OUR NETWORK

Pesona Destinasi Wisata Air Terjun Mini Air Terjun Tabalagan

Sumber Gambar: Twitter @nickoapr04

Air Terjun Tabalagan adalah destinasi wisata favorit setiap orang yang mempunyai lokasi mudah dijangkau. Tidak jauh dari pusat kota Bengkulu dan mempunyai akses jalan yang tidak begitu sulit dalam mencari alat transportasi.

Walaupun mempunyai tempat yang cukup strategis, bukan berarti destinasi wisata alam ini mendapat sambutan yang cukup baik bagi wisatawan lokal. Hal ini dapat dilihat dengan lebih jelas akan kondisi destinasi wisata yang mempunyai jumlah post tentang wisata tersebut hanya segelintir.

Kondisi lokasi yang strategis dengan suasana wisata yang tidak begitu ramai mungkin sangat bertolak belakang. Namun hal tersebut justru sama sekali tidak merupakan suatu faktor bahwa air terjun tabalagan ini mempunyai suasana alam yang kurang potensial. Meskipun air terjun tidak terlalu tinggi, tetapi hak tersebut justru menjadi suatu keistimewaan yang sangat kompleks. Air terjun Tabalagan mempunyai beberapa suatu keistimewaan. Hal tersebut membuat destinasi wisata ini bagai tempat pemandian alam alami.

Lokasi Wisata Air Terjun Tabalagan

Letak dari destinasi wisata air terjun tabalagan berada di Ds Tabalagan, Kec Talang Empat, Bengkulu Tengah. Dari lokasi tersebut terlihat dengan cukup jelas bahwa air terjun ini memiliki lokasi yang tidak terpencil. Tidak terlalu jauh dari pusat kota Bengkulu. Waktu perjalanan dari arah kota Bengkulu juga cukup singkat. Dapat ditempuh selama ±45 menit perjalanan.

Dengan akses cukup dekat dengan kota Bengkulu, membuat destinasi wisata ini sangat rekomended. Sebab dapat dengan sangat mudah dijumpai area food court, akses ATM hingga penginapan. Untuk jasa sewa / rental mobil / motor pun juga sangat memadai. Sementara untuk letak dari air terjun sendiri, berada di area pemukiman warga sekitar. Akses jalan menuju ke destinasi air terjun tidak terlalu jauh. Hanya dengan tracking selama ±20 menit.

Rute lokasi Menuju Ke Air Terjun Tabalagan

Rute lokasi menuju ke destinasi wisata Air Terjun Tabalagan cukup mudah untuk dicari. Lokasi dari air terjun yang tidak jauh dari Bengkulu, membuat destinasi wisata ini terkesan tidak terpencil dan terisolir dari dunia luar.

Rute dari arah Bengkulu dapat ditempuh melalui jalur Raden Fatah. Telusuri sepanjang Jl Raden Fatah hingga sampai di ujung jalan. Tepat di ujung Jl Raden Fatah terdapat sebuah perempatan. Dari perempatan, ambil arah lurus yang menuju ke Jl Gunung Bungkuk. Telusuri Jl Gunung Bungkuk hingga sampai di sebuah pertigaan mie ayam bakso artomoro. Tepat di samping warung makan mie ayam tersebut, terdapat sebuah masjid yang bernama masjid Al Ihsan, kemudian belok ke arah kiri / utara.

Sumber Gambar: sepenggal.info

Lalu ambil arah lurus hingga sampai di lokasi Ds Tabalagan. Setelah sampai di Ds Tabalagan, Tepatnya di simpang 3 desa tabalagan, ambil arah yang menuju ke lokasi pabrik tahu. Sesampainya di pabrik tahu terdapat suatu petunjuk jalan yang menuju arah destinasi wisata air terjun Tabalagan. Ikuti petunjuk arah tersebut hingga sampai di destinasi. Jarak antara pabrik tahu dengan air terjun tabalagan sangat dekat. Hanya berjarak sekitar ±500 meter. Kondisi jalan menuju ke destinasi air terjun tabalagan cukup sempit dan hanya dapat dilalui oleh motor.

Bagi pengunjung yang menggunakan motor, dapat langsung jalan ke arah air terjun. Sementara pengunjung yang menggunakan mobil, dapat parkir di area parkir pabrik tahu / di pemukiman / di pinggir jalan. Kemudian perjalanan menuju ke destinasi dapat dilakukan dengan berjalan kaki.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Tabalagan

Ada beberapa faktor yang menjadi daya tarik utama dari destinasi wisata air terjun tabalagan ini. Daya tarik tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Termasuk ke dalam jenis air terjun bertingkat / berundak

Sumber Gambar: bengkulunews.co.id

Destinasi wisata alam ini mempunyai kondisi air terjun bertingkat / berundak. Jumlah dari tingkat air terjun ada 3 buah. Masing – masing layer mempunyai ukuran yang hampir sama, yaitu sekitar ±50 cm.

2. Air terjun lebar

Sumber Gambar: Twitter @nickoapr04

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun kondisi dari air terjun ini cukup lebar. Sehingga dari landscape air terjun bertingkat sangat jelas. Bukan hanya air terjun yang lebar, namun kondisi dari setiap layer juga cukup lebar. Hal ini membuat air terjun dapat didekati. Dengan kata lain dapat dengan mudah menyelusuri setiap layer air terjun.

3. Debit air yang mengalir tidak terlalu banyak

Besarnya debit air yang mengalir di Air Terjun Tabalagan tidak begitu banyak. Hal ini justru menjadi nilai positif akan safety. Apalagi bagi pengunjung yang hendak menaiki setiap layer air terjun. Pengunjung pun tidak akan mudah terseret arus air dan tidak mengalami kesulitan selama berjalan di sela – sela air terjun.

Sumber Gambar: sunflowords.com

Dengan debit arus air yang mengalir ke bawah tidak terlalu bawah, membuat pesona dari air terjun sangat unik. Hal ini membuat kondisi tebing terlihat sangat jelas. Tebing yang berwarna hitam terlihat sangat kontras dengan jernihnya warna air yang mengalir.

4. Arus tidak terlalu deras

Dengan debit arus air yang mengalir ke bawah tidak begitu banyak, membuat arus air terjun juga tidak begitu deras. Sehingga sangat aman untuk didekati.

5. Ukuran dari keseluruhan air terjun hanya 1,5 m

Air Terjun Tabalagan ini dapat dikategorikan ke dalam air terjun mini. Sebab ukuran dari seluruh 3 buah layer air terjun hanya sebesar 150 cm. Namun pesona dari air terjun ini juga tidak kalah menarik dari air terjun lain yang tingginya mencapai puluhan meter.

Walaupun cukup pendek, namun hal ini justru bernilai positif dari kondisi air terjun. Selain membuka setiap layer mudah dijangkau. Aktivitas free cliff jumping pun jug tidak begitu berbahaya.

6. Mempunyai kolam yang cukup luas

Tepat di bawah aliran arus air terjun, terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Hal tersebut membuat destinasi wisata air terjun nampak seperti destinasi pemandian alam. Terlebih lagi dengan kondisi air terjun pendek. Membuat suasana Air Terjun Tabalagan sangat kompleks akan kesan pemandian alam.

Sumber Gambar: Youtube @Hendra Rachmat

Kolam tersebut mempunyai kedalaman sekitar 1 – 2 meter. Hal ini sangat rekomended dan aman untuk berenang. Terlihat dengan sangat jelas sebagaian besar pengunjung yang datang selalu menyempatkan diri untuk berenang. Serta cukup aman untuk anak – anak.

Apalagi kondisi air yang sangat jernih, kolam yang cukup tenang hingga arus yang tidak begitu deras. Hal tersebut membuat para wisatawan tidak berpikir 2 kali untuk merasakan secara langsung kesegaran dan kejernihan air terjun tabalagan.

7. Di kelilingi oleh pepohonan

Di sekitar air terjun terdapat berbagai macam pepohonan yang tumbuh dengan lebat dan rindang. Hal tersebut membuat suasana dari destinasi wisata Air Terjun Tabalagan sangat natural. Serta menjadikan destinasi wisata alam tersebut menjadi sangat sejuk dan udara yang sangat menyegarkan.

 

8. Free destination

Untuk saat ini wisata di air terjun tabalagan belum dikenakan tarif kontribusi tiket masuk apapun. Sebab destinasi wisata ini belum diresmikan oleh pemerintah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…