OUR NETWORK

Destinasi Wisata Alam Kapahiyang Terbaru Air Terjun Donok

Sumber Gambar: Google Maps @Harry Septian

Destinasi wisata air terjun donok merupakan salah satu destinasi wisata alam Kepahiang favorit. Air terjun ini mempunyai beberapa ciri khas yang cukup menarik yang terletak di tebing air terjun. Selain itu sumber air juga cukup istimewa.

Sumber air di Air Terjun Donok ini bukan hanya sekedar jernih, bersih dan segar. Namun air sumber mata air tersebut dapat langsung diminum. Sumber air tersebut mungkin hanya untuk sumber air yang mengalir dari sela bebatuan. Masih banyak lagi keistimewaan alam dari destinasi wisata air terjun ini. Keistimewaan itu yang menjadikan Air Terjun Donok menjadi salah satu destinasi wisata Kepahiang favorit.

Lokasi

Wisata Air Terjun Donok terdapat pada Ds Batu Ampar, Merigi, Kepahiang. Daerah yang cukup jauh dari pusat kota Bengkulu dan juga Curup serta Kepahiang. Hal ini membuat destinasi wisata ini hanya dapat diakses dengan kendaraan pribadi.

Apalagi daerah tersebut merupakan daerah perbatasan antara Kepahiang – Rejang Lebong. Daerah pinggiran memang selalu memiliki akses dan sarana umum yang cukup minim. Untuk mendapatkan sarana penginapan, pusat perbelanjaan modern hingga ATM yang memadai, harus menuju ke arah pusat kota Kepahiang. Sebab di daerah Merigi tidak ada. Akses transportasi umum dari destinasi wisata ini juga cukup mudah. Karena terdapat akses terminal yang memudahkan untuk menggunakan alat transportasi umum.

Sumber Gambar: Google Maps @Harry Septian

Total biaya akomodasi transportasi umum dengan sewa kendaraan pribadi mungkin hampir sama. Apabila memanfaatkan jasa sewa kendaraan dari arah kota Bengkulu.
Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari arah kota Bengkulu memakan waktu yang cukup lama, sekitar ±2,5 jam. Selain itu, pengunjung juga harus tracking terlebih dahulu untuk menuju ke lokasi air terjun. Waktu tracking tidak begitu lama hanya sekitar ±30 menit. Tingkat kemiringan jalur tracking juga cukup terjal dan hampir mencapai tingkat kemiringan 80 derajat.

Rute Jalan Menuju Ke Destinasi Air Terjun Donok

Bagi yang dari arah Bengkulu, dapat menggunakan rute arah Jl Kepahiang – Bengkulu. Telusuri saja sepanjang jalan tersebut hingga sampai ke ujung jalan. Setelah sampai di ujung jalan / taman kota Kepahiang, lali belok ke arah utara. Tepatnya di Jl Kepahiang – Curup. Telusuri Jl Kepahiang – Curug hingga sampai di lokasi terminal Merigi. Tidak jauh dari lokasi terminal Merigi terdapat gedung bank Bengkulu Merigi. Dari bank Bengkulu Merigi, ambil arah lurus sedikit hingga sampai di persimpangan Jl Kepahiang – Curup dan Jl Dua Jalur. Di persimpangan tersebut, belok ke arah Jl Dua Jalur. Lalu lurus terus hingga sampai di lokasi Ds Batu Ampar. Setelah sampai di Ds Batu Ampar, dapat mengikuti petunjuk arah jalan yang menuju ke Air Terjun Donok.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Donok

Sumber Gambar: Google Maps @Harry Septian

Ada beberapa faktor yang menjadi daya tarik utama dari destinasi wisata Air Terjun Donok ini. Faktor tersebut terletak pada kondisi alam yang masih sangat natural. Dapat terlihat dari spesies flora dan fauna liar yang cukup langka.

Inilah faktor daya tarik dari destinasi wisata alam Air Terjun Donok:

1. Dapat dijumpai bunga bangkai Rafflesia Arnoldii

Bunga bangkai Rafflesia Arnoldii sangat identik dengan flora khas daerah tropis. Bunga raksasa ini cukup banyak dijumpai di daerah Indonesia. Diameter dari bunga Rafflesia Arnoldii ini dapat mencapai ±110 cm. Sayangnya tidak semua daerah terdapat bunga ini, hanya di daerah tertera seperti Ds Batu Ampar.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Di sepanjang jalan tracking yang menuju ke arah lokasi air terjun, akan menjumpai beberapa bunga Rafflesia Arnoldii. Walaupun terlihat cukup istimewa dengan bentuk dan ukuran bunga yang cukup menarik, namun bunga ini termasuk ke dalam kategori bunga liar parasit.

Hampir setiap pengunjung, terutama dari luar daerah Kepahiang akan menjadikan bunga Rafflesia Arnoldii sebagai spot yang cukup menarik. Bunga raksasa ini memang seharusnya menjadi suatu moment yang cukup istimewa dan menarik untuk dijadikan sebagai lanscape area tropical.

2. Dapat menjumpai spesies burung gendang

Daerah Air Terjun Donok menjadi habitat asli dari spesies burung gendang. Burung tersebut tinggal di goa – goa kecil yang terletak di tebing air terjun. Sehingga nuansa tebing pun penuh dengan lubang. Sepanjang perjalanan akan terdengar suara burung yang mirip dengan suara gendang.

Sumber Gambar: alamendah.org

Sayangnya burung ini sangat jarang menampakkan diri, terutama ketika suasana air terjun ramai dengan wisatawan. Karena hal ini pun menjadi salah satu hewan yang pemalu. Bukan hanya itu saja, keberadaan dari burung ini juga turut berkurang akibat dari perburuan liar. Burung gendang ini adalah salah satu spesies burung yang tidak dapat terbang. Burung ini mempunyai ukuran sekitar 33 – 40 cm.

Warna dari burung juga sangat khas yaitu dark grey / abu – abu gelap. Sedangkan warna ekor burung adalah dark brown / coklat tua. Pada bagian paruh hingga mata burung berwarna merah. Ujung paruh burung mempunyai warna kucing. Kaki burung berwarna orange kemerahan.

3. Sumber mata air yang sangat jernih

Sumber Air Terjun Donok berasal dari sungai donok. Sungai donok sendiri merupakan salah satu aliran air dari Gunung Kaba. Karena itu kondisi air sangat jernih, segar dan belum tercemar sama sekali. Jernihnya air terjun akan terasa ketika merasakannya secara langsung. Dapat dengan membasuh tubuh dan muka dengan air, berenang atau berendam kolam air terjun.

Selain bersih, jernih dan belum tercemar, ada hal yang istimewa dari kondisi sumber mata air pada Air Terjun Donok . Air terjun dapat diminum secara langsung. Rasa dari airnya pun sangat segar ketika masuk ke dalam tenggorokan. Lalu rasanya juga hampir sama dengan rasa air mineral.

4. Mempunyai lebih dari satu curug

Air Terjun Donok mempunyai ukuran sekitar ±30 meter. Dari air terjun ini memiliki lebih dari 2 buah curug. Fenomena ini disebabkan dengan kondisi tebing batu karang yang menjadi lokasi air terjun donok.

Kondisi tebing terlihat dengan sangat jelas mempunyai tekstur yang tidak rata dan memiliki gelombang yang cukup menonjol. Serta tebing juga dipenuhi dengan tumbuhan. Hal tersebut membuat aliran sungai donok terbagi menjadi beberapa curug. Sayangnya Air Terjun Donok termasuk ke dalam kategori air terjun musiman. Pada musim kemarau mungkin akan dijumpai air terjun dengan debit air yang cukup minim.

5. Mempunyai kolam yang cukup luas

Tepat di bawah aliran air terjun, terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Kolam tersebut mempunyai diameter sebesar ±15 meter. Kolam pun juga tidak terlalu dalam. Begitu pula dengan kondisi arys yang cukup tenang.

Sumber Gambar: Instagram @kendy_inop

Hal tersebut membuat kondisi kolam yang sangat aman jika digunakan untuk berenang ataupun sekedar berendam. Kondisi air yang cukup dingin membuat tubuh menjadi lebih segar. Destinasi wisata Air Terjun Donok ini sedang dalam tahap pembangunan. Di dalam wisata air terjun ini nantinya akan dibangun tangga, sehingga memudahkan jalur tracking. Lalu destinasi ini akan diresmikan pada tahun 2020.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…