETWORK

Pesona Keindahan Curug Tengah di Sukabumi

Sumber: Travellinyuk

Jawa Barat akan selalu memberikanmu kenangan yang manis, baik itu dengan suasananya, masyarakatnya, hingga kondisi alamnya yang memang cukup menawan. Bukan hal yang mengherankan sebenarnya, karena memang provinsi yang beribu kota di Bandung tersebut mempunyai banyak pegunungan dan juga hutan yang masih terjaga akan kealamiannya. Oleh sebab itu, berkunjung ke Jawa Barat tak lengkap tanpa menjelajahi wisata alamnya.
Bagi kamu yang merindukan suasana alami beserta kesejukan udara, berkunjung ke Curug Tengah bisa menjadi pilihan. Kamu pun dijamin tidak akan menyesal berkunjung ke tempat cantik yang satu ini. Nah, berikut adalah beberapa informasi mengenai Curug Tengah yang berada di Sukabumi.

Lokasi Curug Tengah

Secara administratif Curug Tengah berada di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Masih cukup jauh dari pusat kota Sukabumi, sekitar 101 km menuju ke arah selatan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sementara dari pusat kota Bandung, jaraknya masih sangat jauh sekitar 250 km dengan waktu tempuh sekitar 6 jam 10 menit. Sebelum berkunjung ke Curug Tengah, pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang prima, terutama rem. Bukan karena akses jalannya yang rusak parah, akan tetapi disebabkan oleh kondisi jalan yang berkelok-kelok serta turunan dan tanjakan yang cukup tajam melewati pegunungan. Di beberapa titik juga masih ada jalan yang berlubang, sehingga kamu harus tetap berhati-hati selama di perjalanan menuju ke Curug Tengah.

Sumber: Instagram @waragan_rahman

Banyak petunjuk arah yang bisa mengantarkanmu menuju ke Curug Tengah. Apabila kamu bukan warga Jawa Barat dan masih kebingungan dengan petunjuk arah yang ada, bisa juga menggunakan Google Maps. Karena destinasi wisata yang satu ini sudah tertanda di aplikasi buatan raksasa Google tersebut.

Daya Tarik Curug Tengah

Sumber: Instagram @rizkisetiawant

Wisata Curug Tengah adalah air terjun kedua dari aliran Sungai Ciletuh, atau setelah Curug Awang, dan masih termasuk dalam kawasan Ciletuh Geopark. Meskipun masih berada dalam satu aliran, namun Curug Tengah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan Curug Awang, baik itu terkait dengan pemandangan alam di sekitarnya atau pun keberadaan kubangan air yang cukup besar tepat berada di bawah air terjun. Adanya kubangan tepat di bawah air terjun membuat para pengunjung bisa berenang, namun juga harus berhati-hati karena ada beberapa titik yang cukup dalam.

Sumber: Travellingyuk

Air terjun dengan ketinggian sekitar 5 meter tersebut memiliki lembah yang jauh lebih kecil ketimbang Curug Awang, dengan lembah yang masih berupa batuan berpasir yang merupakan bagian dari Formasi Jampang. Untuk kondisi air terjunnya sendiri, Curug Tengah memiliki aliran air yang kecil di bagian ujung dan bertransformasi semakin besar atau luas ketika hendak jatuh menyentuh permukaan kubangan air. Hal itu terjadi karena air terjun ini sedikit berundak di bagian tengah-tengahnya. Sementara itu, dinamakan sebagai Curug Tengah karena memang aliran air terjun ini dimulai tepat dari tengah-tengah tebing.

Selain itu, Curug Tengah juga memiliki keunikan lainnya, yaitu memiliki ‘anak’ air terjun yang berada tepat di sebelah kirinya. Hanya saja alirannya tidak terlalu deras, namun tetap mampu menyuguhkan pemandangan yang cukup menawan.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Bagaimana dengan fasilitasnya? Tak perlu khawatir, karena di Curug Tengah fasilitasnya bisa dibilang sudah cukup lengkap. Kamu bisa dengan mudah menemukan saung, toilet, tempat parkir yang cukup luas, hingga beberapa tempat penginapan di sekitarnya. Di sana kamu juga bisa menemukan beberapa warung yang menjual minuman dan makanan ringan. Fasilitas yang kurang dari tempat ini adalah musholla yang masih belum tersedia dan akses jalannya yang masih cukup buruk, terutama ketika hendak sampai di lokasi.

Lokasinya yang masih berada dalam satu kawasan dengan Curug Awang membuatmu tak perlu mengeluarkan uang untuk menuju ke Curug Tengah. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk awal menuju ke Curug Awang dengan tarif sebesar 3 ribu rupiah, ditambah dengan buaya 3 ribu rupiah untuk parkir kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Bagaimana, murah bukan? Dengan hanya membayar 3 ribu rupiah kamu sudah bisa menikmati keindahan dua air terjun di aliran Sungai Ciletuh.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…