OUR NETWORK

Destinasi Surga Tersembunyi Bengkulu Lubuk Supit

Sumber Gambar: ksmtour.com

Destinasi wisata Lubuk Supit merupakan suatu fenomena alam yang cukup langka dan kini dijadikan sebagai destinasi wisata alam. Destinasi wisata tersebut pada dasarnya hanya merupakan sebuah Sungai Bengkenang mengalir di antara sela – sela tebing tang tinggi. Destinasi wisata ini juga disebut sebagai sepit kancing.

Pesona tebing itulah yang menjadi salah satu ciri khas dari Lubuk Supit dan sekaligus sebagai salah satu fenomena alam yang sangat disayangkan bila diabaikan. Wisata ini mungkin menjadi satu – satunya wisata alam air yang mempunyai landscape sempurna untuk wilayah tropis. Sangat disayangkan sekali bahwa pada kenyataannya pesona dari Lubuk Supit ini cukup terabaikan. Belum adanya suatu upaya dari pemerintah yang hendak mengelola destinasi wisata ini. Padahal dari landscape tebing, tempat ini cukup potensial.

Lokasi Lubuk Supit

Destinasi wisata alam Lubuk Supit terdapat pada Ds Suukarami, Air Nipis, Bengkulu Selatan. Tempat wisata ini memang cukup terpencil dan sulit untuk dijangkau. Apalagi harus menggunakan alat transportasi air untuk menyaksikan pesona alam dari Lubuk Supit / Supit kancing. Daerah tersebut sangat jauh dari pusat kota Bengkulu maupun keramaian. Mungkin dapat menyita waktu selama setengah hari perjalanan dari pusat Kota Bengkulu.

Sumber Gambar: independentnusantara.id

Perjalanan yang cukup melelahkan dan membuat para wisatawan dari luar daerah Bengkulu mungkin cukup enggan. Hal ini disebabkan karena daerah tersebut bukan termasuk ke dalam daerah pariwisata. Jadi tidak adanya rest area yang cukup memadai serta fasilitas alat transportasi umum yang masih sangat minim.

Dengan kondisi daerah yang cukup terpencil, destinasi wisata Lubuk Supit ini menjadi salah satu ke dalam daftar surga tersembunyi yang ada di Bengkulu. Akses lokasi yang sangat sulit untuk dijangkau dan tidak adanya inisiatif untuk mengembangkan tempat yang sangat potensial sebagai destinasi wisata alam.

Rute Lokasi

Akses lokasi menuju ke destinasi wisata Lubuk Supit / Supit kancing harus menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Fasilitas tersebut dapat diperoleh dari tempat jasa sewa mobil / motor yang ada di pusat kota Bengkulu. Sehingga dapat langsung menuju ke destinasi wisata tujuan.

Sumber Gambar: bengkuluinteraktif.com

Rute lokasi Lubuk Supit cukup mudah dan dapat ditempuh melalui jalur lintas Sumatera HWY. Untuk referensi destinasi penerbangan terdekat yaitu Fatmawati airport. Bandara tersebut terletak di Jl Raya Padang Kemiling, Pekan Sabtu, Selebar, Bengkulu. Meskipun jarak antara bandara dengan lokasi wisata Lubuk Supit / Supit kancing cukup jauh, namun akses dari bandara cukup mudah. Selain itu berbagai macam fasilitas penginapan, jasa sewa kendaraan hingga food court sangat muda untuk diperoleh.

Dari kota Bengkulu, telusuri saja sepanjang jalur trans Sumatera HWY Jl Lintas Barat Bengkulu – Lampung. Arah yang diambil adalah arah selatan. Sesampainya di gedung bank Bengkulu yang terletak di daerah Mana, belok ke arah timur. Tepatnya di Jl Jeranglah. Lalu lurus terus hingga sampai di ujung Jl Jeranglah. Ujung Jl Jeranglah adalah Jl raya Seginim. Ikuti saja arus jalan tersebut. Lalu telusuri sepanjang Jl Raya Palak Bengkerung.

Sumber Gambar: Facebook @BENGKULU

Kemudian telusuri Jl Suka Negeri. Setelah sampai di ujung Jl Suka Negeri, terdapat Jl terusan yaitu Jl Raya Desa Sukarami. Setelah sampai di jalan tersebut, akan menjumpai suatu petunjuk arah lokasi menuju ke destinasi Lubuk Supit. Kemudian ikuti saja petunjuk jalan tersebut sampai ke lokasi. Apabila tidak menjumpai petunjuk arah Lubuk Supit, dapa meminta petunjuk jalan pada warga setempat. Dapat pula memanfaatkan akses Google map.

Daya Tarik Lubuk Supit

Daya tarik utama dari destinasi wisata Lubuk Supit / Supit kancing dapat dilihat dari warna air Bengkenang. Dilihat dari warna air sungai tersebut, nampak seperti ciri khas dari aliran sungai Amazon dan juga Papua. Warna dari air sungai sangat hijau, hal tersebut merupakan sebuah cerminan dari kondisi alam sekitar yang dipenuhi dengan hamparan tumbuhan hijau. Selain itu sungai juga penuh dengan lumut. Jadi dapat dipastikan bahwa air sangat jernih dan belum tercemar sama sekali.

Sumber Gambar: ksmtour.com

Selain warna air, kondisi dari arus air pun juga menjadi salah satu daya tarik dari Lubuk Supit. Arus air sungai tersebut sangat tenang, jadi tidak berbahaya dan mudah untuk ditelusuri secara langsung. Terlebih lagi dengan kondisi air yang sangat jernih, cukup rekomended untuk berenang. Kondisi sungai tidak terlalu dalam dengan arus tenang sangat mendukung untuk aktivitas renang. Dengan berenang dapat merasakan secara langsung kejernihan dari sungai Bengkenang.

Daya tarik lain dari Lubuk Supit / Supit Kancing adalah tebing yang mempunyai ukuran cukup sempit. Aliran sungai Bengkenang itu diapit oleh tebing yang cukup besar dengan lebar aliran sungai yang cukup sempit. Namun hal tersebut justru menjadi suatu keistimewaan tersendiri, karena kondisi alam tersebut sangat langka.

Sumber Gambar: steemit.com/travel/@willyana

Perpaduan antara warna air Sungai Bengkenang dengan tebing besar menjadi lanscape sangat sempurna. Apalagi bagi wisatawan yang sangat menyukai fotografi, pasti view tersebut dapat menjadi suatu moment istimewa yang tidak boleh disia – siakan.

Kondisi alam yang cukup tenang pun juga menjadi salah faktor daya tarik dari Lubuk Supit. Suasana alam yang cukup tenang dapat menjadikan tubuh, pikiran dan jiwa menjadi lebih relax. Begitu pula dengan suasana alam yang sangat menyejukkan. Tubuh pun dapat menghirup udara yang sangat jernih sepuasnya.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang tersedia di destinasi wisata sangat minim. Sehingga para wisatawan pun harus mempunyai inisiatif untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan sendiri. Terutama untuk keperluan makanan dan minuman. Sebab sekitar lokasi belum tersedia area food court yang memadai.

Fasilitas akses jalan yang menuju ke lokasi Lubuk Supit sangat sederhana. Hanya berupa jalan setapak tanah yang masih dipenuhi dengan tumbuhan liar di samping. Jalur setapak tersebut cukup panjang. Jalur juga dipenuhi dengan bebatuan dengan kondisi tekstur jalan miring. Perjalanan tracking pun menjadi terasa menyelusuri perbukitan.

Sumber Gambar: flickriver.com

Dengan tidak adanya tangga untuk berpegangan, pengunjung dapat berpegangan dengan pepohonan sekitar, supaya tidak jatuh atau tergelincir. Waktu yang dibutuhkan pun dapat mencapai sekitar satu setengah jam. Jadi sangat membutuhkan suatu pengorbanan yang cukup besar hanya untuk menikmati pesona alam dari Lubuk Supit.

Mulai dari waktu perjalanan darat yang cukup lama hingga tracking dengan jarak cukup yang cukup panjang. Namun kondisi alam yang sangat menakjubkan cukup membayar semua tenaga yang telah terkuras selama perjalanan. Di wisata Lubuk Supit memang tidak tersedia Gazebo atau tempat duduk. Tetapi dapat duduk di tepi sungai. Walaupun tanpa atap, kondisi area yang rindang tidak akan membuat pengunjung merasa panas.

Itulah review lengkap mengenai destinasi wisata tersembunyi Lubuk Supit Bengkulu. Dengan kondisi lokasi yang sangat kurang memadai tidak membuat pesona alam yang sempurna terabaikan. Terutama bagi traveller dan pecinta alam yang tidak pernah lelah mengeksplorasi alam dengan kondisi yang cukup langka.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…