OUR NETWORK

Menjanjikan! Nikmatilah Liburan Tak Terlupakan di Pantai Punai, Belitung Timur

Anda sedang mencari tempat liburan keren? Cobalah pergi ke Pantai Punai. Pantai ini berlokasi di bagian ujung selatan Pulau Belitung. Tepatnya di Desa Tanjung Kelumpang. Desa ini berlokasi di Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur

Sumber: Instagram @beautifulbelitung

Pantai Punai menyuguhkan pemandangan alam yang tidak kalah menakjubkan dengan pantai-pantai yang ada di Belitung timur lainnya. Ombak di pantai ini pun terbilang cukup tenang dengan warna gradasi lautnya yang biru kehijauan. Pantai ini menjajikan liburan menyenangkan untuk siapapun yang mengunjunginya.

Penasaran apa saja hal menarik lainnya dari pantai ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Pesona Pantai Punai

Sumber: Instagram @muhamad_soleh13o9

Asal muasal penamaan Pantai Punai sendiri berasal dari salah satu nama jenis burung yang populasinya sangat banyak di pantai ini. Namanya adalah Burung Punai. Burung tersebut hidup dengan bebas di pepohonan hijau yang berada di pantai. Anda bisa dengan mudah menemukannya di tempat ini.

Jika anda menyapukan pandangan pada sekitar, maka dapat terlihat banyaknya bebatuan granit tersebar luas di Pantai Punai. Ada yang ukurannya besar, sedang juga kecil. Pasir di pantai ini berwarna putih, sama seperti pantai di Pulau Belitung lainnya. Menyusuri pantai sambil berjalan di atas pasir putih Pantai Punai terasa sangat menyenangkan. Jika anda berpose candid sambil berjalan pun, hasil jepretannya akan sangat bagus karena pasir putih yang terbidik akan menambah nilai estetika tinggi tersendiri

Sumber: Instagram @undick

Selain itu air laut di pantai ini juga sangat jernih, ditambah suasananya yang tidak terlalu ramai menjadikan Pantai Punai sebagai sahabat menenangkan kala anda ingin menikmati alam tanpa terganggu hiruk pikuk lautan manusia.

Oh, ya, di depan Pantai Punai terdapat sebuah pulau kecil bernama sama yaitu Pulau Punai. Nah, jika anda ingin ke pulau mungil tersebut opsinya ada dua. Pertama dengan menyewa perahu, kedua menunggu air laut surut, nanti akan terlihat jalanan untuk berjalan ke kaki ke Pulau Punai.

Sumber: Instagram @siska_yu

Baik di pantai atau pun di Pulau Punai ada golden moment yang selalu ditunggu oleh para wisatawan. Apa itu? Yakni moment saat senja tiba, pada saat moment tersebut anda bisa menyaksikan panorama sunset sangat cantik dan tenggelam di balik laut lepas. Kilau cahaya kuningnya yang berwarna keemasan menyinari laut tampak sangat jernih, sehingga menambah kesan eksotisme tersendiri

Sumber: Instagram @pejuang_potret_belitung

Nah, untuk mencapai Pantai Punai memakan jarak sekitar 93 KM dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan darat. Estimasi ini berlaku jika anda berangkat dari pusat Kota Tanjung Pandan. Oh, ya, untuk Tarif masuknya sendiri ke pantai ini adalah 5000 rupiah per orang.

Berburu Makanan Laut Segar dari Nelayan Lokal

Sumber: Instagram @undick

Jika anda berkunjung pada pagi hari  ke Pantai Punai, maka berkesempatan untuk melihat para nelayan lokal yang baru pulang melaut dan membawa berbagai hasil tangkapannya.

Walaupun beberapa wajah mereka menyiratkan ekspresi letih, namun saat ada wisatawan yang membeli hasil tangkapannya, tentu saja mereka tetap melayaninya dengan ramah. Keramahan nelayan di Pantai Punai, turut membuat tempat ini kian bersahabat untuk membuat hati bahagia.

Ikan-ikan yang dijual pun masih sangat segar. Jadi, bagi anda penikmat makanan laut jangan sampai tidak berburu dan membeli ikan-ikan hasil tangkapan nelayan di pantai ini, ya.

Sst … harganya juga lebih terjangkau, loh, di banding membelinya di pasar. Hal itu memang wajar, seperti kata prinsip dalam ilmu ekonomi, jika membeli dari tangan pertama harganya akan selalu lebih murah dibandingkan membeli dari tangan-tangan lainnya sebab pasti banyak melakukan markup harga dari setiap perantara yang terjadi. So, jika anda sangat memahami hal tersebut, jangan lewatkan kesempatan lezat ini. Hihi.

Tersedia Penginapan

Sumber: Instagram @internsipbeltim1

Bagi anda yang ingin menginap, di sekitaran pantai tersedia berbagai penginapan dari mulai losmen sampai dengan cottage. Tarif penginapannya tidak terlalu mahal, namun jangan khawatir fasilitas yang ditawarkan tetaplah cukup memadai, seperti adanya Televisi, AC, air galon, dispenser, piring dan gelas, juga kompor gas bagi anda yang ingin memasak. Peralatan masak lainnya juga cukup lengkap. Lengkap untuk memenuhi standar anda memasak makanan lezat, termasuk memasak hasil laut yang dibeli dari nelayan tadi. Hihi.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Punai. Anda pecinta wisata bahari,  jangan sampai tidak mengunjungi pantai ini, ya. Potretnya yang eksotis dan indah akan membuat pengalaman berwisata bahari  juga liburan anda semakin lengkap.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu lagi pada pembahasan menarik berikutnya.

.

Summber Featured Image: phinemo.com

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…