Menatap Indahnya Sunset di Pantai Alue Naga Banda Aceh

Traveler, bila dihadapkan dengan pilihan liburan ke gunung, pantai, atau sekedar jalan – jalan ke mall mungkin terasa susah untuk memilih. Bagi traveler yang hobi berbelanja pasti akan memilih berjalan – jalan ke mall untuk mengisi waktu luang namun untuk traveler yang lebih memilih untuk mengisi waktu luang dengan berwisata alam mungkin dapat memilih pantai sebagai pilihan terbaik kali ini.
Khususnya bagi traveler yang berasal dari Aceh, kali ini ada ulasan menarik dari salah satu destinasi wisata di Kota Banda yakni Pantai Alue Naga. Secantik apa ya kira – kira pantai itu? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Apa itu Alue Naga?

Alkisah pada jaman dahulu seekor naga hijau dari sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linge melakukan pengkhianatan kepada sahabatnya yakni Raja Linge. Naga hijau ini memakan seluruh kerbau putih amanat dari Tuan Tapa dari Selatan yang dititipkan kepada Raja Linge hingga pada akhirnya naga hijau berkelahi dengan Raja Linge dan menyebabkan naga hijau ini terluka.
Singkat cerita naga hijau meminta agar tetap dihukum oleh anak dari Raja Linge karena ia merasa bersalah namun anak Raja Linge tidak tega dan iba sehingga naga hijau ini dilepaskannya. Sembari terharu menangis, naga hijau perlahan pergi menuju laut.
Di tempat yang naga hijau lewati itulah terbentuk sebuah sungai kecil atau alur. Hingga pada akhirnya wilayah ini dikenal dengan Alue Naga.

Pantai Alue Naga

Sumber : Google maps @Riki Andrian

Pantai Alue Naga terletak di kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda. Lokasi tepatnya tak jauh dari Makam Syiah Kuala hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit saja jika berkendara dengan mobil dan kurang dari 8 menit jika menggunakan motor melewati Jl. Syiah Kuala – Jl. Tengku Meurah.

Kondisi jalannya pun tergolong cukup bagus dan aman karena sudah diaspal. Untuk masuk ke area pantai kita akan dikenakan biaya Rp 3.000 per orang. Pantai ini sangat cantik serta memiliki sedikit perbedaan dari pantai lainnya di Aceh yakni pasir nya yang nampak kecoklatan memberi kesan eksotis tiap kali kita menatapnya.

Kesan eksotis lainnya muncul setiap matahari hampir terbenam (sunset) menimbulkan suasana hangat namun tergolong adem karena semilir angin yang bertiup. Saat sunset tiba kita dapat langsung melihat dengan jelas didepan mata sorotan warna oranye yang menghiasi awan seraya matahari ikut terbenam. Selagi sunset kita juga dapat sesekali melihat perahu – perahu nelayan melewati pantai ini.

Sumber : Google maps @Jiswiru Jis

Pantai ini memang indah karena daerah Banda Aceh sendiri berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di salah satu sisi pantai terdapat bongkahan batu menyerupai tanggul yang diperuntukkan untuk memecah volume ombak yang terkadang cukup tinggi.

Traveler tak pernah khawatir, disini traveler dapat melakukan berbagai kegiatan misalnya memancing dari atas tanggul. Kegiatan lainnya traveler juga bisa hunting foto karena pemandangan di pantai ini sungguh indah. Sepanjang jalan sekitar pantai terdapat banyak sekali pepohonan tinggi dan cukup rindang sehingga menambah kesan sejuk bagi para wisatawan lho!
Biasanya para wisatawan mulai memadati Pantai Alue Naga sejak siang hari hingga sore hari. Tak heran, di tepi pantai banyak wisatawan yang datang menggunakan mobil turut memarkir kendaraannya dan menggelar tikar seolah – olah berpiknik bersama keluarga.
.Di sekitar pantai juga banyak terdapat orang berjualan makanan, minuman bahkan ada beberapa warung yang pastinya dapat traveler sambangi selagi menikmati indahnya pesona Pantai Alue Naga. Salah satu warung yang bisa traveler sambangi bernama “Rujak Alue Naga”. Dari namanya memang dapat kita tebak warung ini menyediakan menu rujak namun ternyata¬† ada salah satu hidden menu yang khas dan banyak dipesan wisatawan karena rasanya yang enak yakni Mie Tiram Ala Pondok Rujak Alue Naga.

Sumber: Instagram @rujak_aluenaga12

Mie Tiram ini disajikan dengan kuah selagi hangat, wah pas sekali jika disantap dipinggir pantai ya! Selain makanan, di warung ini juga menyediakan buah kelapa segar yang dapat traveler hirup sembari menikmati angin sepoi-sepoi.

Fasilitas Umum di Pantai Alue Naga

Objek wisata ini memang sudah terkenal di telinga wisatawan lokal namun ternyata hal ini tak diimbangi dengan fasilitas yang tersedia disana. Fasilitas seperti WC umum memang sudah dibangun namun kebersihannya tidak terjaga. Banyak sekali sampah bersebaran di dekat WC dan tidak ditemukannya air bersih disini.
Ada baiknya bila hal ini menjadi hal yang patut diperbaiki oleh pemerintah setempat.
Di sekitar pantai juga terdapat banyak masjid salah satu yang terdekat adalah Masjid Alue Naga yang letaknya hanya 10 menit dari pantai.
Bagaimana traveler? Sudah tak diragukan lagi bukan keindahan Pantai Alue Naga? Yuk segera jadwalkan berkunjung ke pantai ini.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.