in

Liburan Seru dan Memacu Adrenalin di Sungai Alas Ketambe

Sumber Gambar: pedomanwisata.com

Mendengar kata Ketambe untuk yang pertama kalinya mungkin terdengar asing dan lucu kan? Namun, jika kamu seorang traveller sejati, dijamin setelah ini kamu akan langsung ingin kesini deh! Ketambe adalah salah satu nama kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. Wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser membuat kecamatan ini memiliki harta karun wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Sungai Alas Ketambe.

Apa yang menarik dari sebuah sungai? Jangan salah, Sungai Alas yang ada di Kecamatan Ketambe ini sudah seperti surga tersembunyi bagi para traveller lho! Jika kamu menyukai perjalanan liburan yang seru dan menegangkan, maka disinilah tempatnya. Sekali mencoba dijamin bakalan kecanduan deh! Penasaran kan?

Pesona Sungai Alas Ketambe

Sungai Alas Ketambe adalah sungai terpanjang yang berada di Provinsi Aceh dan terus mengalir hingga ke Samudera Hindia. Sungai yang berada di sepanjang Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues, dan Kabupaten Aceh Selatan ini juga disebut masyarakat sekitar sebagai Lae Alas atau Lawe Alas. Dinamakan seperti ini sebab sungai ini melintasi seluruah tanah di Masyarakat Alas yang merupakan suku asli yang mendiami Kabupaten Aceh Tenggara.

Karena termasuk sungai terpanjang, sungai ini juga dijuluki sebagai Sungai Amazonnya Pulau Sumatera lho! Ini bisa dibuktikan dengan adanya kawasan hutan hujan di sepanjang Sungai Alas yang menjadi habitat berbagai ekosistem. Di hutan ini kamu juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Orang Utan lho. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan Orang Utan di alam liar, menarik sekali kan?

Selain itu ada juga satwa menarik lainnya seperti monyet, rusa atau harimau yang sesekali masih muncul pada malam hari. Jika kamu ingin berkeliling di hutan maka sebaiknya harus ditemain oleh seorang guide agar lebih aman. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini pesona lain yang dimiliki oleh Sungai Alas.

  • Memacu Adrenalin Dengan Arung Jeram

    Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Sungai Alas termasuk sungai yang memilii arus luar biasa dan bisa menarik perhatian penggemar arung jeram dari seluruh dunia. Arus yang deras dan kelokan menukik akan siap membuat jantungmu berdegup kencang. Sensasi arung jeram di sungai ini pasti tidak akan kamu lupakan deh! Menyusuri Sungai Alas sejauh 50 km dengan estimasi waktu selama 3 jam adalah pengalaman yang luar biasa.

  • Tempat Terapi Alam Yang Menenangkan

Setelah lelah melakukan arung jeram dan berkeliling hutan Ketambe kini saatnya kamu untuk bersantai. Kamu bisa menikmati air panas di pemandian yang berada di dekat sungai. Kepulan uap dan asap akan membuat badanmu kembali rileks. Pemandangan alam yang luar biasa akan membuatmu tenang dan nyaman.

  • Jalur Menuju Sungai Yang Luar Biasa

Selain keindahan sungai dan pemandangan sekitarnya, pemandangan saat menuju ke tempat tujuan juga sangat menakjubkan lho! Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan kondisi alam yang masih sangat asri dan alami. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk akan membuatmu tidak sabar untuk segera sampai di Sungai Alas.

Nah, itu dia beberapa informasi dan pesona yang dimiliki oleh Sungai Alas Ketambe. Jika kamu sudah bosan dengan wisata alam seperti pantai dan danau, pergi menjelajahi hutan dan sungai akan mengembalikan semangatmu. Berkelana menyusuri sungai dengan arus yang deras dijamin akan memberikan pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan. Yuk ke Ketambe dan buktikan sendiri!