Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes Sulit Tapi Seru

Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes merupakan jalur paling menyenangkan dan banyak dikunjungi. Berada di sisi Utara menjadi yang tersulit diantara beberapa jalur lainnya. Hanya saja, tantangan diberikan dari titik ini memberikan sensasi berbeda.

Jalur ini sendiri terletak di Desa Tretes, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Menuju ke tempat ini kamu bisa memilih beberapa pilihan transportasi. Bisa naik Kereta Api dari Jakarta.

Kemudian, turun di Stasiun Malan Kota Baru. Berikutnya, naik angkot terlebih dulu menuju ke Terminal Arjosari lalu, lanjutkan perjalanan naik bus ke Terminal Pandaan. Pilihan lainnya bisa naik Kereta Api Jayabaya dan turun di Stasiun Blimbing. Selanjutnya, naik saja ojek ke titik awal pendakian.

Bila turun di Terminal Pandaan lebih disarankan untuk naik angkutan umum saja. Perjalanannya menuju ke titik basecamp kurang lebih 25 menit. Letaknya berada di dekat Hotel Tanjung,

Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes Menuju Pos 2

sumber gambar dari instagram @idiots_advanture

Sebelum melalui pendakian jangan lupa untuk melakukan booking online. Kemudian, registrasi dulu di Basecamp selanjutnya, siap pergi menuju ke pos 1 yang jalurnya dimulai dari tanjakan makadam.

Menariknya, susunannya sudah sangat rapi dan nyaman. Harus diketahui bahwa dalam perjalanannya ada sebuah pertigaan. Ambil jalur ke kiri bila ingin bermain dulu ke Air terjun kakek Bodo Anda dapat belok ke kanan.

Pos 1 sendiri merupakan area yang cukup lapang. Tidak heran bila area ini selalu digunakan sebagai tempat untuk istirahat dan mendirikan tenda. Perjalanan menuju ke titik ini dari Basecamp kurang lebih 1 jam.

Menuju ke Pos 2,, Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes ini sudah berubah jalur. 1 km pertama jalan sudah semen dan berbentuk cor. Harus diketahui bila jalanan seperti ini membuat rasa lelah berlebihan.

Harus diketahui, selepas pos 1 Anda akan menemukan jalur yang mulai menanjak, jangan lupa siapkan energi. Setelah sampai di Pos 2, ada area ruang terbuka lagi dimana, para pendaki bisa melihat pemandangan sangat indah, sumber air, hingga warung kecil.

Beberapa para pendaki memanfaatkannya untuk membeli minuman hangat dan gorengan. Tidak heran bila kawasan ini sering sekali digunakan untuk camping

Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes Menuju Savana

Sumber Gambar
dari instagram @para_pendakiindonesia

Jalur Makadam masih menghiasi perjalanan kamu menuju ke puncak. Hanya saja, semakin berjalan, semakin menanjak cukup curam. Baru setelah beberapa menit berjalan, para pendaki akan tiba di tanjakan Asu.

Perlu diketahui bila tanjangan ini memang luar biasa. Siapkan fisik dan tenaga, lebih disarankan jangan terburu-buru. Jangan senang dulu setelah melewatinya, ada hutan lali jiwo yang cukup menyeramkan harus dilalui pula.

Beberapa menit kemudian, para pendaki akan sampai di Pos Pondokan. Menariknya, disini mempunyai sumber mata air yang membentuk aliran sungai. Para pendaki bisa mencoba mengambil airnya hanya saja harus bersabar karena, alirannya cukup kecil.

Dari pos ini, kamu bisa belok ke arah kiri menuju Puncak Arjuno. Setelah melewati jalur sempit, akhirnya kamu bisa sampai di Lembah Sikidang. Nama ini sendiri, diambil dari seluruh areanya yang dulu terdapat banyak Kijang.

Sayangnya, saat ini sudah tidak ditemukan lagi karena, ada banyaknya perburuan dan kedatangan beberapa pendaki. Kamu bisa memutuskan untuk camping disini, atau naik lagi sedikit menuju ke Pos Savana.

Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes Menuju Puncak

Sumber gambar dari instgaram @pendakimantul

Usahakan untuk tidur cukup karena, setelah ini menuju ke puncaknya jalurnya sangat berat. Kamu harus menyusuri pada rumput, mendaki bukit hingga melewati batu-batu besar. Serta beberapa puncak sebelum tiba di titik tertingginya.

Puncak pertama disebut juga pasar dieng yang terkenal dengan pasar setan. Menanjak lagi ke atas para pendaki akan tiba di titik tertinggi Gunung Arjuno yaitu Puncak Ogal-Agil. Dimana, terdapat Batu Besar dan kamu bisa melihat keindahan pesona Semeru serta Welirang.

Pendakian Gunung Arjuno via tretes ini merupakan trek paling menarik. Keindahannya bisa dinikmati dan jadi salah satu obat lelah. Ada banyaknya sumber air, membuat para pendaki tidak perlu panik. Sudah siap naik ke atas Puncak Arjuno?

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.