OUR NETWORK

Pantai Tanjung Setia, Tempat Surfing yang Tidak Kalah Keren dengan Pantai di Bali

Memiliki karateristik geografis yang unik menjadikan Lampung sebagai provinsi yang mempunyai berbagai obyek wisata lengkap. Tidak hanya wisata perbukitan dan pegunungan saja, namun provinsi paling selatan di Sumatera ini mempunyai koleksi pantai yang sangat eksotis sehingga juga bisa memanjakan anda para pecinta wisata bahari.

Sumber: Instagram @lampung.indonesia

Di Krui, ada sebuah pantai yang sangat indah, namanya Pantai Tanjung Setia. Yup, sesuai dengan namanya pantai ini selalu setia menyuguhkan daya pikatnya yang menawan untuk setiap wisatawan yang datang. Pantai Tanjung Setia inilah juga yang turut ambil peran dalam mengukuhkan Krui menjadi salah satu daerah di Lampung yang paling popular bahkan hingga ke mancanegara.

Hah? Sepopuler itukah? Berarti ada yang istimewa, dong, di pantai ini?

Penasaran? Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan selengkap.

Tempat Surfing yang Tidak Kalah Keren dengan Pantai di Bali

Sumber: Instagram @hagasha_aga

Jika selama ini tempat surfing di Indonesia yang paling tersohor berada di Bali, kenyatannya masih ada lagi daerah lainnya di Negara kita yang memiliki tempat ideal untuk olahraga air tersebut. Salah satunya, ya, di Pantai Tanjung Setia ini.

Ombak di Pantai Tanjung Setia termasuk tinggi dan indah. Pantai ini berada tepat di jalur arus besar Samudera Hindia. Inilah juga yang menjadikan Pantai Tanjung Setia termasuk pantai yang memiliki ombak cukup stabil.

Sumber: Instagram @pesisirbarat_

Selain itu, ombak di pantai ini pun diklaim sebagai salah satu ombak yang paling terindah di dunia, loh. Apalagi ketika ombak tersebut beraksi di pertengahan tahun yaitu awal April sampai akhir Agustus. Pada bulan bulan itulah, ombak di Pantai Tanjung Setia begitu tinggi tanpa putus dan sangat elok. Ketinggiannya bahkan bisa mencapai 7-10 meter, dan panjangnya mencapai 200 meter.

Sumber: Instagram @bestretards

Bahkan di pantai ini juga kerap kali diadakan berbagai event akbar, seperti pada tanggal 15-20 April 2019 lalu di selenggarakan World Surfing League yang merupakan sebuah event untuk para peselancar di dunia. Selain itu Pantai Tanjung Setia pun pernah dijadikan sebagai lokasi untuk kejuaraan surfing internasional yang bertema Krui Pro 2018. Pada acara kejuaraan tersebut diikuti oleh 107 peselancar dari 17 negara. Acaranya begitu sukses dan meriah, dan berhasil menjadikan Pantai Tanjung Setia semakin menjadi sorotan bagi para surfer dunia.

Nikmati Liburan Menyenangkan

Sumber: Instagram @pesisirbarat_

Bagi anda pecinta fotografi ada beberapa spot di Pantai Tanjung Setia untuk menyaksikan dua fenomena alam paling cantik di dunia yaitu sunrise dan sunset. Dua moment tersebut begitu memukau, menawan dan menakjubkan di pantai ini. Rasanya perlu ada kosa kata baru untuk memuji keindahan yang disuguhkan sang pencipta tersebut ketika berada di Pantai Tanjung Setia. Nah, saat dua moment itu tiba jangan lupa siapkan kamera andalan anda untuk berfoto berlatarkan sunrise atau pun sunset.

Sumber: Instagram @inilampungyay

Oh, ya, bagi yang suka memancing, di pantai ini juga bisa melakukannya. Sst di pantai ini terdapat Ikan Blue Marlin raksasa, loh. Ikan tersebut beratnya bisa mencapai 70 kilogram!. Wah, keren banget, deh, jika anda bisa menangkap ikan raksasa tersebut.

Bicara soal memancing ikan, berarti kita juga harus menyinggung soal makanan atau setidaknya bagaimana solusi jika perut anda lapar ketika berada di pantai ini. Jangan khawatir. di pantai ini tersedia beberapa warung tradisional. Makanan yang disuguhkan cukup beragam, namun kebanyakan bahan dasarnya dari hasil laut masyarakat di sana. Semakin lengkap lagi jika kamu menyantap berbagai hidangan lezat itu sambil di temani dengan secangkir es kelapa muda.

Sumber: Instagram @keanutimothy

Di sekitaran Pantai Tanjung Setia juga telah disediakan bale-bale yang berbentuk panggung untuk bersantai sambi menyantap makanan ditemani indahnya lautan. Bale-bale itu tidak memiliki dinding, sehingga tidak akan menghalangi mata anda untuk dimanjakan panorama menawan Pantai Tanjung Setia. Asyiknya, lagi, nih bale tersebut juga memiliki atap sehingga bisa menjadi tempat berteduh yang nyaman untuk menghindari teriknya matahari.

Akses Lokasi

Pantai Tanjung Setia tetaplah belum sepopuler pantai-pantai dengan ombak gede lainnya seperti yang ada di Bali. Kenapa? Alasannya karena akses darat ke lokasi pantai ini tidak memakan waktu yang sebentar melainkan sangat lama. Estimasi untuk sampai ke Pantai Tanjung Setia kurang lebih sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan.

Sumber: Instagram @chandra_syahadatain

Lokasi pantai ini berada cukup jauh dari Ibu Kota Bandar Lampung. Jaraknya sekitar 273 KM. Anda bisa menempuhnya dengan melalui Jalan Lintas Barat Sumatera, kemudian menuju Tanggamus hingga ke Krui.

Alternatif lainnya dapat melalui Jalan Lintas Tengah Sumatera, setelah itu menuju Bukit Kemuning, kemudian ke Liwa dan lanjut kembali hingga ke Krui untuk sampai ke Pantai Tanjung Setia.

Sumber: Instagram @edrez__

Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, jangan cemas. Disana anda akan mudah menemukan banyak angkutan umum yang bisa membawa ke pantai ini. Salah satunya adalah dengan naik Bus Krui Putra dari Terminal Rajabasa. Bus tersebut bisa langsung mengantarkan anda ke Pantai Tanjung Setia.

Bagaimana dengan tarifnya? Ongkos yang harus anda siapkan untuk sekali jalan naik Bus Krui Putra adalah sekitar 50 ribu rupiah sampai dengan 60 ribu rupiah. Jika memakai jasa travel, ongkosnya lebih mahal sedikit, yaitu 80 ribu rupiah

Tersedia Penginapan

Sumber: Instagram @anggferdinand

Tidak puas berada di Pantai Tanjung Setia dari pagi sampai malam? Atau karena perjalanan panjang dan tiba sore hari, anda jadi ingin menginap di pantai ini? Jika iya, di Pantai Tanjung Setia, banyak warga yang menyediakan tempat untuk menginap, fasilitas yang memadai juga harga yang ramah dikantong. Tarif penginapan di Pantai Tanjung Setia berkisar 100 ribu sampai 250 ribu per malamnya plus sudah mendapatkan jamuan makanan.

Beberapa penginapannya bisa anda pilih sendiri mulai dari losmen sampai dengan cottage. Oh, ya, buat anda yang memiliki jiwa adventure maka bisa pula mendirikan tenda disekitaran pantai. Dengan catatan harus meminta ijin dulu pada pihak pengelola. Selain itu jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan selama berada di pantai ini.

Demikianlah pembahasan menarik tentang Pantai Tanjung Setia. Bagaimana? Anda jadi tidak sabar ingin pergi ke pantai ini? Yuk, jadwalkan liburan anda ke Pantai Tanjung Setia mulai dari sekarang juga.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…