OUR NETWORK

Brrr!! Yuk, Rasakan Kesegaran Berwisata ke Curup Lestari – Lampung Tengah

Curup Lestari berlokasi di kawasan register 39, dusun 4, Desa Kota Batu. Tepatnya di Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. Anda penasaran kenapa air terjun ini dinamakan Curup Lestari? Dalam Bahasa Lampung sendiri air terjun memang lebih akrab disapa dengan nama curup, sedangkan untuk nama “Lestari” akhirnya dikukuhkan karena masyarakat disana tetap menjaga kelestariannya alamnya.

Sumber: Instagram @curuglestarikotabatu

Nah, hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat nama “Lestari” melekat pada areal air terjun ini. Seperti kata orang tua, nama adalah doa. Nama lestari diharapkan, bahwa baik masyarakat asli disana, atau wisatawan luar yang datang tetap bisa menjaga curup agar senantiasa lestari. Tidak lucu kan jika namanya Curup Lestari, tapi kondisi curupnya jauh dari kata tersebut? Hehe.

Sudah cukup untuk perkenalannya, Ini dia potret utama dan keindahan Curup Lestari!

Pesona Curup Lestari

Sumber: Instagram @curuglestari_lampung

Curup Lestari memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Kondisi alamnya masih sangat asri. Udaranya sejuk dan airnya pun begitu jernih. Tidak heran jika banyak orang yang ingin datang lagi setelah menghabiskan waktu di curup ini.

Nah, untuk mencapai lokasi obyek wisata Curup Lestari memakan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan jika berangkat dari Bandar Lampung. Setelah itu anda harus naik ojek atau motor pribadi sejauh 3 kilometer. Berhati-hatilah karena medan jalannya termasuk curam.

Membutuhkan sedikit perjuangan untuk tiba di Curup Lestari. Anda harus melewati beberapa anak sungai. Arusnya terbilang cukup deras plus dilengkapi banyak pula bebatuan curam. Setelah jaraknya semakin dekat, anda harus melanjutkan lagi perjalanan sekitar 500 meter supaya tiba di curup. Perjalanan ini tidak bisa menggunakan motor, melainkan harus berjalan kaki sebab akses jalannya sudah tidak lagi mendukung untuk membawa kendaraan.

Sumber: Instagram @curuglestarikotabatu

Tidak berakhir sampai disitu, sebab selama perjalanan anda juga harus bisa menaklukan bebatuan besar di sepanjang bantaran sungai. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 20 menit. Rintangan terakhirnya adalah, anda harus melintasi tebing dengan kemiringan 90 derajat. Wow, terbayang sangat melelahkan bukan? Ah, tapi itu tidak masalah. Justru menjadi seru, karena sebelum bersenang-senang anda diajak bertualang terlebih dahulu. Inilah juga yang akan membuat liburan anda kian mengesankan.

Sumber: Instagram @diansyah_dudung

Jangan lupa untuk mengabadikan moment berfoto dengan background Curup Lestari. Dijamin keren deh hasil jepretannya. Anda suka berenang? Berenang saja sepuasnya disini. Brr… semua letih anda akan langsung terusir seketika saat kulit sudah membaur dengan dingginnya air Curup Lestari.

Belum Banyak yang Tahu

Curup Lestari tidak sepopuler curup lainnya yang ada di Lampung. Air terjun ini kebanyakan hanya diketahui oleh segelintir orang saja seperti anak sekolah, juga masyarakat dari Kabupaten Tanggamus. Curup ini pun mulai memperoleh perhatian, berkat banyaknya unggahan wisatawan yang berfoto dengan latar belakang Curup Lestari.

Sumber: Instagram @curuglestari_lampung

Lebih asyik lagi, karena untuk menikmati suasana keindahan alam curup anda tidak perlu mengeluarkan biaya masuk sepeser pun, alias gratis. Walaupun begitu, anda tetap harus mematuhi aturan lokal yang telah disepakati dalam rangka senantiasa menjaga kelestarian alam terutama saat wisatawan berkunjung pada musim kemarau, mereka tidak boleh meninggalkan bara api yang bisa menyebabkan kebakaran hutan.

Apalagi warga Desa Kota Batu sangat menggantungkan nasib tentang keberadaan air di Curup Lestari untuk mengaliri 30 hektar pesawahan di sana. Walaupun bernama Desa Kota Batu, tapi saat musim kemarau tiba, sawah-sawah di sana tidak pernah mengalami fuso, loh.

Rencana Kedepannya

Sumber: Instagram @patahan_cemara

Menurut kabar, kedepannya area Curup Lestari pun akan sering diadakan event-event untuk lebih banyak menarik minat wisatawan. Misal seperti mengadakan event motor trail. Sementara perihal akses jalannya, pemerintah disana akan berusaha terus melakukan langkah perbaikan setiap tahunnya dengan memanfaatkan Alokasi Dana Kampung (ADK) sehingga akses ke Curup Lestari menjadi lebih mudah. Nama Curup Lestari semakin tersohor, dan tidak ada lagi yang batal mengunjungi keindahannya yang menawan hanya karena malas melewati perjalanan penuh adrenalin.

Demikianlah ulasan menarik mengenai Curup Lestari. Jika anda ingin menikmati alam, merasakan hembusan angin yang sejuk namun tanpa terganggu keramaian hiruk pikuk manusia, disinilah tepatnya.

Akhir kata, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada pembahasan tempat wisata yang tidak kalah menarik berikutnya.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…