OUR NETWORK

Keunikan Pulau Gosong Yang Fenomenal Dengan Pesona Galaxy Khas Bumi

Source Image: Instagram @indra.wardana

Pulau Gosong merupakan pula kecil yang tidak berpenghuni sama sekali. Bahkan dalam pulau ini tidak dijukpai kehidupan apapun. Hal tersebut merupakan suatu konsep yang sekaligus menjadi ciri khas dan daya tarik pulau ini.

Setiap pulau, termasuk komplek Kepulauan Seribu memiliki keunikan masing – masing yang merupakan ciri khas / karakter pulau. Tetapi khusus untuk Pulau gosong / Gosong Island yang satu ini mempunyai karakter / ciri pulau yang tergolong langka dan unik. Karakter yang ada di pulau sangat berbeda jauh dari karakter pulau pada umumnya.

Namun hal tersebut justru menjadikan daya tarik utama dari Pulau Gosong / Gosong Island. Di bawah ini merupakan keunikan Pulau Gosong :

1. Tidak ada kehidupan

Sumber: backpackerjakarta.com

Daya tarik utama dari Pulau Gosong ialah tergolong ke dalam pulau yang tidak berpenghuni. Di pulau ini tidak dijumpai mahluk hidup apapun, baik itu manusia ataupun hewan. Bahkan tidak ada satu pun tumbuhan yang hidup di atas pulau ini. Satu – satunya kehidupan yang ada di pulau ini yaitu kehidupan bawah air. Hal ini bukan disebabkan karena di pulau tersebut minim oksigen atau ada suatu hal yang mengancam nyawa. Tetapi tidak disebabkan oleh kondisi Pulau Gosong ini.

Sumber: kompasiana.com

Pulau Gosong ini tidak ada sumber air tawar yang menjadi sumber air kehidupan bagi manusia maupun hewan. Di Pulau Gosong sendiri hanya dapat dijumpai 1 buah komponen yaitu pasir. Apabila dilakukan pemberdayaan, hanya dapat menamam kaktus, pohon kelapa dan tumbuhan lain yang tidak terlalu bergantung pada air tawar sebagai sumber kehidupan. Selain itu juga harus tahan dengan kondisi air laut yang asin.

2. Hanya terdapat pasir putih

Sumber: Instagram @pulauharapan.official

Saat mengunjungi Pulau Gosong ini, tidak akan menjumpai benda apapun kecuali pasir putih. Pada dasarnya pulau ini hanya terdiri atas gundukan pasir putih dan tidak ada hal lain selain pasir. Hal ini menjadi daya tarik utama dan merupakan karakteristik Pulau Gosong. Karakter tersebut yang membuat pulau ini berbeda dari yang lain. Keberadan dari pulau juga menjadi koleksi akan keberagaman bentuk di dalam wisata Nusantara.

Sumber: Instagram @bibobns

Waluapun pesona dari pulau hanya sebatas gumpalan pasir, namun landscape yang dihasilkan sangat memukau. Karena hal itu pula yang membuat destinasi pulau ini menjadi incaran para wisatawan. Bahkan beberapa travel agen pun telah memasukan pulau ini ke dalam list / daftar destinasi pulau seribu.

Warna pasir di pulau ini sangat putih dan bersih. Jadi sangat menyejukkan mata. Apalagi pulau in dikelilingi dengan lautan yang berwarna biru. Hal tersebut membuat pesona pulau sangat istimewa dan sempurna.

3. Bentuk dari pulau gosong mirip dengan bentuk galaxy di angkasa

Karakter yang satu ini hanya dapat dinikmati dari atas. Sedangkan dari samping / seberang Pulau Gosong hanya nampak seperti garis pasir yang berwarna putih. Garis warna putih yang merupakan Pulau Gosong mampu menghasilkan gradrasi warna yang sempurna. Gradrasi pada Pulau Gosong menyatu dengan warna air laut yang biru. Hasil dari penelitian gradrasi warna pulau gosong dan air laut terlihat seperi sebuah lukisan abstrak.

Sumber: Instagram @indra.wardana

Jika diperhatikan dengan sangat detail hasil dari gradrasi antara Pulau Gosong dan air laut hampir sama dengan gradrasi yang dihasilkan oleh benda angkasa, yaitu galaxy. Hanya saja waran galaxy cenderung gelap. Sedangkan warna dari Pulau Gosong yang menyatu dengan air laut berwarna dan cerah.

Sumber: Instagram @nugraharizkiaji

Keunikan ini membuat Pulau Gosong semakin menarik. Sebab keberadaan dari pulau terlihat sangat unik dari sudut mana pun. Terutama jika dilihat dari arah atas. Untuk itu saat mengeksplorasi gosong island dapat menggunakan drone, supaya pesona dari arah atas terlihat dengan sangat jelas.

4. Pulau gosong hanya memiliki ketinggian beberapa cm di atas permukaan air laut

Daratan yang mempunyai ketinggian di atas laut paling rendah adalah Pulau Gosong ini. Kemungkinan terbesar, Pulau Gosong juga menjadi satu – satunya daratan paling rendah yang ada di Indonesia. Pulau Gosong hanya memiliki ketinggian kurang dari 50 cm di atas permukaan laut.

Sumber: Instagram @benarifo

Keunikan yang satu ini merupakan memang menjadi fenomena alam yang langka dan menarik. Bahkan sekaligus menjadikan kelemahan dari Pulau Gosong. Dengan hanya beberapa cm di atas permukaan air laut, membuat pulau ini mempunyai resiko tenggelam yang besar.

Apalagi saat air laut pasang / adanya ombak besar. Pulau ini pun akan tenggelam begitu saja. Bahkan dapat menjadi suatu kemungkinan Pulau Gosong tidak ada lagi. Karena hal inilah yang membuat pulau ini dikunjungi secepatnya untuk mengeksplorasi atas keunikan alam yang sangat fenomenal dan langka. Sebelum pulau ini tenggelam seutuhnya. Sedangkan untuk kondisi air laut disekitar Pulau Gosong saat ini dalam keadaan tenang. Ombak laut juga tidak begitu tinggi. Sehingga membuat daratan tidak tersapu air laut seutuhnya.

5. Ukuran pulau sangat kecil, namun memanjang

Sumber: Instagram @mochammad_fahriansyah

Ukuran dari Pulau Gosong sangat kecil. Mungkin pulau ini merupakan pulau paling kecil yang ada di Indonesia, bahkan dunia sekalipun. Lebar dari Pulau Gosong kurang dari 10 meter. Hal ini membuat tidak butuh waktu lama untuk mengelilingi plain dari ujung ke ujung. Meskipun pulau ini tidak begitu lebar, namun sangat panjang. Ukuran panjang dari pulau mencapai puluhan meter. Dengan ukuran pulau yang termasuk cukup panjang dengan lebar kecil, membuat pulau gosong terlihat ramping.

6. Tidak ada pencemaran apapun

Sumber: Instagram @derawanfisheries

Keunikan yang satu ini merupakan menjadi keunikan yang paling istimewa yang ada di Pulau Gosong. Pulau Gosong pun di nobatkan sebagai pulau yang sangat natural, bersih dan bebas dari polusi. Hal ini disebabkan karena Pulau Gosong tidak ada seorang pun yang tinggal di pulau tersebut. Dengan tidak ada manusia, membuat kita tidak akan menemukan sampah di Pulau Gosong. Kecuali sampah dari para pengunjung yang tidak bertanggung jawab. So teman-teman yang akan ke Pulau Gosong harus selalu menjada kebersihan pulau ini yah.

Untuk menjaga kelestarian Pulau Gosonf yang sangat natural, sebaiknya tidak terlalu membawa makanan apapun saat mengunjunggi pulau ini. Apalagi untuk menggelar acara barberque. Satu – satunya cara untuk menjaga kelestarian dari Pulau Gosong ini yaitu tidak melakukan aktivitas apapun. Hanya ada 2 buah aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini. Aktivitas pertama yaitu mengelilingi pulau. Untuk aktivitas kedua yaitu hunting foto. Hal tersebut sangat efektif dalam menjaga kondisi alam pulau supaya senantiasa natural.

Serta tidak harus ada yang mengotak atik atau mendekor pulau tersebut hanya demi terlihat jauh lebih menarik. Baik secara artistik maupun komersil. Pesona alam yang dihasilkan masih sangat natural dan murmur merupakan ciptaan alam.

Kondisi alam yang paling istimewa di pulau ini yiatu tidak ada polusi udara apapun. Tidak ada kendaraan apapun yang melintas di area pulau, kecuali kapal para nelayan. Jadi udara di Pulau Gosong masih sangat bersih dan menyegarkan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…