in

Keindahan Pantai Payum Yang Masih Terasa Asri

Sumber Gambar: idntravel.org

Papua memang selalu membuat siapapun yang berkunjung selalu takjub dengan keindahan alamnya. Banyak sekali objek-objek wisata yang bahkan sudah mendunia ada di tanah Papua. Pulau yang letaknya berada di wilayah Indonesia bagian paling timur ini memang sudah dikenal sebagai surganya Indonesia karena menyimpan  beragam potensi alam yang sangat luar biasanya. Salah satu potensi alam yang digunakan sebagai sarana pariwisata yang paling menonjol di tanah Papua adalah pantainya. Banyak sekali pantai-pantai di Papua yang sangat indah dan eksotis, karena keindahan pantai dan bawah laut yang sangat memikat hati wisatawan, bagian timur wilayah Indonesia seringkali dijuluki sebagai tempat wisata bahari yang sangat indah. Yuk mari kulik tentang Pantai Payum.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Karena memiliki ratusan pantai indah, dijamin kamu tidak akan pernah menjumpai pantai dengan pasir berwarna hitam dan kotor disini. Pantai-pantai yang ada di tanah Papua sangat indah dengan pasir putih dan kawasan yang bersih. Karena kebersihannya itulah pantai-pantai ini masih terasa sangat asri dan alami, berbeda dengan pantai-pantai yang ada di daerah lainnya. Salah satu pantai indah yang dimiliki oleh tanah Papua adalah Pantai Payum, pantai ini terletak di Kabupaten Merauke tepatnya di Samkai, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke tempat yang dapat memberikan ketenangan, maka kamu wajib untuk mengunjungi Pantai Payum. Pantai ini terkenal dengan suasananya yang sangat natural dan hening, pantai ini akan sepi pengunjung terutama pada saat hari-hari kerja. Jika kamu berkunjung pada saat hari kerja mungkin kamu hanya akan menjumpai satu atau dua pengunjung saja sehingga pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menenangka pikiran. Untuk bisa mengunjungi pantai ini juga sangat mudah, letaknya tidak jauh dari pusat Kota Merauke dan bisa ditempuh menggunakan angkutan umum.

Keindahan Pantai Yang Masih Terasa Sangat Alami Karena Masih Minimnya Fasilitas

Sumber Gambar: kotamerauke.net

Pantai Payum seringkali dijuluki sebagai pantai yang masih perawan, hal ini dikarenakan kawasan pantai yang masih sangat alami dan natural. Tidak seperti pantai-pantai lain yang ada di tanah Papua, pantai ini masih sangat minim sekali fasilitas. Pantai ini masih belum mendapat perhatian dari Pemerintah setempat, padahal para pengunjung mengganggap jika pantai ini diberikan sentuhan sedikit pasti akan menjadi salah satu objek wisata yang akan menjadi unggulan dan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat.

Sumber Gambar: Instagram @
wandirana

Potensi yang dimiliki pantai ini seolah-olah menjadi hal yang biasa-biasa saja, padahal dengan dilakukannya penataan yang lebih baik serta memberikan beberapa fasilitas kecil seperti toilet akan menjadikan pantai ini sebagai pilihan yang sangat menarik. Terlepas dari itu semua, tak sedikit juga dari para pengunjung yang masih bisa menikmati keindahan yang tercipta secara alami tersebut. Mereka mengganggap jika pantai ini tidak perlu mendapat sentuhan lagi karena dikhawatirkan akan merusak keindahan yang ada.

Tidak bisa dipungkiri jika keindahan yang tercipta di pantai ini memang terasa begitu alami, mulai dari pantai pasir yang berwarna putih kecoklatan namun tetap bersih dan indah, ombak yang tenang, serta pemandangan pohon kelapa yang mengelilingi pantai semakin membuat pantai ini menakjubkan. Pantai yang memiliki garis bibir yang sangat luas ini sangat cocok untuk dikunjungi beramai-ramai bersama dengan keluarga ataupun teman dan sahabat.

Sumber Gambar: idntravel.org

Selain bisa menikmati keindahan pantai yang masih terasa asri, kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang seru dan mengasyikkan. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain air atau berenang di pantai karena ombaknya sangat tenang. Selain itu anak-anak pasti juga akan sangat gembira bermain pasir ditepi pantai. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu jika kamu berkunjung ke Pantai Payum karena keindahannya akan selalu dirindukan.