OUR NETWORK

Keistimewaan Pemandian Alam Lubuk Mata Kucing

Sumber Gambar: bangmamadi.blogspot.com

Lubuk Mata Kucing merupakan destinasi wisata buatan dengan konsep alami. Tempat wisata tersebut hanya sebuah kolam renang biasa. Tetapi ada hal yang istimewa dari kolam renang tersebut. Meskipun Lubuk Mata Kucing cukup istimewa, ternyata destinasi wisata ini sempat ditutup. Penyebab utama hanya karena terdapat waterpark di dekat destinasi wisata tersebut. Sehingga secara perlahan, destinasi wisata tersebut diabaikan. Sebagian besar orang pun mulai lebih memilih untuk mengunjungi wisata waterpark.

Sumber Gambar: pelangiholiday.com

Tempat wisata ini juga sempat terancam ditutup. Bahkan sumber mata airnya telah dimanfaatkan oleh PDAM. Pemerintah menggunakan sumber air sebagai pasokan air bersih Tabek Gagang. Air tersebut nantinya akan dijadikan sebagai sumber air bersih untuk penduduk setempat.

Lubuk Mata Kucing sendiri merupakan salah satu aset dari PDAM. Sehingga tempat tersebut sepenuhnya dikelola oleh PDAM. Tugas utama PDAM adalah memberikan pelayanan air bersih kepada penduduk setempat. Tetapi pihak PDAM tidak keberatan jika Lubuk Mata Kucing dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Namun pemerintah juga mempunyai beberapa pertimbangan. Jika tempat tersebut mempunyai peminat yang sedikit, sebaiknya tempat tersebut dipergunakan untuk hal yang lebih berharga, seperti dijadikan sebagai sumber mata air untuk penduduk setempat. Jika tempat tersebut sangat diminati, maka akan dipertahankan sebagai destinasi wisata.

Sumber Gambar: beritaminang.com

Lubuk Mata Kucing memang sempat sepi pengunjung. Tetapi hal tersebut tidak membuat keberadaan dari Mata Kucing terancam ditutup. Pihak pengelola pun melakukan suatu renovasi overall dengan kolam renang tersebut. Pada saat direnovasi, destinasi wisata ini sempat ditutup dalam kurun waktu cukup lama.

Namun setelah direnovasi, Lubuk Mata Kucing secara perlahan – lahan dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga menjadi tempat wisata favorit seperti sedia kala. Bahkan destinasi wisata tersebut bukan hanya sekedar kolam renang biasa, namun mempunyai beberapa keistimewaan dan bukan hanya sekedar kolam renang. Kini destinasi wisata Lubuk Mata Kucing tidak lagi sepi pengunjung. Destinasi wisata ini pun kembali ramai dan menjadi destinasi wisata favorit.

Lokasi Lubuk Mata Kucing

Destinasi wisata Lubuk Mata Kucing terletak di Jl Lubuk Mata Kucing Ps Panjang Barat, Padang Panjang, Sumatera Barat. Lokasi tersebut bukan berada di pusat perkotaan. Tetapi jalur menuju ke lokasi tersebut cukup mudah dan dapat dilalui dengan Jl Trans Sumatera HWY.

Untuk rute jalan menuju ke arah destinasi wisata tersebut yang paling mudah, dengan menyelusuri jalur Trans Sumatera HWY Jl Padang Panjang. Lalu setelah sampai di sebuah rumah makan yang bernama Pecel Lele Pak De, belok ke arah jalan di samping rumah makan tersebut. Lalu ambil arah lurus hingga sampai ke sebuah persimpangan antara Jl prof Hamka dengan Jl Lubuk Mata Kucing. Ambil arah ke kiri lalu lurus hingga sampai di destinasi wisata Lubuk Mata Kucing.

Keunikan Dan Kelebihan Lubuk Mata Kucing

Sebagai destinasi tempat wisata favorit, Lubuk Mata Kucing ini mempunyai suatu keunikan yang membuat destinasi tersebut berbeda dan istimewa. Hal ini juga merupakan suatu bukti jika tempat wisata tersebut bukan hanya sekedar kolam renang.

Keistimewaan yang dimiliki oleh Lubuk Mata Kucing antara lain sebagai berikut ini :

1. Kolam air tawar murni

Sumber Gambar: beritatransisi.com

Kolam renang ini diisi dengan air tawar murni. Kondisi air tawar tersebut berasal dari sumber mata air terdekat dan bukan merupakan air yang dijernihkan. Jadi air dalam kolam sangat segar dan tidak membuat kulit menjadi kering. Tidak seperti kolam renang lain yang mempunyai kondisi air yang dapat membuat kulit kering dan mata pedas. Hal ini juga membuat pengunjung terasa aman jika berlama – lama di dalam kolam.

2. Kondisi kolam agak berlumut

Sebagai sebuah kolam dengan air tawar, lumut pun merupakan hal yang biasa terjadi. Pada dasarnya, habitat dari lumut sendiri juga berada di tempat yang lembab dan perairan air tawar. Hal inilah yang merupakan keunikan dari sebuah kolam renang. Mungkin hanya Lubuk Mata Kucing yang merupakan satu – satunya kolam renang berlumut. Dengan kondisi kolam yang berlumut mungkin terkesan kotor. Tetapi dengan adanya lumut dalam kolam mempunyai berbagai macam manfaat.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Manfaat utama jika terdapat lumut dalam air adalah mensuplai kadar oksigen dalam air. Hal ini tentu menjadi manfaat utama bagi setiap pengunjung. Sebab meskipun berada di dalam air, dapat bertahan dengan waktu cukup lama. Karena di dalam kolam terdapat oksigen yang berasal dari lumut.

Untuk manfaat lainnya adalah tidak membuat mata menjadi pedas ataupun pedih. Hal ini juga menjadi alasan setiap pengunjung aman berlama – lama dalam melakukan aktivitas apapun di dalam kolam. Karena keberadaan lumut dalam kolam tidak akan membuat mata menjadi pedas. Lumut pun merupakan sebuah tumbuhan yang digunakan dalam dunia medis, terutama untuk kesehatan mata.

3. Air kolam cukup aman jika tertelan

Ketika melakukan aktivitas dalam air, resiko air tertelan memang sudah biasa. Khusus untuk air kolam ini sangat tidak membahayakan tubuh jika seandainya saja tertelan. Penyebabnya adalah air dalam kolam merupakan air tawar murni.

4. Tidak mengandung kaporit

Hal ini menjadi keistimewaan utama dari destinasi wisata Lubuk Mata Kucing ini. Air kolam tidak mengandung kaporit sama sekali. Dengan tidak adanya kandungan kaporit, kondisi air kolam menjadi sangat istimewa. Bahkan mempunyai berbagai macam manfaat positif bagi kesehatan.

5. Termasuk ke dalam destinasi wisata tertua di Indonesia

Berdasarkan informasi, pembangunan Mata Kucing dilakukan ketika masa kolonial Belanda. Tepatnya dibangun pada 1918. Usia dari tempat wisata tersebut telah genap mencapai 1 abad / 100 tahun. Destinasi wisata tersebut dibangun dengan tujuan pemandian alam umum yang dapat digunakan oleh siapapun.

Sumber Gambar: bangmamadi.blogspot.com

Tempat tersebut juga menjadi tempat wisata populer pada masa itu dan bahkan hingga saat kini destinasi wisata tersebut juga menjadi destinasi wisata populer. Tanpa memperdulikan perkembangan zaman, keberadaan dari destinasi wisata tersebut dapat bertahan dalam waktu cukup lama.

6. Hari khusus wanita

Lubuk Mata Kucing menjadi satu – satunya tempat wisata yang menyediakan pelayanan khusus untuk para wanita. Karena operasional tempat wisata tersebut telah menyediakan hari yang hanya diperuntukkan bagi wanita atau hari wanita. Tidak seperti destinasi wisata pemandian lain yang secara bebas dimasuki oleh pengunjung pria dan wanita, ataupun terdapat suatu ketentuan untuk memisahkan antara pengunjung pria dan wanita.

Pada hari tersebut, tentu saja tempat tersebut hanya menerima pengunjung wanita. Sedangkan untuk pengunjung pria sama sekali tidak diperbolehkan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Tujuan utama dari hari khusus wanita adalah untuk memberikan suatu kenyamanan bagi para wanita. Sehingga tidak perlu merasa canggung dan lebih leluasa. Hari khusus wanita tersebut hanya dalam 2 kali dalam seminggu, yaitu hari rabu dan hari jumat.

Itulah keistimewaan dari destinasi wisata favorit Lubuk Mata Kucing. Hal tersebut menjadi referensi utama, khususnya untuk pengunjung pria supaya tidak datang pada hari khusus wanita.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…